fbpx

Beasiswa S1 dari Program Beasiswa Utusan Daerah

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa S1 dari Program Beasiswa Utusan Daerah

Hai Sobat Beasiswa.ID! Satu lagi beasiswa S1 untuk lulusan SMK/SMA/sederajat. Program Beasiswa Utusan Daerah (BUD) merupakan cara penerimaan mahasiswa program Sarjana dan Pascasarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta, yang apabila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa IPB Program BUD.

Latar belakang diselenggarakan Beasiswa IPB Program BUD:

  • Pengalaman berbagai negara dan daerah maju membuktikan, SDM dan IPTEKS berkualitas penting bagi percepatan dan penguatan pembangunan, termasuk pembangunan pangan serta pertanian dalam arti luas guna peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.
  • Peningkatan kualitas SDM dan IPTEKS merupakan tanggung jawab bersama, terutama oleh pendidikan tinggi, pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat.
  • Dalam rangka meningkatkan jumlah serta pemerataan SDM dan IPTEKS berkualitas bagi pembangunan, IPB dengan motto “Mencari dan Memberi yang Terbaik”, membuka jalur khusus, yaitu Beasiswa Utusan Daerah (BUD) bagi putra-putri Indonesia berprestasi dari berbagai daerah untuk menjadi mahasiswa IPB.

Baca Juga : Beasiswa S1 dari Karya Salemba Empat

Pada jalur BUD, mahasiswa harus memiliki sponsor atau penyandang dana untuk membiayai perkuliahannya selama masa studi. Pendaftaran harus dilakukan secara kolektif dari lembaga penyandang dana, sehingga mulai saat ini anda dapat menghubungi lembaga-lembaga tersebut (seperti dinas pendidikan daerah/pemda setempat atau perusahaan/lembaga swasta di daerah setempat) untuk mencari peluang menjadi sponsor/penyandang dana perkuliahan anda. Silahkan melihat Daftar Mitra Penyandang Dana dari tahun-tahun sebelumnya sebagai referensi pada tautan berikut:

PERSYARATAN & KRITERIA :

Merupakan Lulusan SMA/MA/SMK berbasis IPA yang berpotensi, direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Berusia tidak lebih dari 25 tahun.
  2. Memiliki nilai rapor SMA/Sederajat yang baik, minimal 7.00 (skala 10.00) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi selama 5 semester pertama.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Bebas Narkoba
  5. Bersedia tinggal di Asrama PPKU-IPB pada tahun pertama.

CARA MENDAFTAR :

Pendaftaran dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Instansi Sponsor. Pendaftaran dilakukan secara online pada website resmi: admisi.ipb.ac.id

Periode pendaftaran dari tanggal 1 Maret s/d 18 Mei 2019. Selanjutnya proses seleksi calon mahasiswa jalur BUD akan dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 15 Juni 2019 dan akan diumumkan pada 12 Juli 2019 melalui website admisi IPB. Periode Registrasi dilaksanakan pada 1-2 Agustus 2019.

Baca Juga : Beasiswa S1 dari IDCloudHost di Telkom University

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu untuk menyebarkan informasi. Jika ada yang di tanyakan silahkan hubungi kontak berikut :

Sekretariat BUD Program Sarjana
Direktorat Kerjasama dan Program Internasional (Ribka dan Ani)
Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 1 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680
Telpon : 0251-8624092, 8622642 ext. 111, Faks : 0251-8629882, 8624092
Email : bud@apps.ipb.ac.id
Website : http://bud.ipb.ac.id

Selamat mencoba dan Semoga berhasil!

Komentar

%d bloggers like this: