Beasiswa Diploma, S1 dan S2 dari BDGS di Brunei Darussalam

Home / Info Beasiswa / Beasiswa D1 / Beasiswa Diploma, S1 dan S2 dari BDGS di Brunei Darussalam

Hai Sobat Beasiswa.ID! Selain beasiswa TDV, kini ada juga beasiswa yang lainnya dari Pemerintah Brunei Darussalam, lho. Brunai Darussalam Goverment Scholarship (BDGS) kembali dibuka bagi pelajar internasional (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah Diploma, S1, dan S2 pada universitas yang ada di Brunei Darussalam. Beasiswa yang diberikan bersifat beasiswa penuh. Berikut informasi selengkapnya.

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Bebas biaya perkuliahan hingga selesai masa kuliah (termasuk biaya pendaftaran, ujian, orientasi, dan sebagainya).
  2. Tiket pesawat kelas Ekonomi Indonesia – Brunei Darussalam pulang-pergi (PP) pada awal dan akhir masa perkuliahan.
  3. Tunjangan senilai BND$500.00 (± Rp 6,7juta) per bulan.
  4. Tunjangan uang makan senilai BND$150.00 (± Rp 2juta) per bulan.
  5. Tunjangan buku senilai BND$600.00 (± Rp 8juta) per tahun.
  6. Akomodasi/tempat tinggal.
  7. Tunjangan bagasi bagi penerima beasiswa yang telah menyelesaikan masa perkuliahan, maksimum senilai BND$250.00 (± Rp 3,3juta) untuk negara di wilayah ASEAN.
  8. Asuransi komprehensif selama masa beasiswa.

Pilihan Universitas dalam Beasiswa Brunei Darussalam adalah sebagai berikut:

1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)
UBD merupakan universitas pertama di Brunei Darussalam sekaligus universitas terbesar di negara ini berdasarkan jumlah mahasiswa serta berbagai kurikulum yang ditawarkan.
Program dan Bidang Studi yang ditawarkan:
Undergraduate Program (S1)
a) Bachelor of Arts (Geography, Environment & Development Studies;Historical Studies; Sociology-Anthropology; English Studies; Malay Language & Linguistics; Malay Literature; Brunei Studies; Design & Creative Industries)
b) Bachelor of Science (Applied Physics; Biology; Chemistry; Computer Science, Mathematics; Geology)
c) Bachelor of Business (Business Administration; Economics; Accounting &Finance)
d) Bachelor of Engineering (Energy Systems Engineering; Information and Communication Systems Engineering; Manufacturing Systems Engineering)
e). Bachelor of Health Science (Biomedical Science; Pharmacy; Nursing/Midwifery)

Graduate Program (S2)
a) Business & Economics (Business Administration, Management, Logistics, Economics, Islamic Finance)
b) Health Science (Public Health, Primary Health Care, Biomedial Sciences, Clinical Sciences, Nursing, Midwifery)
c) Education (Counseling, Teaching, Education)
d) Arts & Social Sciences (Anthropology, Art, English Literature, English Language and Linguistics, Environmental Studies, Geography, History, Malay Language and Linguistics, Malay Literature, Sociology, Professional Communication and the Media)
e) Science (Biodiversity, Biology, Biotechnology, Chemistry, Computer Science, Mathematics, Applied Physics, Geosciences)
f) Islamic Studies (Islamic Civilisation and Contemporary Issues)
g) Integrated Technologies (Chemical and Process Engineering, Systems Engineering)
h) Advanced Materials and Energy Studies (Energy Studies)
i) Policy Studies (Islamic Governance)

2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)
UNISSA merupakan universitas kedua yang terdapat di Brunei Darussalam yang didirikan pada tahun 2007 dengan program studi yang ditawarkan berkaitan dengan Studi Islam.
Program dan Bidang Studi yang ditawarkan:
Diploma
– Higher National Diploma in Shariah Criminal Justice System

Bachelor Program (S1)
– Bachelor of Usuluddin
– Bachelor of Shariah (Fiqh & Judiciary)
– Bachelor of Shariah (Fiqh & Usul)
– Bachelor of Arabic Language & Translation
– Bachelor of Islamic History & Civilisation
– Bachelor of Tafsir & Qira’at
– Bachelor of Science in Islamic Finance English
– Bachelor of Business Management
– Bachelor of Halal Science

Postgraduate Programmes
a) Faculty of Usuluddin (Master of Usuluddin)
b) Faculty of Shariah and Law (Master of Shariah, Master of Laws)
c) Faculty of Arabic Language (Master of Arabic Language)
d) Faculty of Islamic Development Management (Master of Islamic History and Civilization)
e) Faculty of Economics and Islamic Finance (Master of Islamic Banking and Finance, Master of Islamic Economics)
f) Mazhab Shafi’i Research Centre (Master of Mazhab Shafi’i)
g) Halalan Thayyiban Research Centre (Master of Halal Management, Master of Halal Laws)

3. Universiti Teknologi Brunei (UTB)
UTB adalah universitas teknik dan teknologi yang terdapat di Brunei Darussalam dengan spesialisasi pada bidang Teknik (Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Elektronik, Teknik Mesin, Perminyakan dan Teknik Kimia), Bisnis (Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen) serta Komputer.
Untuk Program dan Bidang Studi yang ditawarkan bisa dilihat pada website resminya: www.utb.edu.bn.

