Beasiswa S2 dari Kementrian Luar Negeri Swedia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dari Kementrian Luar Negeri Swedia

Hai Sobat Beasiswa.ID! Butuh beasiswa S2 yang menanggung biaya kuliah plus biaya hidup (Full)? Swedish Institute memberikan solusinya. Lembaga Pemerintah Swedia yang bertanggungjawab menyebarluaskan informasi mengenai Swedia di luar negeri ini tengah membuka Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals (SISGP). Program beasiswa yang sebelumnya bernama Swedish Institute Study Scholarships (SISS). Yakni beasiswa master yang mendanai penuh biaya pendidikan bagi mahasiswa asing di universitas-universitas maupun perguruan tinggi Swedia. Beasiswa ini sendiri didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia.

Beasiswa SISGP ditujukan bagi mereka yang punya ambisi, memiliki pengalaman kepemimpinan, serta latar belakang profesional. Pelamar dari Indonesia salah satu yang diberikan kesempatan mendaftar beasiswa SISGP 2019 ini. Ada 300 kuota beasiswa S2 untuk perkuliahan yang dimulai pada musim gugur 2019. Cukup banyak bukan?
Beasiswa mencakup biaya kuliah yang akan dibayarkan langsung oleh Swedish Institute ke universitas atau perguruan tinggi di Swedia, biaya hidup sebesar SEK 10.000 (± Rp 15,8 juta) per bulan, serta biaya perjalanan sebesar SEK 15.000 untuk keberangkatan. Selain itu disediakan pula asuransi jika mengalami kecelakaan atau meninggal dunia selama periode beasiswa.
Manfaat lainnya, penerima beasiswa akan memiliki keanggotaan di jaringan SI Network for Future Global Leaders (NFGL) – jaringan yang menawarkan peluang-peluang eksklusif bagi penerima beasiswa Swedish Institute selama berada di Swedia. Kemudian mendapatkan keanggotaan dalam Jaringan Alumni SI setelah periode beasiswa berakhir. Yakni sebuah platfom pengembangan profesional lebih lanjut dan agar tetap terhubung.
Persyaratan: 
1. Pelamar berasal dari negara yang memenuhi syarat (salah satunya Indonesia)
2. Memiliki pengalaman kerja setidaknya 3.000 jam (Bisa full-time, part-time, kerja sukarela, magang, atau posisi kepercayaan)
3. Memperlihatkan pengalaman kepemimpinan baik dari pekerjaan saat ini maupun sebelumnya
4. Bertanggung jawab membayar uang kuliah di universitas Swedia, telah mengikuti langkah-langkah penerimaan universitas, dan diterima di salah satu program master yang memenuhi syarat sebelum 4 April 2019.
Pendaftaran: 

Pendaftaran dan seleksi Beasiswa SISGP tahun akademik 2019 – 2020 dibagi dalam dua sesi. Pada tahap pertama pelamar melakukan pendaftaran online ke program master di universitas Swedia melalui website University Admissions. Pelamar bisa memilih hingga empat program studi. Pendaftaran ke universitas ini dibuka mulai 16 Oktober 2018 – 15 Januari 2019.

Daftar program master yang memenuhi syarat untuk pengajuan beasiswa 2019 – 2020 dimuat di laman Swedish Institute (Unduh). Yang perlu dipahami, untuk pendaftaran ke universitas pelamar akan dikenakan biaya sebesar SEK 900 (sekitar Rp 1,5 juta).

Berikutnya, pada tahap kedua setelah menyelesaikan pendaftaran ke universitas, pelamar mendaftar Beasiswa SISGP Swedia di laman Swedish Institute. Pendaftaran online beasiswa dibuka mulai 4 Februari 2019 – 14 Februari 2019 dengan melampirkan dokumen aplikasi di bawah.

Dokumen aplikasi tahap dua: 
1. Motivation letter
2. Curriculum vitae
3. Dua surat rekomendasi
4. Bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan
5. Salinan paspor

*Semua dokumen dimuat dalam bahasa Inggris. Template maupun formulir untuk motivation letter dan CV tersedia di laman Swedish Institute mulai Januari 2019. Sedangkan formulir surat rekomendasi serta bukti pengalaman kerja akan disediakan mulai akhir Desember 2018.

Hasil seleksi pendaftaran ke universitas akan diberitahukan kepada pelamar pada 4 April 2019 oleh University Admissions. Hanya pelamar yang diterima atau diterima kondisional di salah satu program master yang akan dpertimbangkan menerima beasiswa.

Sementara, 300 kandidat yang terpilih menerima beasiswa akan diumumkan oleh Swedish Institute pada 26 April 2019 di laman https://si.se/en/ serta diberitahu via email kandidat pada 29 April – 3 Mei 2019.

Komentar