Beasiswa Pertukaran Profesional Muda ke Amerika dari YSEALI

Home / Exchange / Beasiswa Pertukaran Profesional Muda ke Amerika dari YSEALI

Selain beasiswa pertukaran pelajar SMA/sederajat oleh Bina Antarbudaya, info beasiswa pertukaran kali ini juga akan kami bahas khususnya bagi para pekerja profesional. Young Southeast Asian Leaders Intitiative (YSEALI) Professional Fellows Program, sebuah program pertukaran bagi profesional muda dari negara-negara ASEAN, berdurasi selama satu bulan, untuk mengikuti fellowship pada organisasi non-profit, kantor pemerintahan atau badan legislatif di Amerika Serikat.

Perlu diketahui, program beasiswa YSEALI The Professional Fellows Program (PFP) merupakan hasil inisiatif dari Presiden Barrack Obama yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu. Adapun tujuan dari diluncurkannya program ini adalah untuk memperkuat pengembangan dan jaringan kepemimpinan pemuda antar negara di seluruh kawasan ASEAN.

Program beasiswa ini terbuka bagi siapa saja yang berusia antara 25 s/d 35 tahun, yang membawa perubahan dan inovasi dalam komunitas, baik dalam sektor publik maupun privat. Tentunya dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta berkesempatan untuk berinteraksi dengan para pembuat kebijakan serta menambah relasi dengan peserta dari negara-negara ASEAN lainnya.

Persyaratan:
1. Berusia antara 25 s/d 35 tahun. Saat ini sedang bekerja dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.
2. Mempunyai pengalaman membuat dampak di komunitas, institusi atau perusahaan asal.
3. Lancar menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.
4. Merupakan warganegara dan sedang tinggal pada salah satu dari 10 negara ASEAN yang ditunjuk (Brunei, Burma, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam).
5. Memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Visa J-1 Amerika Serikat.

Tata Cara Pendaftaran:
Beasiswa Pertukaran YSEALI terbagi menjadi 5 program dimana peserta hanya diperbolehkan memilih salah satu program berikut:

1. Economic Empowerment (Deadline: 7 April 2017)
Beasiswa pertukaran yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi bagi pemimpin profesional muda dari 10 negara ASEAN. Untuk mendaftar program ini, klik link berikut: American Councils.

2. Environmental Sustainability (Deadline: 15 April 2017)
Beasiswa pertukaran yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan bagi pemimpin profesional muda dari 10 negara ASEAN. Untuk mendaftar program ini, klik link berikut: International City/County Mgmt Association.

3. Legislative Process and Governance (Deadline: 14 April 2017)
Beasiswa pertukaran yang berfokus pada proses legislatif dan pemerintahan bagi politikus dan pembuat kebijakan dari Burma, Indonesia, Malaysia, Filipna, dan Thailand. Untuk mendaftar program ini, klik link berikut: American Council of Young Political Leaders.

4. Legislative Process and Governance / Civic Engagement (Deadline: 15 April 2017)
Beasiswa pertukaran yang berfokus pada proses legislatif dan pemerintahan kota/daerah bagi pimpinan daerah setempat dari 10 negara ASEAN. Untuk mendaftar program ini, klik link berikut: International City/County Mgmt Association.

Kriteria Seleksi:
1. Mampu menunjukkan pengalaman kepemimpinan yang kuat atau dampak positif di komunitas atau tempat kerja.
2. Mampu menunjukkan pengetahuan atau pengalaman profesional pada salah satu Tema YSEALI: Civic Engagement, Environment and Natural Resources Management, atau Entrepreneurship and Economic Development.
3. Mampu menunjukkan komitmen atau ketertarikan pada layanan masyarakat, kegiatan sukarela, atau bimbingan.
4. Mampu menunjukkan ketertarikan untuk mempelajari Amerika Serikat dan kawasan ASEAN.
5. Bersedia berpartisipasi aktif dalam lingkungan kerja profesional untuk mengembangkan skill kepemimpinan dan kapasitas profesional.
6. Berkomitmen untuk kembali ke negara asal untuk menerapkan skill kepemimpinan dan pelatihan yang didapatkan bagi komunitas, negara, atau kawasan ASEAN.
7. Lebih diutamakan bagi peserta yang belum pernah studi, bekerja, atau melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sebelumnya.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa YSEALI Pertukaran Profesional Muda ke Amerika dapat menghubungi Kedutaan Besar AS di Jakarta pada nomer telp: 021 3435-9000 atau mengunjungi link berikut: exchanges.state.gov. Selamat mencoba!

Komentar