Beasiswa S3 dari Pemerintah Kanada

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S3 dari Pemerintah Kanada

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, mungkin beasiswa satu ini bisa kamu pertimbangkan. Pemerintah Kanada kembali menawarkan beasiswa S3 kepada mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi di universitas-universitas yang ada di Kanada.

Beasiswa Pemerintah Kanada juga biasa disebut dengan Vanier Canada Graduate Scholarships (Vanier CGS). Beasiswa ini tak hanya ditujukan bagi mahasiswa setempat namun juga mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Beasiswa S3 Vanier CGS merupakan beasiswa S3 riset yang berdurasi selama 3 tahun. Area riset yang menjadi fokus beasiswa ini adalah riset kesehatan, riset ilmu-ilmu alam dan/atau teknik, serta penelitian di bidang ilmu sosial dan humaniora. 

Baca Juga : Beasiswa S3 di RMIT University, Australia

Nominal beasiswa yang disediakan cukup besar, yakni $50.000 per tahun dan diberikan selama 3 tahun. Tahun 2019 ini, kuota beasiswa yang tersedia 166 beasiswa yang disebar ke sejumlah perguruan tinggi atau universitas di Kanada untuk tahun akademik yang dimulai 2020.

PERSYARATAN :

1. Warga Kanada, penduduk tetap Kanada dan warga negara asing memenuhi syarat untuk dinominasikan untuk Vanier CGS.
2. Dicalonkan oleh satu perguruan tinggi Kanada, yang memperoleh kuota Vanier CGS (lihat daftar kuota)
3. Sedang mengejar gelar doktor pertamakali (termasuk joint program sarjana/pascasarjana seperti: MD/PhD, DVM/PhD, JD/PhD – jika memiliki komponen penenelitian yang signifikan dan diperlihatkan). Perhatian bahwa hanya bagian PhD dari gelar gabungan yang memenuhi syarat untuk pendanaan
4. Berniat untuk mengejar, di semester musim panas atau tahun akademik setelah pengumuman hasil, studi dan penelitian doktor penuh waktu (atau program pascasarjana bersama seperti: MD/PhD, dVM/PhD, JD/PhD) di lembaga nominasi; Perhatian bahwa hanya bagian PhD dari gelar gabungan yang memenuhi syarat untuk pendanaan
5. Belum menyelesaikan studi doktoral lebih dari 20 bulan per 1 Mei 2020 
6. Meraih predikat first-class (setara cumlaude), sebagaimana yang ditentukan oleh perguruan tinggi Anda 
7. Tidak meraih, atau sudah memperoleh beasiswa jenjang doktor atau fellowship dari CIHR, NSERC, atau SSHRC untuk mengambil atau menyelesaikan gelar doktor

Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa Pemerintah Kanada tidak diajukan langsung oleh pelamar ke penyelenggara Vanier CGS. Tapi melalui usulan oleh pihak fakultas atau program pascasarjana dari universitas yang dilamar. Jadi, ketika mendaftar ke salah satu universitas, mintalah juga mereka untuk mengusulkan Anda sebagai penerima beasiswa Vanier CGS. Usulan yang diterima dari pihak kampus tersebut nantinya yang akan diteruskan ke Vanier CGS untuk diseleksi. 

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 di University of New England, Australia

Meski begitu, untuk mendapatkan nominasi dari pihak kampus, pelamar tetap harus mengikuti prosedur dan ketentuan dari masing-masing kampus. Salah satunya adalah mengisi formulir researchnet, kemudian di-print dan diserahkan ke fakultas atau unit pascasarjana dengan menyertakan dokumen-dokumen lain yang diminta. 

Deadline pengajuan nominasi ini berbeda-beda tiap kampus. Misalnya McGill University batas pengajuan nominasi adalah 19 September 2019

Selanjutnya batas akhir pengusulan nominasi ke Vanier CGS oleh pihak kampus adalah 6 November 2019. Penilaian dan evaluasi nominasi akan dilakukan mulai November 2019 – Maret 2020. Pengumuman hasil seleksi pada awal April 2020 yang akan diberitahukan melalui email. Pembayaran beasiswa sendiri dimulai 1 Mei 2020 yang dibayarkan setiap tahun.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa bisa dilihat di laman Vanier CGS (www.vanier.gc.ca).

Selamat mencoba dan semoga berhasil!