Beasiswa S3 oleh HKPFS di Hong Kong

Hai Sobat Beasiswa.ID! Ada beasiswa menarik yang ditawarkan Research Grants Council (RGC) Hong Kong bagi peminat internasional yang ingin mendapatkan beasiswa S3 di universitas-universitas di Hong Kong. Programnya Hong Kong PhD Fellowship Scheme (HKPFS). Beasiswa S3 ini menyediakan pendanaan studi di 8 universitas terbaik Hong Kong selama periode PhD, yakni 3 tahun.

Beasiswa HKPFS terbuka bagi Anda yang ingin melanjutkan studi pada bidang sains, kedokteran, teknik, teknologi, humaniora, ilmu sosial, dan bisnis. Per tahunnya, beasiswa diberikan sebesar HK$ 301.200 (sekitar USD 38.600) serta tunjangan perjalanan penelitian dan konferensi per tahun sebesar HK$ 12.600 (sekitar USD 1.600).

Yang menarik, kuota beasiswa HKPFS 2019 – 2020 jumlahnya cukup besar, lebih dari 250 kursi disediakan tahun ini. Bagi penerima beasiswa yang membutuhkan biaya lebih dari tiga tahun untuk menyelesaikan studi PhD mereka, biaya tambahan dapat diberikan oleh lembaga yang dipilih.

Persyaratan:
1. Pelamar mendaftar ke program PhD penuh waktu di salah satu universitas berikut:
   ▪ City University of Hong Kong
   ▪ Lingnan University
   ▪ The Chinese University of Hong Kong
   ▪ The Education University of Hong Kong
   ▪ The Hong Kong Polytechnic University
   ▪ The Hong Kong University of Science and Technology
   ▪ Hong Kong Baptist University
   ▪ The University of Hong Kong
2. Pelamar harus menunjukkan kualitas yang luar biasa melalui prestasi akademik, kemampuan penelitian / potensial, komunikasi dan keterampilan interpersonal, dan kemampuan kepemimpinan.
Pendaftaran:
Pelamar yang memenuhi syarat beasiswa HKPFS terlebih dahulu mengisi formulir aplikasi inisial secara online HKPFSES (Hong Kong PhD Fellowship Scheme Electronic System) untuk memperoleh nomor referensi HKPFSES. Di formulir tersebut, pelamar dapat memilih hingga dua program studi di salah satu atau dua institusi yang tertera untuk tahun akademik 2019 – 2020. Deadline pendaftaran beasiswa HKPFS ini adalah 1 Desember 2018 pukul 12.00 waktu Hong Kong.
Nomor referensi HKPFSES yang telah diperoleh tersebut kemudian dicantumkan ketika mendaftar ke program PhD di universitas yang telah dipilih. Jika tidak memuatnya, pelamar tidak akan dipertimbangkan untuk beasiswa HKPFS.
Pendaftaran ke universitas, termasuk persyaratan dan aplikasi yang diperlukan silakan merujuk ke website masing-masing universitas atau program yang dilamar. Sebab, kemungkinan mereka menetapkan aturan yang berbeda. Pendaftaran beasiswa HKPFS tidak dikenakan biaya, namun pendaftaran ke universitas khususnya pada program PhD yang dilamar bisa saja ada biaya yang diminta.
Perlu dipahami, deadline pendaftaran ke universitas Hong Kong berbeda-beda, sehingga sebaiknya pelamar mengisi formulir aplikasi inisial lebih cepat sebelum mendaftar ke universitas. Berikut deadline masing-masing universitas dan alamat website:
▪ City University of Hong Kong – http://www.cityu.edu.hk/sgs/hkphd
   (Deadline: 1 December 2018)
▪ Lingnan University – http://www.ln.edu.hk/reg/info/phd
(Deadline: 2 December 2018)
▪ The Chinese University of Hong Kong – https://www.gs.cuhk.edu.hk/hkpfs
(Deadline: 3 December 2018)
▪ The Education University of Hong Kong  – https://www.eduhk.hk/gradsch/
(Deadline: 3 December 2018)
▪ The Hong Kong Polytechnic University – http://www.polyu.edu.hk/ro/hkphd-fellowship
(Deadline: 1 December 2018)
▪ The Hong Kong University of Science and Technology – http://www.ust.hk/hkpfs
(Deadline: 4 December 2018)
▪ Hong Kong Baptist University – http://gs.hkbu.edu.hk/
(Deadline: 1 December 2018)
(Deadline: 1 December 2018)
Seleksi beasiswa berdasarkan penilaian keunggulan akademik, kemampuan penelitian dan potensi, komunikasi dan kemampuan interpersonal, dan kemampuan kepemimpinan. Pengumuman hasil beasiswa HKPFS 2019/20 akan disampaikan pada April 2019. Terkait teknis beasiswa lainnya bisa ditanyakan melalui email: HKPF@ugc.edu.hk Semoga berhasil!

Tinggalkan pesan