Beasiswa S2 dan S3 dari KGSP di Korea

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang berniat melanjutkan studi di Korea Selatan, Korean Govenment Scholarship Program (KGSP) kembali dibuka bagi para pelamar internasional, termasuk Indonesia. KGSP (Korean Government Scholarship Program) adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Korea bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini sangat menarik karena menanggung seluruh biaya, termasuk biaya kuliah dan biaya hidup. Beasiswa ini memiliki kuota total 830 kursi untuk 146 negara. Indonesia kebagian sekitar 26 kursi beasiswa pada 2019 – 2020. Sebanyak dua belas (12) beasiswa di antaranya bisa dilamar langsung melalui Kedubes Korea di Jakarta, sementara empat belas (14) beasiswa Korea sisanya dapat dilamar melalui universitas di Korea.

Pendidikan berlangsung sekitar dua tahun untuk program master dan tiga tahun untuk doktor. Plus akan menjalani kursus bahasa Korea sekitar setahun. Sehingga durasi total sekitar 3 tahun untuk master dan 4 tahun untuk Doktor. Biaya studi dan kursus tersebut akan ditanggung oleh Pemerintah Korea. Pemberian beasiswa program master di Korea dimulai 1 September 2019 – 31 Agustus 2022, sementara beasiswa S3 dimulai 1 September 2019 – 31 Agustus 2023. 

Beasiswa S2 dan S3 di Korea ini menawarkan banyak pilihan universitas dan juga program yang bisa diikuti. Ada sekitar 67 universitas Korea yang menjadi pilihan. Sebut saja misalnya Academy of Korean Studies, Ajou University, Chung-Ang University, Dankook University, Doungguk University (seoul Campus), Ewha Womans University, Hanyang University, Incheon National University, Inha University, Konkuk University, Kookmin University, Korea University, Korea Polythecnic University, Korea Development Institute (KDI School), dan banyak lagi. 

Beasiswa yang diberikan mencakup tunjangan hidup bulanan sebesar 900 ribu won, tunjangan penyisihan satu kali 200.000 won, tunjangan pemulangan 100 ribu won, tunjangan riset 210.000 won per semester untuk bidang ilmu sosial dan pengetahuan budaya, serta 240.000 won per semester untuk bidang sains, teknologi, dan teknik. 

Selain itu, disediakan pula biaya kursus bahasa Korea satu tahun dan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya cetak tesis/disertasi sekitar 500.000 – 800.000 won, asuransi kesehatan 20.000 won per bulan, dan tentunya tiket pesawat ke Korea dan kepulangan setelah menyelesaikan studi. Yang menarik, beasiswa Korea 2019 ini juga menyediakan tambahan tunjangan 100 ribu won per bulan jika Anda memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6.

Persyaratan:
1. Pelamar dan orang tua bukan warganegara Korea
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Berusia di bawah 40 tahun pada 1 September 2019 (lahir setelah 1 September 1979)
4. Pelamar memegang gelar sarjana atau master selambatnya 31 Agustus 2019
5. Pelamar yang memenuhi SEMUA syarat berikut dapat mendaftar sepanjang berusia di bawah 45 tahun:
    a) Sedang bekerja sebagai profesor ketika mendaftar
    b) Merupakan warganegara dari salah satu negara yang ditetapkan (salah satunya Indonesia)
6. IPK paling rendah 2.64 pada skala 4.0, 2.80 untuk skala 4.3, dan 2.91 pada skala 4.5.
7. Pelamar yang memiliki sertifikat kemampuan bahasa Korea atau Inggris bisa diberikan prioritas
8. Pelamar yang mendaftar pada bidang sains dan teknik bisa memperoleh prioritas
9. Pelamar yang merupakan profesor dari perguruan tinggi negara berkembang bisa mendapat prioritas
10. Mereka yang telah mengundurkan dari beasiswa setelah terpilih sebagai penerima KGSP tahun-tahun sebelumnya TIDAK berhak mengajukan permohonan.

Catatan: Beasiswa tidak berlaku bagi mereka yang sebelumnya sudah pernah menjalankan studi atau kuliah di universitas Korea.

Dokumen Aplikasi:

Dokumen aplikasi beasiswa

Pendaftaran:
Ada dua cara mendaftar beasiswa KGSP 2019 Pemerintah Korea. Silakan pilih salah satu. Pertama, pelamar dapat mendaftar melalui Kedubes Korea di Jakarta atau mendaftar langsung ke salah satu universitas Korea yang diminati.

Lengkapi dokumen aplikasi yang diperlukan. Untuk formulir pendaftaran, panduan, dan informasi universitas tujuan, Anda dapat mengunduhnya melalui laman Kedubes Korea. Selain dokumen aplikasi, Anda juga harus menyertakan terjemahan resmi dokumen ke dalam Bahasa Inggris atau Korea jika bahasa aslinya dalam bahasa Indonesia. Terjemahan tersebut harus disahkan oleh perguruan tinggi atau notaris. 

1) Pendaftaran melalui Kedubes Korea: 
Siapkan 1 rangkap dokumen asli/legalisir beserta terjemahannya. Kecuali Recommendation letter butuh 8 (2*4) lembar original. Harap disusun sesuai checklist dan tidak boleh memakai clear file. Lalu kirim via pos ke: 

Kedutaan Besar Korea, 
Jl. Gatot Subroto Kav. 57 
Jakarta 12950

*Tuliskan pada amplop: KGSP

Pelamar dapat memilih 3 universitas dan 3 jurusan jika melamar melalui Kedubes Korea ini. Batas akhir pendaftaran adalah 26 Februari 2019. Kontak: 021-2967-2555 (08.30 – 17.00).

2) Pendaftaran melalui Universitas: 
Siapkan 1 rangkap dokumen aplikasi asli/legalisir beserta terjemahannya, kemudian kirimkan ke salah satu universitas Korea yang ingin dilamar. Daftar universitas Korea tertera di pedoman aplikasi. Anda bisa menghubungi langsung universitas bersangkutan atau mengecek ke website universitas untuk pengajuan beasiswa KGSP 2019 (tertera di panduan). Deadline tiap universitas mungkin berbeda, di sekitar Februari atau Maret.

1 thought on “Beasiswa S2 dan S3 dari KGSP di Korea”

  1. Pingback: Beasiswa S3 dari Kemenristekdikti - Informasi Beasiswa - Info Bea Siswa Dalam Dan Luar Negeri Terbaru

Tinggalkan pesan