Beasiswa S1, S2, S3 dan Riset di Republik Latvia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1, S2, S3 dan Riset di Republik Latvia

Bagi anda mahasiswa atau staff akademik dan riset yang terdapat di Perguruan Tinggi di Indonesia, ada kesempatan beasiswa Eropa yang dapat dicoba. Saat ini Pemerintah Republik Latvia menawarkan Beasiswa Studi dan Riset di Institusi Pendidikan Tinggi maupun Institusi Riset di Latvia Tahun Akademik 2019 – 2020. Tersedia juga Beasiswa Summer School bagi mahasiswa yang berminat mengisi liburan musim panas di universitas yang terdapat di Latvia.

Baca Juga : Beasiswa S1 di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Berbagai program studi tersedia dalam Beasiswa Pemerintah Latvia, meliputi:

1. Agriculture, forestry and fishery
2. Architecture and building
3. Arts
4. Business and administration
5. Civil and military defence
6. Computer science
7. Engineering and technologies
8. Environmental protection
9. Health care
10. Humanities
11. Information and communication science
12. Law
13. Life sciences
14. Manufacturing and processing
15. Mathematics and statistics
16. Personal services
17. Physical sciences
18. Social welfare
19. Social and behavioral science
20. Teacher training and education science
21. Transport services
22. Veterinary
23. dan sebagainya.

Bahasa yang digunakan dalam perkuliahan kebanyakan menggunakan bahasa Latvia, tetapi ada juga program studi yang menggunakan bahasa Inggris. Silakan cek pada link berikut untuk informasi selengkapnya:
Study Programmes

CAKUPAN BEASISWA:

Beasiswa yang diberikan senilai 500 EUR (± Rp 7,9juta) per bulan bagi pelamar S1/S2 dan senilai 670 EUR (± Rp 10,7juta) per bulan bagi pelamar S3. Bantuan dana tersebut dapat anda gunakan untuk membayar uang kuliah di Latvia, akomodasi, atau makanan. Sedangkan untuk pelamar Beasiswa Riset akan diberikan 30,00 EUR (± Rp 479ribu) per hari dan 300,00 EUR (± Rp 4,7juta) per bulan untuk akomodasi.

Pihak universitas di Latvia juga menyediakan asrama dengan jumlah yang terbatas. Untuk biaya perjalanan serta asuransi ditanggung oleh masing-masing penerima beasiswa.

Pendaftaran beasiswa S1 terbuka bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan setidaknya satu tahun perkuliahan (misal sudah menempuh semester 1 dan 2).

DURASI PENERIMAAN BEASISWA:

  • Beasiswa Studi: 10 bulan (untuk pelamar S1 dan S2) serta 11 bulan (untuk pelamar S3). Masa studi dimulai pada tanggal 1 September 2019 s/d 30 Juni 2020.
  • Beasiswa Riset: 5 bulan
  • Bagi pelamar yang mengambil program Master dalam studi Latvian philology, Latvian literature, Latvian culture dan Latvian history bisa mendapatkan beasiswa dengan durasi 2 (dua) tahun (mengikuti durasi program studi Master yang diambil).
  • Apabila pelamar ingin menambah waktu studinya di Latvia satu tahun lagi, pelamar dapat mengajukan pendaftaran Latvian Scholarship lagi.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (softcopy):

  1. Curriculum Vitae Download Template Europass
  2. Surat motivasi (termasuk informasi mengenai kegiatan di luar studi yang berkaitan dengan studi yang ditekuni saat ini atau yang akan dipilih saat di Latvia. Misal: kegiatan di organisasi profesional, partisipasi dalam konferensi ilmiah, proyek internasional, dll).
  3. Salinan ijazah dan transkrip nilai dari jenjang pendidikan terakhir atau salinan transkrip nilai dari dua semester terakhir (bagi yang belum selesai kuliah).
  4. Salinan 2 (Dua) Surat rekomendasi dari anggota staf akademik (dosen/pembimbing/profesor) yang ditandatangani dalam enam bulan terakhir.
  5. Salinan sertifikat atau dokumen lain yang menyatakan kemampuan bahasa yang dibutuhkan pada jurusan/program studi yang dipilih.
  6. Rencana studi selama masa penerimaan beasiswa (Download Formulir.)
  7. Salinan KTP atau paspor.
  8. Salinan surat penerimaan dari universitas yang ada di Latvia. Pelamar dapat mengirimkan CV dan ijazah/transkrip nilai kepada kontak person universitas di Latvia (Download Kontak Person).

Catatan:

Seluruh dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Latvia dengan mengunakan Jasa Penerjemah Tersumpah.

CARA MENDAFTAR:

Untuk mendaftar Program Beasiswa Pemerintah Latvia, pelamar dapat mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: Online Application

Buatlah akun terlebih dahulu dengan klik tombol Register, kemudian isikan email dan password yang akan digunakan. Selanjutnya isikan data-data yang diminta termasuk upload berkas dokumen yang disebutkan di atas. Batas waktu pendaftaran untuk Beasiswa Studi dan Riset sampai dengan 1 April 2019. Informasi para pemenang beasiswa akan diinformasikan pada awal Juni 2019 melalui email yang telah didaftarkan atau via website resmi: www.viaa.gov.lv/scholarships.

Baca Juga : Beasiswa S2 dari University of the West of England (UWE) Bristol, Inggris

Pihak Beasiswa.id hanya membantu untuk menyebarkan informasi. Jika ada yang ditanyakan bisa di tanyakan pada kontak berikut :

Marika Pīra
Senior Specialist
International Cooperation Programme Unit
Telephone: + 371 67814331
E-mail: scholarships@viaa.gov.lv
Sumber Informasi Resmi:
http://viaa.gov.lv/eng

Selamat mencoba dan Semoga Berhasil!

Komentar

%d bloggers like this: