Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta

Hai, Sobat Beasiswa.ID! Satu lagi beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah RI kepada lulusan SMA/SMK/Sederajat di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah menawarkan Beasiswa Unggulan Tahun 2018 kepada lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk melanjutkan kuliah S1 di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta. Kuota yang disediakan sebanyak 30 beasiswa dan perlu diketahui beasiswa ini menanggung biaya pendaftaran dan biaya kuliah para penerimanya, namun biaya transportasi dan akomodasi saat ujian seleksi tertulis dan wawancara ditanggung oleh masing-masing pendaftar.

Persyaratan :
1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2016, 2017, dan 2018 yang berusia maksimal 21 tahun pada saat mendaftar.
2. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya baik dari dinas, lembaga atau instansi lain.
3. Berusia maksimal 22 tahun pada saat mendaftar.

Persyaratan Dokumen :
1. Ijazah / Surat Keterangan Lulus dari sekolah. Bagi siswa yang masih duduk di kelas 12 dapat menyerahkan Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa di sekolah tersebut.
2. Sertifikat / penghargaan / prestasi dibidang film minimal tingkat Kabupaten/Kota.
3. Pasfoto ukuran 3×4 dan 2×3 berwarna masing-masing 2 lembar.
4. Fotocopy Kartu Keluarga.
5. Fotocopy Akte Kelahiran.
6. Transkrip nilai terakhir.
7. Nilai Ujian Akhir Nasional.
8. Memiliki bukti karya di bidang film.
9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
10. Surat Keterangan Sehat.
11. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari RSUD atau minimal Rumah Sakit Tipe C.
12. Menulis esai pada kertas A4 dengan panjang minimal 3-5 lembar. Tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”.

Note:
1. Untuk persyaratan dokumen nomer 1-5 wajib diupload di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ (pmb.ikj.ac.id).
2. Seluruh berkas persyaratan wajib dibawa pada saat pelaksanaan ujian.

Cara Mendaftar :
Pendaftaran Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta dibuka pada tanggal 1 Mei 2018 s/d 30 Juni 2018. Pelamar dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: pmb.ikj.ac.id dan buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/kolektif.

Proses seleksi dilaksanakan dalam dua tahap, seleksi administrasi dilaksanakan pada 1 Mei s/d 7 Juli 2018 dilanjutkan pengumuman peserta yang lolos seleksi pada tanggal 21 Juli 2018. Seleksi tertulis dan wawancara akan dilakansakan pada 28 Juli 2018 dilanjutkan pengumuman hasil seleksi pada 6 Agustus 2018.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta dapat dilihat pada Juknis Beasiswa Unggulan atau mengunjungi laman resmi PMB IKJ: pmb.ikj.ac.id.