fbpx

Beasiswa S2 dan S3 di Universiti Kebangsaan Malaysia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dan S3 di Universiti Kebangsaan Malaysia

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa S2 maupun S3 diluar negeri, terutama di negeri Jiran, mungkin beasiswa ini bisa menjadi pilihan kamu. Salah satu kampus ternama di Malaysia, yakni Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) kini sedang menawarkan beasiswa S2 dan S3 bagi pelajar lokal maupun internasional. Beasiswa tersebut menyasar pelamar yang ingin meraih gelar master (MSc) maupun doktor (PhD) riset di UKM.

Kandidat Indonesia tentunya di antara yang mendapatkan peluang mengajukan beasiswa UKM tersebut. Tidak saja beasiswa full, ada juga beasiswa parohan yang menanggung hampir keseluruhan biaya studi di Malaysia. UKM menawarkan dua jenis beasiswa sekaligus, yakni Gold Scholarship dan Silver Scholarship yang merupakan bagian dari skema UKM Vice-Chancellor Scholarship.

Baca Juga : Beasiswa Riset, S2, dan S3 dari Pemerintah Jepang

Beasiswa Gold menanggung pembebasan dari semua biaya kuliah di UKM, seperti biaya kuliah semester, pendaftaran, serta biaya layanan dan kegiatan (termasuk tesis dan pertemuan). Selain itu, penerima beasiswa juga memperoleh tunjangan hidup RM 3.200 per bulan untuk PhD dan RM 2.200 per bulan untuk MSc.  Kemudian mendapatkan tunjangan akomodasi sebesar RM 300 per bulan, tiket pesawat pp Malaysia, dan biaya visa.

Sementara beasiswa Silver, UKM menyediakan pembebasan biaya kuliah semester serta biaya pendaftaran, tunjangan hidup bulanan RM 2.000 untuk PhD dan RM 1.500 untuk PhD. Serta tunjangan akomodasi RM 300 per bulan. Tiket pesawat pp dan biaya visa tidak tersedia di program beasiswa Silver.

Persyaratan:
1. Kandidat tidak boleh menerima bantuan / beasiswa dari sponsor / Federal / Negara atau Badan Hukum lainnya atau menerima gaji atau tunjangan atau pembayaran lain dari lembaga atau perusahaan mana pun;
2. Kandidat juga harus bebas dari hutang atau biaya kuliah sebelumnya dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
3. Formulir aplikasi dapat diunduh dari website UKM Graduate Centre/Pusat Siswazah
4. Kandidat menulis sebuah esai yang menjelaskan mengapa UKM harus memilih Anda sebagai penerima beasiswa
5. Kandidat mengisi formulir aplikasi dengan menyerahkan bersama dokumen pendukung ke awardsandscholarship@ukm.edu.my

Persyaratan khusus:
Master:
1. Calon harus telah memperoleh gelar sarjana dengan IPK minimal 3.67 atau Cumlaude atau setara dari universitas terkemuka dan harus menunjukkan kredibilitas sebagai sarjanawan
2. Calon harus terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu master by Research atau Mode Campuran.

PhD:
1. Calon harus telah memperoleh gelar Master atau setara dari universitas terkemuka
2. Calon harus telah menerbitkan setidaknya DUA (2) artikel di jurnal Q2 dan di atasnya sebagai penulis mahasiswa pertama (untuk beasiswa Gold)
3. Calon harus telah menerbitkan setidaknya DUA (2) artikel di jurnal Q3 dan di atasnya sebagai penulis mahasiswa pertama (untuk beasiswa Silver)
4. Untuk PhD Fast Track, kandidat harus memiliki kualifikasi Gelar Sarjana dengan IPK minimal 3.67 atau Cumlaude atau setara dari universitas terkemuka DAN harus menunjukkan kredibilitas sebagai sarjanawan.

Dokumen aplikasi:
1. formulir aplikasi (Unduh)
2. 1 Lember pasfoto ukuran paspor
3. Salinan KTP/Paspor
4. Salinan ijazah dan transkrip sarjana dan magister dilegalisir
5. Halaman depan artikel yang telah diterbitkan (khusus PhD)
6. Halaman depan formulir pendaftaran online ke UKM
7. Proposal penelitian
8. Esai ringkas mengapa UKM perlu memilih Anda untuk beasiswa ini
9. Curriculum Vitae

Baca Juga : Beasiswa S2 dari International Water Center (IWC)

Pendaftaran:
Sebelum mendaftar ke program beasiswa, Anda terlebih dahulu harus mendaftar kuliah ke UKM: www.ukm.my/join dan memilih program master atau doktor riset yang diminati. Setelah mendaftar kuliah, sertakan bukti formulir pendaftaran kuliah tersebut bersama dokumen aplikasi yang diminta lainnya di atas. Lalu kirim ke email: awardsandscholarship@ukm.edu.my

Atau bisa juga dikirim ke alamat:
Pengarah / Director
Pusat Siswazah UKM/ The UKM Graduate Centre
Universiti Kebangsaan Malaysia
43600 UKM Bangi, Selangor Darul Ehsan,
Malaysia.

Dokumen aplikasi diterima paling lambat 6 Juli 2020. Jika diterima, Anda akan diberitahu melalui email setelah proses seleksi menyeluruh oleh panitia seleksi. Pelamar akan diberitahu satu bulan setelah batas waktu pendaftaran berakhir. Jika ada keterlambatan, pelamar akan diinformasikan melalui email.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut silahkan menghubungi kontak berikut :

The UKM Graduate Centre
National University of Malaysia
43600 UKM Bangi, Selangor
Malaysia
[t] 03-8921-3100/5162/4612
[e] graduate@ukm.edu.my
[w] www.ukm.my/pusatsiswazah

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Komentar

%d bloggers like this: