Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin di Taiwan

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin di Taiwan
Bisa mengikuti kursus bahasa tanpa biaya sendiri tentunya sebuah hal menyenangkan. Seperti kursus bahasa Mandarin satu ini. Pelamar ditawari beasiswa untuk mengikuti kursus bahasa Mandarin langsung dari Taiwan. Ya, beasiswa kursus bahasa Mandarin akan berlangsung di pusat-pusat bahasa Mandarin yang ada di Taiwan. Di 2017, ada sekitar 37 pusat pelatihan bahasa Mandarin di Taiwan yang bisa menjadi pilihan untuk kursus. Jika Anda berminat, pendaftaran beasiswa kursus bahasa Mandarin 2017 untuk Indonesia sudah tersedia.
Serupa dengan beasiswa kuliah di Taiwan, beasiswa kursus bahasa Mandarin kali ini juga disediakan melalui Kementerian Pendidikan Taiwan. Programnya disebut dengan Huayu Enrichment Scholarship (HES). Selain mengikuti kegiatan kursus, penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk meningkatkan pehamanan mereka tentang budaya dan kehidupan masyarakat Taiwan.
Umumnya durasi beasiswa diberikan hingga satu tahun, namun Kantor Perwakilan Taiwan juga dapat memberikan dengan periode 9 bulan, 6 bulan, atau 3 bulan. Periode pemberian tahunan berlangsung dari 1 September sampai 31 Agustus tahun selanjutnya.
Penerima beasiswa bahasa Mandarin 2017 akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar NT$ 25.000 atau setara USD$ 735.
Persyaratan: 
1. Berumur 18 tahun atau lebih, lulusan SMA atau diatasnya, memiliki prestasi akademik yang baik dalam pendidikan belajar terbaru yang resmi dan memiliki karakter moral yang baik.
2. Bukan merupakan warga Negara Taiwan.
3. Tidak memiliki status sebagai pelajar asing
4. Pada saat ini tidak terdaftar sebagai pelajar di pusat pembelajaran Bahasa Mandarin, dan tidak pernah menjadi pelajar di universitas maupun perguruan tinggi di Taiwan.
5. Bukan merupakan pertukaran pelajar sesuai perjanjian kerjasama antara universitas / perguruan tinggi internasional dan lembaga pendidikan di Taiwan, saat menerima beasiswa HES.
6. Tidak pernah menerima penghargaan baik berdasarkan program beasiswa ini maupun program beasiswa Taiwan.
7. Bukan merupakan penerima beasiswa lainnya atau subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Dokumen aplikasi: 
1. Formulir Aplikasi (Unduh)
2. Fotokopi Akta Lahir, Pasport dan Kartu Keluarga.
3. Fotokopi Ijasah Terakhir dan Transkip Nilai.
(Setelah pengumuman, penerima beasiswa wajib memberikan dokumen dalam bahasa Mandarin atau Inggris yang telah dilegalisir dalam kurun waktu yang ditentukan. Jika kedua dokumen tersebut dikeluarkan oleh negara lain selain Taiwan atau instansi pendidikan Internasional lainnya, maka kedua dokumen tersebut harus dilegalisir terlebih dahulu oleh Kantor Perwakilan Taiwan setempat sebelum diserahkan).
4. Fotokopi formulir pendaftaran dari salah satu Pusat Pelatihan Huayu Enrichment.
(formulir yang digunakan saat mendaftar ke language center)
5. Dua lembar surat rekomendasi yang sudah di tanda tangani dan tertutup rapat dalam amplop.
(Bisa dari siapa saja misalkan dosen atau atasan. Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi tidak berlaku).
Pendaftaran: 
Lengkapi dokumen aplikasi yang dibutuhkan, lalu kirimkan ke alamat berikut:
Kantor Taipei Economic and Trade Office (TETO)
Gedung Artha Graha lt.17, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD, Jakarta 12190
*Harap tuliskan nama beasiswa pada amplop
Pengajuan aplikasi beasiswa kursus bahasa Mandarin ini paling lambat 31 Maret 2017. TETO akan mengumumkan daftar penerima beasiswa melalui website TETO ( www.roc-taiwan.org/ID ) sebelum 31 Mei 2017. Untuk informasi lebih lanjut bisa disampaikan melalui email: beasiswa@teto.or.id atau cek melalui website TETO. Selamat mencoba!

Komentar