6 Beasiswa ke Eropa Ini Masih Belum Banyak Peminatnya. Daripada Ditunda, Mending Kamu Lamar Secepatnya!

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / 6 Beasiswa ke Eropa Ini Masih Belum Banyak Peminatnya. Daripada Ditunda, Mending Kamu Lamar Secepatnya!

Bagi sebagian kamu, Eropa a.k.a Benua Biru mungkin masih menjadi mimpi yang belum terjamah. Keindahan Eropa yang sering kamu dengar membuatmu sudah bermimpi sejak duduk di bangku sekolah dasar atau menengah untuk menjejakkan kaki di sana. Hayoo, siapa yang masih bermimpi untuk menetap di Paris, berkeliling negeri dongeng Praha, atau mengukir cerita di Barcelona?

Nggak cuma bermimpi, kamu bisa lho benar-benar menjelajah Paris, Praha, Barcelona, dan kota-kota lain di Eropa lewat beasiswa. Yup, sekolah sambil sesekali traveling! Ibaratnya sambil menyelam minum air. Tidak hanya pendidikan akademis yang kamu dapatkan, tapi juga pengalaman hidup yang tak akan pernah tergantikan.

Kali ini Beasiswa.id merangkum beberapa beasiswa sekolah ke Eropa yang bisa kamu jajal. Jangan buang kesempatan ini, siapa tahu mimpimu akan segera terwujud sebentar lagi!

1. Buat kamu yang berlatar belakang sains atau teknik, kesempatanmu terbuka lebar kalau berani mencoba beasiswa S2 ke Polandia!

Yuk, kuliah di Polandia… Ini nih pemandangan kota Warsawa. via www.coleurope.eu

Yuk, belajar di negara yang tingkat literasi penduduknya 99,7%! Oke, mungkin negara dengan ibukota Warsawa ini masih kalah peminat dari negara Eropa lainnya soal perebutan kursi pelajar asing. Tapi bukan berarti kualitas pendidikannya kurang lho! Buktinya tingkat literasinya tinggi banget. Nah, buat kamu yang kebetulan berlatar belakang pendidikan sains atau teknik, sayang banget kalau sampai melewatkan beasiswa Ignacy ukasiewicz Scholarship Pragramme.

Selain untuk jenjang master, beasiswa ini juga menawarkan untuk jenjang S3. Jika kamu berhasil meraih beasiswa ini, kamu berkesempatan untuk studi di universitas-universitas terbaik di Polandia secara gratis. Selain itu mendapat tunjangan bulanan sebesar PLN 1.350 (sekitar Rp 4,6 juta) untuk akomodasi dan biaya hidup. Kamu juga akan diberi kursus persiapan bahasa Polandia selama 1 tahun sebelum keberangkatan. Yup, karena perkuliahannya menggunakan bahasa pengantar bahasa Polandia. Untuk syarat dan info lebih lanjutnya kamu bisa klik link ini atau ini ya.

P.S: Yang nggak ditanggung dari beasiswa ini adalah biaya perjalanan PP dari dan ke Polandia serta asuransi.

2. Tetapkan hatimu untuk menuntut ilmu di Hungaria. Itu lho, negerinya para penemu!

Suasana di Budapest, Hungaria. via m.galamedianews.com

Dewan Beasiswa Hungaria (HSB) ternyata menawarkan beasiswa yang cukup lengkap. Dari mulai riset pascasarjana, beasiswa S3 penuh, beasiswa S3 sebagian, riset posdoktoral, hingga kuliah musim panas yang berlangsung 2-4 minggu. Khusus yang terakhir disebutkan, bisa banget dijadikan pilihan. Selain dibebaskan dari biaya kuliah musim panas, kamu juga akan mendapat akomodasi dan makan gratis lho.

Di benakmu mungkin Hungaria masih kalah tenar dari Jerman atau Inggris. Namun, kamu layak tahu kalau negeri yang satu ini adalah negeri di mana banyak penemu lahir, sebut saja Leo Szilard – si penemu kulkas, Karoly Peter Goldmark – sang penemu TV berwarna, hingga Erno Rubik – sang penemu rubik. Jadi, sayang banget kan kalau sampai melewatkan kesempatan untuk belajar di Hungaria. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

3. Keindahan Praha membuatmu nggak menyesal tinggal di sana untuk waktu lama! Coba jajal peruntunganmu mengejar beasiswa

Yuk, studi di Praha via beasiswa! via studieropa.com

Negara yang beribukotakan Praha ini kini tengah naik daun di kalangan traveler lantaran pariwisatanya. Kamu bisa lho mencecap serunya menuntut ilmu di sana lewat beasiswa. Yup, Ceko menawarkan beberapa beasiswa yang bisa kamu coba raih. Diantaranya Scholarship Awards under Bilateral International Agreements, Government Scholarships (beasiswa pemerintahnya), hingga University Scholarships.

Salah satu beasiswanya memungkinkanmu untuk mendapat tunjangan biaya hidup selama 1 tahun pertama sebesar 700 Czech Crown (250 euro) per bulan. Ya, beasiswanya bersifat parsial memang. Akan tetapi, jika selama setahun prestasimu memuaskan, bukan tidak mungkin kamu akan dapat tambahan biaya lagi atau bahkan dibebaskan dari biaya kuliah oleh universitas.

P.S: Untuk info lebih lanjut kamu bisa klik di link ini dan ini ya.

4. Berminat menikmati keelokan Barcelona? Jangan sampai melewatkan beasiswa BARCELONA ya

Kuliah di Barcelona, biar bisa selfie di depan karyanya Antoni Gaudi ini. via www.catholicherald.co.uk

Spanyol ternyata bukan hanya tempat yang asyik untuk berlibur, tapi juga untuk menuntut ilmu. Buat kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah master di Spanyol, bisa banget melanjutkan pendidikan ke jenjang master di Barcelona Graduate School of Economics via beasiswa. Kampus Barcelona GSE hanya 5 menit dari pantai Barceloneta. Tuh, strategis banget kan letaknya? Sementara bidang studi yang bisa kamu pilih dari mulai keuangan, ekonomi kebijakan publik, hingga ilmu data.

Asyiknya lagi, antara permohonan aplikasi magister-nya dengan beasiswa, tidak terpisah. Jadi, saat permohonan aplikasi magistermu selesai, secara otomatis kamu akan dipertimbangkan untuk beasiswa yang ada. Tertarik? Klik link ini dan iniya.

5. Yuk, mencecap asyiknya menuntut ilmu di negeri Tintin, Belgia! Biar tiap hari sarapan sama wafel saus cokelat. Sedaap~

Kuliah di Belgia, biar bisa sarapan ini tiap hari sambil memandang Manneken Pis. via internalvoices.org

Beberapa tahun terakhir, beasiswa dari Belgia cukup jadi rebutan. Meski mungkin masih kalah sama popularitas negara Jerman. Nah, tahun kemarin pemerintah Flanders meluncurkan beasiswa baru yang bertajuk Master Mind Scholarships. Beasiswa ini terbuka untuk semua pelamar internasional lho. Sementara kursi yang disediakan adalah 45 kursi. Tenang, beasiswa ini nggak terbatas untuk jurusan tertentu aja, tapi buat semua jurusan. Raih kesempatan untuk mendapat bantuan dana sebesar 7500 euro atau sekitar Rp 112 juta! Mau tau lebih lanjut tentang beasiswa ini? Klik link ini atau ini ya.

6. Denmark juga menyediakan beragam beasiswa yang layak kamu coba! Tinggal jeli-jeli aja mencari

Technical University of Denmark via commons.wikimedia.com

Minat studi ke Denmark? Ada banyak banget lho pilihan beasiswa ke Denmark. Dari mulai S2 di Aarhus University, beasiswa S3 di University of Southern Denmark, atau beasiswa S3 di Aalborg University, serta beasiswa lainnya. Memang sih lebih banyak tersedia beasiswa untuk jenjang S3. Tapi, nggak menutup kemungkinan ke depannya kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S3, kan? Mau info lebih lanjut tentang beasiswa Denmark? Klik link ini dan iniya!

Bagaimana? Udah ada beasiswa di Eropa yang ingin disasar? Kalau masih bisa diperjuangkan, kenapa harus menunggu nanti untuk mengejar beasiswa?! Semangat dan selamat memperjuangkan beasiswa ya…

Komentar