Beasiswa Training Guru ke Jepang 2017 (SD, SMP, SMA/SMK/MA)

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Training Guru ke Jepang 2017 (SD, SMP, SMA/SMK/MA)
Kesempatan beasiswa training guru ke Jepang kembali dibuka Pemerintah Jepang 2017. Beasiswa ini disebut juga dengan Teacher Training Program. Sebuah program penataran guru yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidang. Beasiswa ini sendiri termasuk dari salah satu Beasiswa Monbukagakusho yang ditawarkan Pemerintah Jepang. Para guru akan diberikan pelatihan cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal lain yang bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan guru.
Beasiswa pelatihan guru ke Jepang 2017 ini berlangsung 1 tahun 6 bulan dan termasuk program non gelar. Pada 6 bulan pertama, kandidat terpilih akan belajar bahasa Jepang yang dimulai Oktober 2017. Sasaran dari beasiswa ini adalah guru SD, SMP, SMA, SMK, MA, dan sederajat.
Yang menarik dari beasiswa training guru di Jepang ini adalah pelamar diberikan beasiswa tanpa perlu ikatan dinas, kemudian disediakan tiket pesawat pp Indonesia – Jepang, biaya pendidikan ditanggung penuh, ditanggung biaya pembuatan visa pelajar, serta diberikan tunjangan hidup ¥ 143.000 per bulan (± Rp 16 juta) yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang. Selain itu, beberapa universitas menyediakan tempat tinggal (biaya dikelola dari tunjangan hidup yang diberikan) untuk para peserta, dan khusus untuk universitas yang tidak menyediakan tempat tinggal, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan. Menarik bukan?
Persyaratan: 
1. Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/pengajar
2. Lulusan minimal S1 atau D4
3. Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2017
5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2017
7. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
8. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang

Dokumen aplikasi: 
1. Formulir aplikasi, harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Unduh)
2. Pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / sesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi)
3. Fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
4. Fotokopi transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
5. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap basah asli oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibuat dalam bahasa Inggris (Unduh contoh)
6. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris dalam form yang tersedia (Unduh)
* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4. Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta.
Pendaftaran: 
▪ Pendaftaran dibuka pada 30 November 2016 dan ditutup pada 3 Januari 2017.
▪ Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat menyerahkan langsung/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen aplikasi diserahkan langsung/dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24 
Jakarta 10350
Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 3 Januari 2017. Mohon tuliskan kode “Teacher Training 2017” pada bagian kanan atas amplop.
▪ Dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.
*Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

Tahap seleksi:
1. Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 27 Januari 2017. Bagi yang lulus seleksi berkas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.
2. Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Jadwal ujian tertulis akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi berkas)
3. Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta. (Jadwal seleksi wawancara akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi ujian tertulis)
4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
5. Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2017.
Contoh Universitas & Bidang Study
Daerah Hokkaido hingga Chubu » www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide01en.pdf
Daerah Kinki hingga Okinawa » www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide02en.pdf
Nah, bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru dan ingin meningkatkan keahlian dan profesionalisme, beasiswa training guru 2017 dari Pemerintah Jepang ini patut Anda coba.

Pertanyaan terkait beasiswa bisa diajukan melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp

Komentar