Beasiswa Harvard University untuk Lulusan Doktor

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Harvard University untuk Lulusan Doktor

Tawaran beasiswa Harvard University untuk tahun 2017 kembali dibuka bagi para lulusan doktoral (S3) melalui jalur The Environmental Fellows Program. Program ini diselenggarakan oleh Harvard University Center for the Environment dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi peraih gelar doktor baru dalam mengembangkan sumber daya di Harvard guna mengatasi masalah lingkungan yang ada. Nantinya para penerima beasiswa juga diwajibkan untuk bekerja sebagai anggota fakultas di Harvard selama dua tahun.

Beasiswa yang diberikan sudah termasuk gaji sebesar $ 64.000 pertahun, asuransi kesehatan, biaya penggantian perjalanan (reimbursement) sejumlah $ 2.500, serta biaya profesional lainnya sejumlah $ 2.500. Selain itu, pihak penyelenggara akan menyelenggarakan program ko-kurikuler serta makan bersama antar rekan sekerja dan anggota fakultas untuk membuat peserta saling mengenal satu dengan lainnya.

Persyaratan Beasiswa Harvard University:
1. Setiap pelamar harus sudah mendapatkan gelar doktor (S3) antara bulan Mei 2013 dan Agustus 2017 (Pelamar harus sudah mengajukan disertasi setidaknya sebelum September 2017).

2. Pelamar yang memiliki gelar doktor atau setara dari segala bidang dapat mengikuti beasiswa ini. Pelamar dapat mengajukan proyek riset pada segala bidang. Pelamar yang tidak memiliki gelar doktor dapat mendaftar beasiswa apabila mereka telah menyelesaikan studi pada kajian bidang dimana PhD bukan program gelar tertinggi. Seluruh kandidat juga harus berhasil dan mampu menunjukkan pengalaman saat melakukan riset ilmiah.

3. Kandidat yang lolos diharuskan untuk berkomitmen kepada satu atau lebih anggota fakultas, bersedia menjadi mentor serta menyediakan ruang lab atau kantor selama dua tahun masa beasiswa.

4. Harvard merupakan aksi kesetaran dan kesempatan kerja yang sama yang akan didapatkan oleh peserta.

5. Gelar doktoral yang diperoleh oleh setiap kandidat terbuka dari setiap universitas yang ada di dunia. Warganegara asing memenuhi syarat untuk melamar beasiswa, meskipun proses studi di Harvard mengharuskan mahir dalam berbahasa Inggris pada umumnya.

6. Para kandidat yang lolos harus siap untuk berkomitmen bekerja di Harvard selama dua tahun penuh masa beasiswa. Beasiswa ini juga memerlukan izin tinggal di Cambridge dan setiap studi lapangan harus dijadwalkan untuk reses Januari atau musim panas.

Persyaratan dokumen aplikasi Beasiswa Harvard University:
1. Curriculum vitae termasuk di dalamnya berisi daftar publikasi.

2. Proposal riset maksimal lima halaman, referensi dihitung terpisah. Dalam proposal tersebut, pelamar harus menjelaskan alasan mengajukan fellowship yang diadakan oleh Harvard tersebut.

3. Tiga contoh publikasi / karya tulis.

4. Tiga surat referensi. Salah satunya berasal dari pembimbing disertasi.

5. Satu letter of support yang dikeluarkan oleh universitas asal pelamar berisi mengenai komitmen untuk menjadi mentor, menjelaskan komitmen pelamar dalam riset yang diajukan termasuk penyediaan ruang lab atau kantor serta komitmen keuangan yang dibutuhkan.

Pendaftaran Beasiswa Harvard University:
Untuk pendaftaran, pelamar dapat mengisi aplikasi online pada link berikut: Application. Lampirkan juga dokumen yang dibutuhkan di atas (Poin 1 s/d 3) dalam format PDF. Kemudian peserta dapat meminta pemberi referensi atau universitas asal mereka untuk secara langsung mengirimkan surat referensi dalam format PDF / Word ditujukan kepada James Clem: environmental_fellows@harvard.edu.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Harvard University untuk Mahasiswa Doktor dapat menghubungi kontak berikut:
James Clem, Managing Director
Harvard University Center for the Environment
26 Oxford Street, 4th Floor
Cambridge MA 02138
617-496-5458
atau melalui alamat email: james_clem@harvard.edu serta mengunjungi laman resminya pada environment.harvard.edu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar