Beasiswa S2 di École Normale Supérieure (ENS), Perancis

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 di École Normale Supérieure (ENS), Perancis

Hai Sobat Beasiswa.ID! Setiap tahunnya, École Normale Supérieure (ENS), sebuah kampus di Perancis, menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan kuliah S2 di universitas tersebut. Beasiswa S2 Perancis ini ditawarkan dalam skema ENS International Selection Scholarships dan terbuka untuk bidang Sains, Seni dan Humaniora.

Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan dana senilai 1.000 Euro per bulan (± Rp 17,4 juta) selama 3 tahun serta asrama di salah satu kampus ENS. Karena beasiswa ini bukan merupakan beasiswa penuh, pelamar dapat mencari sumber pendanaan lain untuk membiayai biaya lainnya seperti akomodasi, biaya kuliah, dan sebagainya.

Kuota yang disediakan oleh beasiswa S2 Perancis ENS untuk Tahun 2019 yaitu 10 kursi untuk bidang Sains dan 10 kursi untuk bidang Seni dan Humaniora.

Program Studi yang ditawarkan:
1. Bidang Seni & Humaniora: Anthropology, Archeology, Classical studies (Greek, Latin), Cinema, Theater studies, History of Art, Musicology, Cognitive sciences, Economics, Political studies, Geography, History, History and Philosophy of Law, History and Philosophy of Sciences, Linguistic, Literature, Philosophy, Sociology.

2. Bidang Sains: Biology, Chemistry, Earthscience, Computing science, Mathematics, Physics, Cognitive sciences

PERSYARATAN:
1. Berusia di bawah 26 tahun pada saat mengajukan pendaftaran.
2. Pelamar hanya diperbolehkan mengajukan pendaftaran satu kali pada seleksi internasional sebelumnya.
3. Pelamar tinggal di Perancis kurang dari 10 bulan pada saat tahun akademik seleksi (1 September – 31 Agustus) maupun tahun sebelumnya.
4. Pelamar membenarkan bahwa telah menempuh studi Sarjana minimal dua tahun di universitas di luar Perancis.
5. Memenuhi persyaratan bahasa sebagai berikut:
a. Untuk program studi Seni dan Humaniora: pelamar mampu menulis dan membaca bahasa Prancis agar dapat memahami perkuliahan(setara B1 level).
b. Untuk program studi Sains: tidak dibutuhkan persyaratan bahasa tertentu

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Halaman pertama paspor.
2. Scan ijazah SMA/Sederajat.
3. Scan transkrip nilai universitas.
4. Motivation letter dengan panjang maksimal 3 halaman, font Times New Roman, 12 pt, spasi 1,5 dan 2000-5000 karakter termasuk spasi. Khusus bagi pelamar Bidang Seni dan Humaniora juga wajib melampirkan proyek studi di bidang pendidikan, bibliografi, beserta Curriculum Vitae (CV). Seluruh berkas tersebut harus ditulis dalam bahasa Prancis.
5. Bagi pelamar Bidang Sains juga melampirkan motivation letter dan proyek studi, namun dapat menggunakan bahasa Prancis atau Inggris.
6. 2 s/d 4 alamat email dan nomer telepon guru/dosen yang merekomendasikan pelamar. Pihak ENS akan menghubungi mereka secara langsung untuk meminta surat rekomendasi bagi pelamar.

CARA MENDAFTAR:
Untuk melakukan pendaftaran, lengkapi formulir aplikasi online pada link berikut: Admission.

Buatlah akun terlebih dahulu, kemudian upload berkas dokumen yang diminta pada formulir aplikasi. Batas waktu pendaftaran online sampai dengan 19 Oktober 2018 (Sains) dan 31 Oktober 2018 (Seni dan Humaniora). Pengumuman seleksi awal dilaksanakan pada 14 Desember 2018 (Seni dan Humaniora) dan 29 November 2018 (Sains) melalui email masing-masing peserta. Beberapa tes seleksi akan dilakukan seperti tes tulis maupun secara lisan. Pengumuman hasil akhir para penerima beasiswa dilaksanakan pada 21 Februari 2019 (Seni dan Humaniora) dan 7 Februari 2019 (sains).

Informasi lebih detail dapat menghubungi kontak berikut:
Pôle Concours – SAE
École normale supérieure
45, rue d’Ulm
75230 Paris cedex 05 – France
Phone : 33 (0) 1 44 32 28 01
atau mengunjungi website resminya pada: www.ens.fr. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar