Beasiswa S2 di Institut Teknologi Konfederasi Zurich, Swiss

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang ingin meneruskan program studi S2 di negara Swiss, mungkin beasiswa satu ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu. ETH Zurich atau Institut Teknologi Konfederasi Zurich, Swiss kini sedang menawarkan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 di kampus tersebut.

ETH Zurich menawarkan dua jenis beasiswa yang dibuka secara bersamaan , yaitu Excellence Scholarship & Opportunity Programme (ESOP) dan  ETH-D Scholarship.

Beasiswa ESOP merupakan beasiswa penuh yang mencakup biaya studi dan biaya hidup sebesar CHF 12.000 per semester serta pembebasan biaya kuliah selama mengambil program master di ETH Zurich. Penerimanya juga mendapatkan supervisi khusus oleh pihak kampus. Beasiswa diserahkan saat memulai program master reguler (tiga atau empat semester).

Sementara, beasiswa ETH-D adalah beasiswa parsial yang menanggung sebagian biaya studi dan biaya hidup. Nilainya sekitar CHF 7.500 per semester dan peserta dibebaskan dari biaya kuliah. Departemen dapat menyediakan beasiswa tambahan senilai CHF 3.000 per semester atau menawarkan pendampingan mulai semester kedua dan seterusnya dengan pembayaran CHF 500 – 600 per bulan. Beasiswa ini juga diberikan saat program master dimulai.

Persyaratan:

1. Beasiswa terbuka untuk mahasiswa berprestasi, baik dari ETH atau universitas lain (nasional/internasional) yang ingin meraih gelar master di ETH Zurich.
2. Memiliki prestasi akademik yang sangat memuaskan saat di program sarjana (10 persen terbaik di program sarjana = grade A)
3. Nomor telepon yang ditentukan bisa dijangkau (Proses selekesi termasuk wawancara via Skype pada bulan Februari)

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Tersedia mulai 1 Nov – 15 Desember 2019)
2. ESOP letter of motivation (1 – 2 halaman)
3. Pra-proposal tesis master (Unduh)
4. CV
5. Dua surat rekomendasi dari profesor

Pendaftaran:

Lengkapi dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas dan kirimkan via pos (tanggal cap pos) ke:
ETH Zurich
Financial Aid Office
Rämistrasse 101, HG F 22.1
CH-8092 Zurich
Switzerland 

Pendaftaran dan pengajuan aplikasi dibuka mulai 1 November s/d 15 Desember 2019 untuk tahun akademik 2020 – 2021. Sebaiknya ajukan di masa pendaftaran dibuka.

Jika Anda mendaftar ke program master lebih dari satu, silakan ajukan formulir aplikasi beasiswa terpisah untuk masing-masing program.
Pengajuan beasiswa harus dilakukan bersamaan dengan pendaftaran program master ke ETH Zurich (www.ethz.ch) secara online. Aplikasinya terpisah. Permohonan beasiswa tidak bisa diajukan pelamar jika sudah menjalani kuliah di ETH Zurich. 

Seleksi:

Aplikasi dievaluasi oleh Komite Penerimaan dari program Master masing-masing. Keputusan akhir untuk pemberian beasiswa ESOP dan Beasiswa ETH-D ada di tangan Rektor ETH. Jumlah beasiswa tahunan tergantung pada ketersediaan dana. Keputusan dikomunikasikan kira-kira pertengahan Maret. Semoga berhasil!

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada, Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak berikut :

ETH Zurich
Financial Aid Office
Rämistrasse 101
HG F22.1
8092 Zurich
Switzerland

Telp. +41 44 632 20 40 /
+41 44 632 20 88
E-mail: studienfinanzierung@sts.ethz.ch

Selamat mencoba dan semoga berhasil!