fbpx

Beasiswa Eiffel untuk S2 dan S3 di Perancis

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Eiffel untuk S2 dan S3 di Perancis

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bisa melanjutkan studi ke Perancis dengan beasiswa tentunya jadi kebanggaan tersendiri. Ada banyak beasiswa tersedia. Beasiswa Eiffel salah satunya. Tepatnya Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Perancis melalui Kementerian Luar Negeri Perancis bagi mahasiswa internasional (termasuk dari Indonesia) yang ingin melanjutkan studi pascasarjana mereka di lembaga perguruan tinggi Perancis. Beasiswa Eiffel terbuka untuk jenjang master dan PhD. Bagi Anda yang berminat, beberapa informasi berikut bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan mengikuti Beasiswa Eiffel 2020 tersebut.

Bidang studi yang ditawarkan:

  1. Hukum
  2. Ekonomi dan Manajemen
  3. Teknik (tingkat S2) / Sains dalam lingkup lebih luas (tingkat PhD). Ilmu teknik seperti Mathematics, Physics, Chemistry, the Life Sciences, Nano-and Biotechnology, Earth Sciences, Space Sciences, Environmental Sciences, serta Information and Communication Sciences and Technologies
  4. Ilmu Politik

Program ini menerima peserta yang akan melanjutkan level studi berikut:

  1. Master’s degree program
  2. Engineering program
  3. Joint-doctoral program

Persyaratan:

  1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis
  2. Berusia maksimal 30 tahun untuk pelamar program Master (lahir setelah bulan Maret 1989) atau maksimal 35 tahun untuk pelamar program PhD (lahir setelah bulan maret 1984) pada tahun 2020.
  3. Pengajuan beasiswa tidak diajukan sendiri tetapi diajukan oleh lembaga perguruan tinggi Prancis yang telah menyetujui aplikasi lamaran perkuliahan anda. Para pelamar yang diusulkan oleh lebih dari satu perguruan tinggi tidak akan dipertimbangkan dalam seleksi beasiswa.
  4. Beasiswa ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar program Master, Sekolah Teknik, maupun untuk mahasiswa Doktoral yang akan melakukan penelitian di Prancis sebagai bagian dari joint-doctoral program.
  5. Para pelamar yang telah mendapatkan beasiswa Pemerintah Prancis dari program beasiswa lain tidak dapat mengikuti beasiswa Eiffel.
  6. Bagi pelamar program Master: Pelamar yang sebelumnya telah ditolak pada saat proses seleksi beasiswa Pemerintah Prancis, tidak dapat mengikuti beasiswa Eiffel (walaupun mengajukan pendaftaran untuk bidang studi yang berbeda). Selain itu, pelamar yang sebelumnya telah mendapatkan Beasiswa Eiffel pada tingkat Master juga tidak dapat mengikuti beasiswa ini untuk jenjang yang sama.
  7. Bagi pelamar program PhD: Institusi pendidikan di Prancis diperbolehkan mengajukan calon yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa di tingkat Master untuk mendaftar beasiswa Eiffel tingkat PhD.
  8. Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa yang dibutuhkan oleh program studi dan universitas di Prancis yang dipilih.

Cakupan beasiswa:

  1. Tunjangan bulanan sejumlah 1.181 Euro untuk penerima beasiswa Master dan 1.400 Euro untuk penerima beasiswa PhD
  2. Tiket pesawat PP Indonesia – Prancis
  3. 2 tiket kereta api dari/ke lokasi kampus pada awal dan akhir beasiswa
  4. Penggantian biaya transportasi lokal
  5. Asuransi kesehatan
  6. Kegiatan kebudayaan
  7. Bantuan tempat tinggal

Biaya perkuliahan (tuition fee) tidak dicover oleh Eiffel Scholarship, namun para penerima beasiswa dari pemerintah Prancis yang mendaftar di universitas negeri di Prancis akan dibebaskan biaya perkuliahan.

Pendaftaran: 

Pengajuan aplikasi Beasiswa Eiffel 2020 tidak diajukan sendiri oleh peserta, tapi oleh universitas atau perguruan tinggi di Perancis yang dilamar. Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas yang diminati di Perancis sesuai dengan Area Studi yang tertera di atas, kemudian setelah diterima (memperoleh offer) mintalah agar Anda bisa diusulkan sebagai penerima Beasiswa Eiffel.

Batas waktu pengajuan beasiswa oleh universitas-universitas di Prancis ke pihak Campus France adalah 9 JANUARI 2020. Itu artinya peserta sudah harus mendaftar dan diterima di universitas sebelum itu dan meminta diikutsertakan dalam program beasiswa. Pengumuman hasil akan disampaikan mulai 23 Maret 2020.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Prancis di atas dapat menghubungi kontak berikut:
Campus France – Programme Eiffel
28 rue de la Grange-aux-Belles
75010 Paris
Email: candidatures.eiffel@campusfrance.org

Sumber Informasi Resmi: www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence

Semoga Berhasil!

Komentar

%d bloggers like this: