Beasiswa SMP, SMA dan S1 dari Yayasan Amal Abadi

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa SMP, SMA dan S1 dari Yayasan Amal Abadi

Bagi kamu pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia, silahkan mencoba tawaran beasiswa yang rutin ditawarkan setiap tahunnya berikut ini. BEASISWA ORBIT H.A.H (Hasri Ainun Habibie) yang ditawarkan oleh Yayasan Amal Abadi merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia yang mempunyai potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga. Berikut informasi selengkapnya.

Perbedaan utama Beasiswa ORBIT H.A.H dengan beasiswa lainnya adalah beasiswa tersebut tidak semata-mata memberikan bantuan dana saja, tetapi juga memberikan bantuan pelatihan dan pembekalan pada setiap Anak Bimbing (Anbim) supaya mereka dapat menjadi lulusan yang tidak hanya cerdas di bidang akademis, tetapi juga menjadi SDM yang beriman, taqwa, terampil dan profesional serta mampu mengubah masa depan Indonesia menjadi lebih baik.

Penerima beasiswa adalah siswa yang duduk di kelas 9 SMP/Sederajat, siswa kelas 10 s/d 12 SMA/SMK/Sederajat, dan Mahasiswa Semester 1 s/d Semester 8 dari Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia. Bantuan beasiswa akan diserahkan pada masing-masing penerima beasiswa sesuai dengan keperluan yang dirasa paling mendesak, seperti untuk biaya transportasi, kos, buku, makanan ekstra untuk menambah gizi, les tambahan, kursus, dan lain-lain.

A. KRITERIA DAN PERSYARATAN BEASISWA REGULER UNTUK JENJANG SMA

CAKUPAN BEASISWA:

Bantuan pendidikan sebesar Rp 400.000,- per bulan untuk jangka waktu satu tahun ajaran atau 12 bulan.

PERSYARATAN:

  1. Berasal dari keluarga kurang sejahtera.
  2. Merupakan pelajar kelas 9 SMP/Sederajat dan akan segera masuk SMA dengan rata-rata nilai rapor minimal 8,0 ATAU pelajar kelas 10 s/d 12 SMA/SMK/Sederajat.

B. KRITERIA DAN PERSYARATAN BEASISWA REGULER UNTUK JENJANG PERGURUAN TINGGI

CAKUPAN BEASISWA:

Bantuan pendidikan sejumlah Rp 750.000,- per bulan untuk jangka waktu satu tahun ajaran atau 2 semester.

PERSYARATAN:

  1. Berasal dari keluarga kurang sejahtera.
  2. Sedang menjalani pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi (terbuka untuk pelamar dari semester 1 s/d 8) dengan IPK minimal 3,0 ATAU lulusan SMA/SMK/Sederajat ATAU pelajar yang sedang menempuh sekolah kelas 12 SMA/SMK/sederajat dan akan segera masuk Perguruan Tinggi dengan nilai rata-rata rapor SMA minimal 8,0.

CARA MENDAFTAR (UNTUK SELURUH JENJANG) :

  1. Mengisi formulir pendaftaran (Bagi calon pendaftar bisa menghubungi panitia penyelenggara melalui email: yaaborbitpusat@yahoo.com untuk mendapatkan formulir pendaftaran dan persyaratan).
  2. Foto copy Raport/IP per-semester (mulai dari semester 1 s/d semester terakhir diterima).
  3. Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/Kepala Desa setempat.
  4. Foto copy bukti pembayaran SPP semester terakhir.
  5. Foto copy Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau Kartu pelajar.
  6. Foto copy kartu keluarga (KK).
  7. Slip gaji (jika orangtua PNS/Karyawan Swasta/buruh PT) ATAU Surat Keterangan Penghasilan Orangtua yang ditandatangani oleh RT (jika orangtua buruh harian lepas/wiraswasta dll).
  8. Foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (1 ditempel di formulir).
  9. Data-data yang dapat menjadi penunjang (jika ada):
    • Membuat tulisan yang menerangkan alasan saudara layak memperoleh beasiswa
    • Foto copy surat tunggakan SPP dari sekolah/kampus (jika ada tunggakan)
    • Foto copy surat kematian orangtua (Jika orangtua sudah wafat)

Formulir dan Persyaratan Pengajuan Beasiswa dikirimkan pada alamat berikut:

Sekretariat YAAB-ORBIT HAH
Kindo Square Blok A.10
Jl. Duren Tiga Raya No. 101
Jakarta Selatan 12740

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 28 FEBRUARI 2019. Apabila jumlah pendaftar sudah dianggap cukup, maka pendaftaran bisa ditutup sebelum tanggal di atas. Proses seleksi akan dilakukan selama bulan Maret s.d Juni 2019.

Panitia penyelenggara akan melakukan verifikasi terhadap data yang masuk. Jika ditemukan ketidakjujuran dalam pemberian data, maka pendaftaran beasiswa tidak hanya ditolak, tetapi pelamar tidak akan bisa mengajukan beasiswa di tahun-tahun selanjutnya.

Perlu dipahami Beasiswa Orbit H.A.H hanya ditujukan bagi siswa/mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang sejahtera. Jangan ambil hak mereka dengan mengajukan beasiswa, jika anda berkecukupan.

Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi ini, jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Orbit H.A.H dapat menghubungi kontak berikut:

Yayasan Orbit H.A.H
Kindo Square Blok A-10
Jl. Duren Tiga Raya No. 101 Jakarta Selatan 12740
Telp./Fax: 021 – 2753 4429

Email: yaaborbitpusat@yahoo.com dan
info@orbitainunhabibie.or.id

Selamat mencoba dan Semoga Berhasil!