Beasiswa S1 oleh KAIST di Korea Selatan

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 oleh KAIST di Korea Selatan

Hai Sobat Beasiswa.ID! Pilihan beasiswa ke Korea sebetulnya cukup banyak, mulai dari tawaran Beasiswa KGSP oleh Pemerintah Korea Selatan hingga tawaran langsung dari universitas-universitas ternama di Korea. Salah satu universitas ternama yang menyediakan beasiswa adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology atau disingkat KAIST. Universitas ini termasuk dalam peringkat 100 terbaik universitas di dunia yang berorientasi pada bidang Sains, Teknik dan Teknologi. Salah satu beasiswa yang rutin disediakan oleh KAIST adalah KAIST International Student Scholarship. Beasiswa tersebut disediakan khusus bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia.

Beasiswa KAIST ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan S1 pada sejumlah program studi yang disediakan oleh KAIST seperti Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Teknik Mesin, Teknik Penerbangan, Teknik Listrik, Ilmu komputer, Teknik Sipil dan Lingkungan, Desain Industri, Teknik Industri, Teknik Kimia dan Biomolekular, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Nuklir dan Quantum, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Manajemen Bisnis dan Teknologi.

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan selama masa studi S1 di KAIST (8 semester) dengan catatan tetap mempertahankan hasil prestasi .
  2. Tunjangan hidup sebesar 350.000 KRW (± Rp 4,5juta) per bulan.
  3. Asuransi kesehatan nasional<br>Yang tidak termasuk dalam beasiswa ini adalah biaya asrama sekitar USD 100-300 per bulan, makanan dan biaya perjalanan ke Korea. Anda dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri untuk memenuhi biaya tersebut.

Untuk tetap mendapatkan beasiswa, para penerima beasiswa harus mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3) setelah tahun pertama di KAIST.

PERSYARATAN:

  • Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan.
  • Orangtua pelamar bukan merupakan warganegara Korea Selatan.
  • Sebelumnya tidak pernah bersekolah (SD/SMP/SMA) di Korea Selatan.
  • Telah lulus SMA/SMK/Sederajat ATAU akan lulus di tahun 2019.
  • Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 560 (lama) atau min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (SOFTCOPY):

  1. Formulir pendaftaran.
  2. 1 (Satu) Surat Rekomendasi yang diisi oleh guru wali kelas/pembimbing akademik/guru Matematika/Sains.
  3. Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolah asal atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang disubmit bisa berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang bisa membuat pihak panitia lebih mengenal sekolah asal peserta.
  4. Scan Transkrip Nilai/Rapor SMA/SMK/Sederajat.</li><li>Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 560 (lama) atau min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720. Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir.
  5. Hasil nilai Ujian Nasional beserta penjelasan sistem penilaian.
  6. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  7. Statement of Financial Resources – KAIST Scholarship (asli).
  8. Sertifikat penghargaan atau prestasi (tidak wajib).

Catatan:

  • Seluruh dokumen di atas wajib di-scan (softcopy) dalam ukuran A4 terlebih dahulu.
  • Pastikan untuk dokumen yang dikeluarkan oleh sekolah (transkrip nilai, hasil nilai UAN, profil sekolah) dilegalisir terlebih dahulu oleh pihak sekolah asal.
  • Dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah

Sebelum mengajukan Beasiswa KAIST, perlu dipahami bahwa pendaftaran menjadi mahasiswa dan pendaftaran beasiswa sudah satu paket (tidak diperlukan pengajuan pendaftaran terpisah). Pastikan sebelum mendaftar, pelamar telah membaca Panduan Pendaftaran pada link berikut:
Admission Guide . Untuk mendaftar, pelamar dapat melengkapi formulir pendaftaran secara online untuk mahasiswa internasional di KAIST pada website berikut: https://apply.kaist.ac.kr/InterAppl

Pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar 80,000 KRW yang dapat dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit. Selanjutnya upload hasil scan berkas dokumen yang disebutkan di atas pada formulir pendaftaran online. Untuk bisa dipertimbangkan menjadi penerima beasiswa, pelamar harus mencentang tulisan “KAIST scholarship” pada bagian Statement of Financial Resources.
Apabila kesulitan melakukan pendaftaran via online, pelamar juga dapat mengirimkan berkas pendaftaran via pos ke alamat berikut:

Undergraduate Admissions Team, Office of Admissions, KAIST
#102, Yang Boon Soon Bld. (E16-1)
291 Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon 34141, Republic of Korea
Tel: (+82-42) 350-4803

Setelah melakukan pendaftaran, pelamar dapat mengecek status pendaftaran pada website: apply.kaist.ac.kr. Tujuannya untuk memastikan apakah berkas dokumen yang disubmit/dikirimkan sudah lengkap atau belum. Dan jika belum lengkap, bisa segera disubmit/dikirimkan sebelum batas waktu pendaftaran.
Apabila dibutuhkan wawancara, pelamar akan dihubungi oleh pihak KAIST. Hasil akhir proses seleksi universitas sekaligus hasil beasiswa dapat dicek kembali pada website di atas.

JADWAL PENDAFTARAN (pilih salah satu):

  • Regular Track (bisa diikuti untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat yang lulus sebelum tahun 2019). Batas Waktu Pendaftaran: 11 Januari 2019, Pengumuman: 22 Maret 2019
  • Late Track (bisa diikuti untuk semua lulusan SMA/SMK/Sederajat). Pendaftaran: 1 Maret s/d 24 Mei 2019,  Pengumuman: 21 Juni 2019 .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa S1 KAIST dapat menghubungi nomer telp: +82-42-350-2147, email: creative.adm@kaist.ac.kr, atau mengunjungi laman resminya pada www.kaist.ac.kr.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar

%d bloggers like this: