Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia oleh Kemenlu RI

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia oleh Kemenlu RI

Hai Sobat Beasiswa.ID ada kabar gembira nih buat pecinta seni dan budaya. Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia 2018 kembali ditawarkan bagi pemuda-pemudi dari luar negeri dan dari Indonesia. Beasiswa ini secara rutin telah diselenggarakan sejak tahun 2003 oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sebagai tindak lanjut komitmen Pemerintah RI dalam meningkatkan kerjasama regional dan promosi budaya, khususnya dalam menciptakan para sahabat Indonesia di luar negeri. Hingga tahun 2017, program ini telah menghasilkan 776 alumni dari 69 negara yang menjadi friends of Indonesia dan Indonesianis yang kiranya dapat dimanfaatkan untuk membantu promosi Indonesia di kancah internasional.

Untuk tahun 2018, program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) akan diberikan kepada 66 pemuda dari negara sahabat dan 6 pemuda Indonesia. Program BSBI 2018 direncanakan akan berlangsung selama 100 hari yaitu tanggal 17 Maret s/d 24 Juni 2018.

Tema yang diusung untuk tahun 2018 adalah “The Colours of Beautiful Indonesia”, menceritakan kebhinekaan wilayah nusantara dalam hal budaya, agama dan keyakinan lainnya, termasuk kehidupan manusia, tata cara, pola pikir dan kebiasaan masyarakatnya yang toleran dan dikelola secara selaras hingga menjadi salah satu aset bangsa.

Nantinya para kandidat terpilih akan mengikuti orientasi/pengenalan program selama satu minggu di Jakarta. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan akan seni dan budaya Indonesia, para kandidat akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang akan ditempatkan pada beberapa arts centre di Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Yogyakarta.

Cakupan beasiswa yang diberikan meliputi:

1. Biaya pendidikan di Sanggar.
2. Tiket perjalanan PP kelas ekonomi menuju tempat studi.
3. Akomodasi penuh (makanan dan tempat tinggal).
4. Transportasi lokal selama masa program.
5. Asuransi kesehatan (terbatas). Seluruh kandidat sebaiknya memiliki asuransi kesehatan masing-masing.
6. Tunjangan bulanan senilai Rp 2.000.000,-

Calon peserta diharapkan memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia serta berpotensi membantu Perwakilan RI dalam mempromosikan Indonesia. Selain itu peserta diharapkan memiliki latar belakang seni dan budaya serta pengetahuan dasar mengenai Indonesia.

Persyaratan:

1. Belum menikah dan berusia antara 21 s/d 27 tahun.
2. Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK/Sederajat.
3. Memiliki minat dan bakat dalam bidang kesenian. Pelajar/mahasiswa seni atau mereka yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang kebudayaan Indonesia dianjurkan untuk mendaftar.
4. Memiliki kondisi fisik dan mental yang baik. Terutama bagi peserta wanita, diharapkan tidak sedang mengandung selama masa program.
5. Para kandidat terpilih harus mengikuti program keseluruhan, termasuk orientasi dan Indonesian Channel (malam kebudayaan saat program berakhir).

Berkas dokumen yang dibutuhkan:

1. Formulir Aplikasi.
2. 1 (Satu) Motivation Letter.
3. 3 (Tiga) pas foto ukuran paspor.
4. 1 (Satu) fotocopy ijazah akademik.
5. 1 (Satu) fotocopy surat keterangan kesehatan dari Dokter/Rumah Sakit pemerintah yang valid.
6. 1 (Satu) surat rekomendasi.
7. Personal statement yang telah ditandatangani.

Tata Cara Pendaftaran:

Untuk mendaftar Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Tahun 2018, bagi pelamar dari Indonesia dapat mengirimkan kelengkapan berkas dokumen kepada:

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik
Tower Building, 12th Floor
Jl. Taman Pejambon No. 6
Jakarta Pusat, DKI Jakarta – 10110

Komentar