Beasiswa S1, S2 dan S3 di Shanghai University, China

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1, S2 dan S3 di Shanghai University, China

Pemerintah Shanghai, China tahun ini kembali membuka penawaran beasiswa studi bagi mahasiswa internasional melalui Shanghai Government Scholarship (SGS). Beasiswa ini dapat dimanfaatkan untuk studi mulai dari jenjang S1, S2, maupun S3 di berbagai universitas di Shanghai. Salah satunya jika Anda berminat belajar di Shanghai University. Ada dua jenis beasiswa yang bisa dilamar melalui progam SGS ini. Yakni beasiswa penuh (Tipe A) dan beasiswa parsial (Tipe B).

Penerima beasiswa penuh akan dibebaskan dari biaya kuliah di Shanghai, gratis akomodasi asrama kampus, serta mendapatkan tunjangan hidup bulanan sebesar RMB 1000/bulan untuk S1, RMB 1700/bulan untuk S2, dan RMB 2100/bulan untuk S3. Selain itu, disediakan pula asuransi kesehatan komprehensif serta skema perlindungan bagi mahasiswa internasional di China.

Sementara, bagi penerima beasiswa parsial atau parohan, mereka akan dibebaskan dari biaya kuliah di Shanghai serta memperoleh asuransi kesehatan komprehensif dan skema perlindungan bagi mahasiswa internasional di China. Bedanya, penerima beasiswa parsial ini tidak mendapatkan tunjangan bulanan dan akomodasi asrama kampus sebagaimana beasiswa penuh.

Durasi beasiswa berlangsung selama 4 – 5 tahun untuk program sarjana, 2 – 3 tahun untuk program master, dan 3 – 4 tahun untuk program doktor.

Yang menarik dari beasiswa Pemerintah Shanghai ini, pelamar bisa mendaftar untuk semua jurusan di program S1 maupun S3. Sementara, untuk jenjang S2 pengecualian hanya program MBA (Master of Business Administration) dan MTCSOL (Master of Teaching Chinese to Speakers of Other Languages).

Persyaratan:
1. Bukan warganegara China serta memiliki kesehatan yang baik
2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas China ketika mendaftar
3. Lulus SLTA dengan usia di bawah 25 tahun ketika mendaftar program sarjana
4. Pemegang gelar sarjana dengan usia di bawah 35 tahun ketika mendaftar program master
5. Pemegang gelar master dengan usia di bawah 40 tahun ketika mendaftar program doktor
6. Berprestasi di bidang akademik dan ekstrakurikuler serta tidak menerima beasiswa lain yang ditawarkan Pemerintah China

Dokumen aplikasi:
1. Foto ukuran KTP (390*570) dengan latarbelakang biru
2. Formulir aplikasi beasiswa SGS (download setelah menyelesaikan pendaftaran online)
3. Copy paspor
4. Dua (2) surat rekomendasi (hanya untuk pelamar program MA atau PhD)
5. Salinan ijazah dan transkrip pendidikan terakhir (diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau China yang disahkan notaris)
6. Sertifikat kemampuan bahasa
a) Sertifikat HSK untuk program berbahasa pengantar China (HSK 4 di atas 180 untuk Seni/BA; HSK 4 di atas 195 untuk sains dan teknik; HSK 4 di atas 210 untuk ekonomi dan manajemen; HSK 5 di atas 180 untuk humaniora)
b) Sertifikat TOEFL iBT 80 atau IELTS 5.5 untuk program berbahasa pengantar Inggris
7. Rencana studi atau proposal riset di China: Ditulis dalam bahasa Inggris atau China, mencakup capaian penelitian sejauh ini, alasan memilih Sanghai University, studi dan rencana penelitian, rencana karir masa depan, dll
8. Dokumen lainnya (merujuk ke standar masing-masing departemen). Contoh: karya seni atau karya musik bagi pelamar yang mendaftar ke seni rupa atau musik

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa di Shanghai University melalui program SGS dilakukan secara online. Pelamar terlebih dahulu melengkapi aplikasi online untuk beasiswa yang tersedia di laman www.study-shanghai.org

Selanjutnya lengkapi juga aplikasi online untuk pendaftaran ke Shanghai University (SHU) di laman www.apply.shu.edu.cn

Pendaftaran online dibuka mulai 1 Januari 2017 s/d 15 April 2017. Hasil seleksi beasiswa akan diberitahukan melalui laman Shanghai University sebelum 30 Juni 2017. Sebelum mengajukan aplikasi, pelamar perlu membuat akun terlebih dahulu di laman tersebut. Selain itu dikenakan biaya aplikasi online sebesar RMB 500 yang sifatnya tidak bisa diminta kembali.

Kontak:
e: apply8@oa.shu.edu.cn