Beasiswa S2 dan S3 di University of Adelaide, Australia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dan S3 di University of Adelaide, Australia

Hai Sobat Beasiswa.ID! Peluang basiswa terbaru yang ditawarkan oleh salah satu universitas di Australia. University of Adelaide kembali menawarkan beasiswa S2 dan S3 dalam skema Adelaide Scholarships International (ASI), beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional dan ditawarkan rutin dengan periode pendaftaran tiga kali dalam setahun.

Nilai beasiswa:
Beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup tahunan $ 26.288, dan perlindungan kesehatan mahasiswa luar negeri (jika pemegang pasport memiliki visa subkelas 500).

Beasiswa diberikan dua tahun untuk gelar Master (research) dan tiga tahun untuk gelar Doktor (perpanjangan hanya untuk program doktor).

Persyaratan:
1. Lulus sarjana dengan predikat First Class Honours (cumlaude)
2. Memiliki prestasi akademik dan potensi riset
3. Mampu berbahasa Inggris
4. Bukan warganegara atau penduduk tetap Australia dan New Zealand
5. Mendaftar di University of Adelaide sebagai mahasiswa internasional dan harus mempertahankan status tersebut
6. Tidak memenuhi syarat jika tengah menjalani kuliah di University of Adelaide, kecuali dapat membuktikan jika ia tidak bisa mendaftar di periode sebelumnya.
7. Peraih beasiswa harus memulai studi pada semester di mana beasiswa ditawarkan
8. Pelamar yang telah mendaftar dan layak dipertimbangkan, namun belum berhasil diterima, maka secara otomatis akan dipertimbangkan untuk periode berikutnya (maks 2 putaran).
9. Tidak mendapatkan beasiswa lain dari Commonwealth of Australia, University of Adelaide, atau sponsor di luar negeri (misal pemerintah).

Umumnya pelamar yang berhasil memenangkan beasiswa ASI adalah mereka yang telah menyelesaikan program master dengan penelitian yang signifikan serta memiliki beberapa publikasi, kerja relevan, serta pengalaman di penelitian.

Dokumen aplikasi:
1. Bukti status kewarganegaraan (paspor)
2. Salinan ijazah
3. Transkrip akademik
4. Terjemahan dokumen ke bahasa Inggris
5. Bukti kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS)
6. Proposal riset menggunakan format yang disediakan
7. Curriculum vitae
8. Dokumen pendukung

*Secara umum skor IELTS yang diminta minimum 6.5. TOEFL: PBT 575, IBT 79.

Pendaftaran:
Pemohon bisa mendaftar secara online melalui laman University of Adelaide. Jika Anda baru pertama kali mendaftar, silakan buat akun terlebih dahulu. Pelamar bisa mengajukan pendaftaran mahasiswa sekaligus permohonan beasiswa. Tidak diperlukan aplikasi terpisah. Pelamar akan secara otomatis dipertimbangkan untuk setiap beasiswa yang tersedia yang mereka memenuhi syarat. Berbeda dari universitas lainnya, pelamar internasional tidak dikenakan biaya pendaftaran ke University of Adelaide.

Langkah-langkah yang ditempuh, di antaranya, pelamar memilih institusi, menetapkan program studi, melihat persyaratan di masing-masing program, mengidentifikasi area penelitian dan pembimbing, kemudian mengirimkan aplikasi. Jika terpilih, pelamar akan memperoleh tawaran dan merampungkan pendaftaran.

Pendaftaran beasiswa untuk periode pertama berakhir 31 Agustus 2018 untuk perkuliahan semester 1 2019, deadline periode kedua 31 Januari 2019 untuk perkuliahan yang dimulai Agustus 2019, dan periode ketiga paling lambat 30 April 2019 untuk perkuliahan di November 2019.