Beasiswa S2 dan S3 Monbukagakusho Program Research Student di Jepang

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dan S3 Monbukagakusho Program Research Student di Jepang

Informasi beasiswa Jepang berikut ini termasuk yang ditunggu-tunggu. Beasiswa S2 dan S3 Monbukagakusho Program Research Student, diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya oleh Pemerintah Jepang. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program research student di perguruan tinggi di Jepang. Beasiswa yang diberikan bersifat beasiswa penuh dan tanpa ikatan dinas yang meliputi 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih ¥143.000 per bulan), dan tiket pesawat PP.

Ada beberapa keuntungan dalam mengikuti program beasiswa ini. Pada saat menjalani masa research student tersebut, peserta dapat melamar pada program degree (S2 / S3 / professional graduate course) atau meneruskan program S3 setelah menyelesaikan program S2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan. Tidak hanya itu, peserta juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti program research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan.

Sebagai referensi, untuk daftar universitas di Jepang yang dapat anda pilih bisa merujuk pada link berikut:
1. http://jpss.jp/en/
2. http://www.jasso.go.jp
3. http://researchmap.jp/
Dan untuk soal tes tulis beasiswa Monbukagakusho Tahun 2014 dan 2015 dapat dilihat pada link berikut: www.studyjapan.go.jp.

Persyaratan beasiswa Jepang S2 – S3:
1. Lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1983.
2. Diutamakan mempunyai IPK akhir minimal 3.2 dari tingkat perguruan terakhir.
3. Diutamakan mempunyai skor minimal TOEFL-pBT/ITP 570 atau TOEFL-iBT 80 atau IELTS 6.5 atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level 2/N2. Sebagai catatan TOEIC, TOEFL like, dan TOEFL prediction tidak dapat digunakan. Sertifikat TOEFL harus dikeluarkan oleh ETS.
4. Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu yang sebelumnya.
5. Bersedia belajar Bahasa Jepang bagi yang tidak menguasai bahasa Jepang.
6. Sehat jasmani dan rohani. Pelamar tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil pada saat pendaftaran, selama proses seleksi, hingga keberangkatan ke Jepang.
7. Pelamar tidak diperbolehkan mendaftar beasiswa ini apabila memiliki salah satu kondisi/situasi berikut: Klik Disini (PDF).

Daftar Dokumen yang diperlukan:
1. Lembar print-out (hasil cetak) konfirmasi registrasi online yang berisi “Nomor Ujian” peserta.
2. Application Form 2018 yang telah dilengkapi (Download).
Pasfoto 3.5 x 4,5 cm (ditempel dan bukan diprint pada application form, foto 6 bulan terakhir, formal).
3. Placement Preference Application Form 2018 (Download).
4. Field of Study and Study Program 2018 (Download).
5. Fotocopy Transkrip Nilai yang telah dilegalisir (diterjemahkan dalam bahasa Inggris / Jepang).
6. Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus (diterjemahkan dalam bahasa Inggris / Jepang).
7. Surat Rekomendasi dari Universitas jenjang pendidikan terakhir (Download) – Tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah.
8. Surat Rekomendasi dari tempat bekerja bagi yang sedang bekerja (Download) – Tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah.
9. Abstrak penelitian / skripsi saat jenjang pendidikan terakhir atau sebelumnya (dalam bahasa Inggris).
10. Foto hasil karya / rekaman bagi yang memilih bidang seni atau musik.
11. Fotocopy sertifikat dan hasil nilai TOEFL/IELTS/JLPT.

Note:
– Seluruh dokumen di atas harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau Jepang.
– Seluruh dokumen harus dibuat dalam ukuran kertas A4.
– Seluruh dokumen harus dibuat sebanyak 5 rangkap (1 rangkap asli dan 4 rangkap fotocopy dari asli). Kelima rangkap dokumen tersebut, masing-masing harus disusun sesuai dengan urutan di atas, dan cukup di-klip saja jangan disteples/dijilid/dilubangi.
– Seluruh dokumen yang telah diserahkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
– Peserta tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta.

Tata Cara Pendaftaran:
1. Daftarkan diri anda secara online pada link berikut: register.beasiswamext.or.id.
2. Setelah melakukan pendaftaran online, anda akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Cetak email tersebut dan harap mengingat Nomor Ujian yang diterima.
3. Kemudian isi Formulir Pendaftaran yang telah anda unduh.
4. Lengkapi daftar dokumen yang diperlukan dengan membuat 1 rangkap original dan 4 rangkap fotocopy dari original tersebut. Kirimkan kepada:

Bagian Informasi dan Kebudayaan
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta 10350
Cantumkan kode “Research Student 2018” pada kanan atas amplop.

5. Batas waktu pendaftaran online dan penerimaan berkas dokumen sampai dengan tanggal 16 Mei 2017. Pihak penyelenggara tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

Baca juga: Daftar Beasiswa di Jepang

Selanjutnya pengumuman hasil seleksi dokumen akan dilaksanakan pada 8 Juni 2017 pada website Kedutaan Besar Jepang. Pelaksanaan tes tulis bahasa Inggris dan bahasa Jepang akan dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Medan, Makasar atau Denpasar pada Juni 2017. Para kandidat yang lolos seleksi tes tulis akan maju pada seleksi wawancara pada Juli 2017 di Jakarta. Bagi yang lolos seleksi wawancara akan diminta untuk mencari Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi di Jepang. Sebagai catatan pelamar dapat memilih maksimal 3 perguruan tinggi untuk mendapatkan izin penerimaan sebagai mahasiswa program degree atau research student. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan November s/d Desember 2017.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa kuliah di Jepang, silakan menghubungi Bagian Informasi & Kebudayaan (Beasiswa MEXT) pada nomer telp. (021) 3192-4308 atau email: beasiswa@dj.mofa.go.jp. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar