fbpx

Beasiswa S2 di Belanda

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 di Belanda

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi gelar Master di eropa, khususnya Belanda, mungkin beasiswa ini bisa menjadi pilihan kamu. Nuffic Neso Indonesia kini kembali menawarkan beasiswa S2 yang rutin tersedia dalam skema StuNed (Studeren in Nederland) yang memiliki beberapa pilihan. StuNed – Master adalah satu diantara pilihan tersebut.

Beasiswa StuNed – Master merupakan beasiswa S2 untuk durasi kuliah 12 – 24 bulan dengan banyak pilihan program studi. Selain menawarkan tanggungan biaya kuliah (20.000 Euro maksimum per tahun), diberikan pula biaya hidup bulanan, biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya lain yang diperlukan untuk kebutuhan studi. Jadi, beasiswa StuNed Master merupakan satu di antara beasiswa full ke Belanda.

Meski begitu, StuNed mendorong pelamar untuk ikut serta dalam skema co-funding untuk elemen biaya StuNed, berupa tuition fee, living cost, maupun tiket pesawat. Keikutsertaan dalam skema co-funding akan diperhitungkan dalam proses seleksi (menambah peluang untuk mendapatkan beasiswa).

Peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa juga bisa diperoleh jika anda mempunyai surat penerimaan tanpa syarat (unconditional LoA) di program studi dan institusi yang berpartisipasi di dalam skema co-funding. 

Program Beasiswa StuNed sendiri merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia. Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 berbahasa pengantar Inggris di universitas-universitas Belanda. 

Beasiswa StuNed 2020 – 2021 terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Kecuali untuk perkuliahan jarak jauh dan joint-program antar universitas. Prioritas diberikan pada bidang studi yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda.

Pilihan Bidang Studi: 

  1. Transport, (Agro) logistic and Infrastructure:
    Maritime Economics and Logistics; Transport, Infrastructure and Logistics; Maritime Economics and
    Logistics; Logistics Management; Operations Management and Logistics; International Logistics, SCM and Procurement; Supply Chain Management; Environmental and Infrastructure Planning; Civil Engineering; Urban Management and Development; Coastal Engineering and Port Development; Coastal and Marine Engineering and Management; Urban and Regional Planning.
  2. Security and Rule of Law:
    International Law; International and European Law, Commercial Law; International Business Law; International Trade and Investment Law; International Business Tax Law; International Human Rights Law, Arbitration and Business Law; Global Criminal Law; Law and Digital Technologies; Intellectual Property Law and Knowledge Management; International Human Rights and Criminal Justice; Gender and Conflict Studies, International Relations; International Economics.
  3. Agri-food and Horticulture:
    Organic Agriculture; Agricultural Water Management for Enhanced Land and Water Productivity; Food and Environmental Studies; Plant Sciences; Geo-information Science; Development and Rural Innovation; Land and Water Development for Food Security; Integrated River, Lowland and Coastal Development and Management Planning – Land and Water Development
  4. International Trade, Finance, and Economics:
    Finance – Financial Markets and Regulation; Finance & Investments; Finance – Risk Management; International Economics & Business; Fiscal Economics; Business Administration: Specialization in Financial Management; Small Business and Entrepreneurship

Persyaratan Umum:

1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor
2. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00) dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
3. Telah diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda dibuktikan dengan Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
4. Diutamakan bagi pelamar dengan pengalaman kerja yang relevan (minimal 3-4 tahun), terutama mereka yang mempunyai kualitas kepemimpinan dan potensi kewirausahaan. Bagi karwayan/pegawai harus mendapatkan persetujuan dari institusi dibuktikan dengan pernyataan resmi pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa staf tersebut diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir pendaftaran StuNed. Tidak diperuntukkan bagi pelamar dari perusahaan multinational dan NGO internasional.
5. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 90, atau IELTS minimal 6.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.
6. Pernyataan kesediaan mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.
7. Berusia maksimal 40 tahun pada saat 31 Desember 2020.
8. Tidak sedang menempuh atau sudah memiliki gelar S2 dari dalam maupun luar negeri.

Dokumen aplikasi:

1. Formulir aplikasi online
2. Surat penerimaan (unconditional admission letter) dari institusi perguruan tinggi Belanda pada perkuliahan yang dilamar 
3. Sertifikat TOEFL IBT minimum skor 90 atau IELTS minimum skor 6.5
4. SK untuk pegawai pemerintah atau Kontrak Kerja untuk yang lain (jika ada)
5. Ijazah dan transkrip S1 dan S2 (jika ada)
6. KTP atau paspor
7. Pasfoto warna terbaru (3×4)

Pendaftaran:

 Pendaftaran Beasiswa StuNed 2020 kini dibuka secara online. Buat akun di laman Neso Indonesia, kemudian lengkapi formulir aplikasi online dan unggah dokumen aplikasi yang diminta di laman tersebut. Aplikasi diajukan paling lambat 3 Maret 2020 untuk perkuliahan yang dimulai September 2020.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut silahkan menghubungi kontak berikut :

e: stunedcontact@nesoindonesia.or.id
[WA] +62 811 9408 146
[T] +62 (21) 5085 8787
[W] www.nesoindonesia.or.id

Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Komentar

%d bloggers like this: