Beasiswa Skripsi dan Tesis dari Orangutan Foundation

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa Skripsi dan Tesis dari Orangutan Foundation

Beasiswa skripsi dan tesis ditawarkan oleh Orangutan Foundation (OF-UK), sebuah lembaga amal dari Inggris. Lembaga tersebut bekerja sama dengan Kementeriann Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

OF-UK menjunjung misi untuk menjamin kelestarian orangutan liar serta habitatnya di Kalimantan, berikut flora dan fauna yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, lembaga ini memfokuskan program-programnya pada pelestarian hutan, penelitian, dan pendidikan.

Pada tahun ini, salah satu program OF-UK di Kalimantan Tengah ialah memberi beasiswa kepada mahasiswa S1 atau S2 untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Topik penelitian berkaitan dengan orangutan dan habitatnya, hidupan liar, ekologi, serta ekonomi kehutanan. Informasi beasiswa skripsi dan tesis ini diambil dari Facebook Orangutan Foundation UK – Program Indonesia.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Untuk Kalimantan Tengah, OF-UK bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Tanjung Putting (BTNTP) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah. Atas kerja sama ini, diberikan beasiswa penelitian kepada 3 orang mahasiswa Indonesia. Nilai beasiswa masing-masing maksimal £ 500 (kurang lebih Rp 8,32 juta).

Persyaratan dan Proses Pendaftaran

Berikut ketentuan yang harus dipenuhi untuk memperoleh beasiswa skripsi dan tesis ini.Pelamar adalah mahasiswa sarjana atau pascasarjana pada tingkat akhir yang akan menyelesaikan skripsi atau tesis.

  • Riset dilakukan di Taman Nasional Tanjung Puting, Suaka Margasatwa Lamandau, dan daerah lain di Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, dan Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.
  • Riset dilakukan pada Mei – November 2017.
  • Tema penelitian tentang orangutan dan habitatnya, hidupan liar, ekologi, serta sosial ekonomi kehutanan.
  • Pelamar harus mengirimkan daftar riwayat hidup dan proposal penelitian yang mencakup: latar belakang, tujuan penelitian, metodolofi, dan waktu penelitian yang telah disetujui oleh dosen pembimbing.
  • Pelamar membuat pernyataan bahwa tema riset tersebut penting dan dapat diaplikasikan untuk konservasi hutan, orangutan, dan habitatnya maksimal 400 kata.
  • Pelamar membuat anggaran penelitian serta pernyataan bahwa beasiswa cukup untuk menyelesaikan studi.
Baca Juga :  Beasiswa Sarjana dan Pascasarjana dari British Council, Deadline 31 Desember 2016

Seluruh berkas persyaratan dikirimkan dalam format PDF. melalui email ke: info.of.indonesia@gmail.com dan arianto.fembry@gmail.com . Email diberi subjek: “Beasiswa Penelitian OF-UK 2017”.

Pengiriman berkas paling lambat tanggal 15 April 2017. Kontak dan informasi selengkapnya lihat di halaman sumber: Beasiswa Penelitian Orangutan Foundation 2017.