4. Politeknik Brunei (PB)
PB merupakan Politeknik yang didirikan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia dalam memproduksi tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan pendidikan tinggi.
Program dan Bidang Studi yang ditawarkan:
a) School of Information and Communication Technology (Diploma in Digital Media, Diploma in IT Network, Digital in Information Systems, Diploma in Web Development, Diploma in Library Informatics & Computing)
b) School of Business (Diploma in Business Accounting & Finance, Diploma in Business Studies, Diploma in Business Studies (Entrepreneurship), Diploma in Business Studies (Human Resource Management), Diploma in Business Studies (Marketing))
c) School of Science and Engineering (Diploma in Architecture, Diploma in Civil Engineering, Diploma in Electrical and Electronics Engineering, Diploma in Interior Design, Diploma in Mechanical Engineering, Diploma in Petroleum Engineering, Diploma in Science Technology (Chemical Laboratory Technology), Diploma in Telecommunications and Systems Engineering)
d) School of Health Sciences (Midwifery, Nursing, Paramedic, Dental Hygiene and Theraphy)

PERSYARATAN BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM:

1. Merupakan warganegara anggota ASEAN (termasuk Indonesia) atau Commonwealth atau OIC.
2. Telah mendapatkan nominasi dari pemerintah negara setempat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Kementerian Luar Negeri RI/ Kementerian Sekretariat Negara/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/ Kabupaten tempat tinggal asal).
3. Pelamar dinyatakan dalam kondisi yang sehat oleh dokter atau rumah sakit. Biaya untuk mendapatkan surat keterangan sehat tersebut ditanggung oleh pelamar.
4. Untuk pelamar program Diploma dan S1 berusia antara 18 s/d 25 tahun, dan bagi pelamar program S2 berusia maksimal 35 tahun per tanggal 31 Juli 2019.
5. Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam.
6. Penerima beasiswa tidak diperbolehkan mendapatkan beasiswa, fellowship, grant, atau pinjaman dari pihak lain tanpa persetujuan dari Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam.
7. Penerima beasiswa sebaiknya tidak membawa anggota keluarga selama masa penerimaan beasiswa. Tidak disediakan tunjangan pasangan atau anak bagi keluarga yang ikut menemani.
8. Penerima beasiswa tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang dibayar atau bekerja pada perwakilan negara manapun di Brunei Darussalam selama masa penerimaan beasiswa.
9. Setelah menyelesaikan perkuliahan, diharapkan penerima beasiswa dapat segera kembali ke negara asal.
10. Pelamar memenuhi persyaratan dari universitas dan program studi yang dituju (Lihat persyaratan pada link berikut: Program Studi BDGS. Kemudian pada bagian kiri pilih nama universitas/politeknik yang dituju)

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

1. Formulir pendaftaran Download
2. Pasfoto ukuran paspor (4 cm x 6 cm) terbaru.
3. Salinan resmi ijazah dan transkrip akademik yang telah dilegalisir (lampirkan bahasa Indonesia dan terjemahan bahasa Inggris)
4. Statement of Purpose (lihat di Formulir Pendaftaran)
5. Salinan resmi Akte Kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir
6. Salinan sertifikat Tes Bahasa Asing/Inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS/dll) tergantung persyaratan dari program studi yang dituju<br>6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
7. Surat Rekomendasi/Pernyataan Dukungan dalam bahasa Inggris (lihat di Formulir Pendaftaran) yang dapat diminta pada pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Kementerian Luar Negeri RI/ Kementerian Sekretariat Negara/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/Kabupaten tempat tinggal asal
8. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris untuk masing-masing dokumen yang tidak berbahasa Inggris

Catatan:
Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau atau terjemahan langsung dari pihak universitas dan telah dicap.

CARA PENDAFTARAN:
Untuk mendaftar Beasiswa Brunei Darussalam 2019 – 2020, pelamar dapat melengkapi seluruh persyaratan dan berkas dokumen di atas (termasuk persyaratan dari pihak universitas/politeknik yang dituju). Kemudian scan dan kirimkan softcopy seluruh berkas dokumen pendaftaran kepada email:
applyBDGS2019@mfa.gov.bn.
Selain itu, pelamar juga harus mengirimkan berkas dokumen (hardcopy) ditujukan kepada Kedutaan Besar Brunei Darussalam di Jakarta:
Kedutaan Besar Brunei Darussalam
Jalan Teuku Umar No. 9 Menteng 10350
Jakarta
Telp. +62-21-3190-6080

Khusus bagi pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam, juga harus mengisi Formulir Pendaftaran Online pada link berikut: apply.ubd.edu.bn .

Batas waktu pengiriman paling lambat tanggal 28 Februari 2019. Proses seleksi berdasarkan seleksi berkas dokumen yang diajukan dan seleksi wawancara (bisa melalui Skype). Informasi pengumuman pemenang biasanya akan diberitahukan melalui email atau dihubungi langsung oleh pihak Kedutaan Besar.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Beasiswa Brunei Darussalam 2019 & 2020, dapat menghubungi kontak Kedutaan Besar Brunei Darussalam di Jakarta pada nomer yang tertera di atas. Selain itu, anda juga dapat menghubungi Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam melalui Technical Assistance Division pada kontak berikut:
Technical Assistance Unit
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs
Jalan Subok, Bandar Seri Begawan, BD2710
Brunei Darussalam
Tel: +673 2261177 ext. 163 / 310
Fax: + 673 2261250
E-mail: scholarship@mfa.gov.bn

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat ya!