Beasiswa S1 di Universitas Pertamina

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa S1 di Universitas Pertamina

Hai sobat Beasiswa.ID, bagi kamu lulusan SMA/Sederajat tahun 2016, 2017, dan 2018 ada tawaran beasiswa kuliah S1 dari Universitas Pertamina. Universitas Pertamina didirikan di Jakarta dan dikelola oleh Yayasan Pertamina Foundation. Beasiswa Universitas Pertamina ini ditawarkan dalam dua program yaitu, Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina dan Beasiswa Prestasi Universitas Pertamina. Berikut informasi lengkapnya.

A. Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina

Pendaftaran Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2018 – 2019 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2018, 2017, dan 2016 yang mendaftar dan lulus Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Januari 2018 atau Maret 2018 (UM Gelombang 1 dan Gelombang 2), dengan prestasi akademik sangat baik namun mempunyai kesulitan ekonomi untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina. Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa kuliah dengan evaluasi dilakukan setiap tahunnya.

Tipe Beasiswa Universitas Pertamina (Ekonomi):
– Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
– Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP

Universitas Pertamina menawarkan 6 fakultas dan 15 program studi strata 1, yaitu:

1. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan program studi : Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
2. Fakultas Teknologi Industri, dengan program studi : Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik
3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan program studi : Manajemen dan Ilmu Ekonomi
4. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan program studi : Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
5. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan program studi : Kimia dan Ilmu Komputer
6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan program studi : Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Scan Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2018 – 2019 yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 (Download Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi).

2. Scan Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa).

3. Scan Kartu Keluarga (KK).

4. Scan KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa.

5. Scan KTP kedua orang tua.

6. Scan nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file PDF).

7. Scan Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau Surat Keterangan Pengganti Slip Gaji (bagi orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak memiliki slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal.

8. Scan bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum Ujian Masuk. Bagi peserta UM periode Januari 2018 melampirkan scan bukti bayar listrik bulan Oktober, November, dan Desember 2017. Bagi peserta UM periode Maret 2018 melampirkan scan bukti bayar listrik bulan Desember 2017, Januari dan Februari 2018.
– Apabila listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju Beasiswa Ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.

– Jika calon mahasiswa pengaju Beasiswa Ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.

9. Scan tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa Tahun 2017. Apabila calon mahasiswa pengaju Beasiswa Ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.

10. Membuat karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina”.

11. Scan maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional).

12. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa.

Catatan:
1. Seluruh scan berkas disimpan dalam format PDF dengan ukuran maksimal setiap berkas adalah 750 KB. Format penamaan setiap berkas:
[Nomor Berkas]_[Jenis Berkas]_[Nama Pengaju Beasiswa]_[Nomor Ujian]
Contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf

2. Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format PDF dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format ZIP atau RAR dan diberi nama folder:
[Nama Pengaju Beasiswa]_[Nomor Ujian]
Contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.
Ukuran maksimal lampiran berkas adalah 10 MB.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina:
1. Calon mahasiswa mendaftar Ujian Masuk Universitas Pertamina (UM-UP) Periode Januari 2018 (Pendaftaran dibuka 18 Desember 2017 / Gelombang 1) atau Periode Maret 2018 (Pendaftaran dibuka 28 Januari 2018 / Gelombang 2).

2. Calon mahasiswa melaksanakan pembayaran UM-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor ujian.

3. Calon mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa kemudian mencetak kartu Ujian Masuk.

4. Bagi calon mahasiswa yang memilih Program Beasiswa Ekonomi dapat mengirimkan seluruh berkas yang disebutkan di atas ke email: beasiswa@universitaspertamina.ac.id dan di-cc ke: kemahasiswaan.up@gmail.com.

5. Batas waktu pengiriman berkas pengajuan beasiswa sampai dengan 26 Januari 2018 pukul 12.00 siang (untuk Periode Januari 2018) atau 9 Maret 2017 pukul 12.00 siang (untuk Periode Maret 2018)

6. Pada saat pelaksanaan Ujian Masuk, calon mahasiswa harus membawa Formulir Pengajuan Beasiswa (berkas nomor 1) yang ASLI dan menyerahkannya pada petugas registrasi ulang.

7. Pengumuman para penerima Beasiswa Universitas Pertamina (Ekonomi) akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni 2018.

B. Beasiswa Prestasi Universitas Pertamina bagi Peraih Nilai Ujian Masuk Terbaik

Universitas Pertamina juga menyediakan Beasiswa Prestasi berupa pembebasan 100% dan 50% Sumbangan Pembebasan Institusi (SPI) bagi 100 peraih Nilai Terbaik pada Ujian Masuk Universitas Pertamina Periode April 2018 (Gelombang 3). Seluruh peserta Ujian Masuk pada periode tersebut berkesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Prestasi Hasil UM.

Pendaftaran Ujian Masuk Periode April 2018 akan dilaksanakan pada 11 Maret s/d 13 April 2018. Dilanjutkan Ujian Masuk pada tanggal 15 April 2018. Pengumuman hasil ujian masuk serta penerima Beasiswa Prestasi Universitas Pertamina akan dilaksanakan pada akhir bulan April 2018.

Sebagai info Ujian Masuk Universitas Pertamina akan dilaksanakan juga di kota lain, dengan jadwal sebagai berikut:
1. Periode Januari
Serentak diadakan di dua belas (12) kota, yaitu:
Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Mataram, Balikpapan, Makassar

2. Periode Maret
Serentak diadakan di lima (6) kota, yaitu:
Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar

3. Periode April
Serentak diadakan di enam (6) kota, yaitu:
Medan, Bandung, Padang, Semarang, Jakarta, Makassar

4. Periode Juli
Hanya diadakan di Kota Jakarta

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Universitas Pertamina yang telah disebutkan di atas dapat menghubungi kontak berikut:
Komplek Universitas Pertamina
Jl. Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta 12220
Hotline Ujian Masuk: +6221 27081324 (Hunting)
Telp. +6221 29044308
Website resmi: universitaspertamina.ac.id
Semoga bermanfaat.