Beasiswa D2, D3 dan S1 dari Monbukagakusho di Jepang

Home / Info Beasiswa / Beasiswa D3 / Beasiswa D2, D3 dan S1 dari Monbukagakusho di Jepang

Hai Sobat Beasiswa.ID! Mungkin kalian sudah melihat Beasiswa S1 dari Monbukagakusho pada postingan sebelumnya, tapi kabar baiknya Monbukagakusho kembali menawarkan beasiswa pada pelajar Indonesia dalam program Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) dengan beasiswa penuh untuk kuliah D2, D3, dan S1 di Jepang.

CAKUPAN BEASISWA :

  1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan).
  2. Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000 (± Rp 14,7juta) per bulan.
  3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang.
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar.
  5. Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas.

Selain itu, Monbukagakusho juga menawarkan Beasiswa Program Specialized Training College (Senshu) dan Program College of Technology (Kosen) untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat.

A. PROGRAM SPECIALIZED TRAINING COLLEGE (SENSHU)

Specialized Training College merupakan sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Lulusannya diharapkan dapat mendukung beragam industri yang mempunyai potensi berkembang tinggi di pasar dunia. Program ini berlangsung selama 2 tahun, Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Para penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang sebelum memasuki perkuliahan di Specialized Training College. Total masa belajar (1 tahun sekolah persiapan + 2 tahun Specialized Training College) yaitu 3 tahun.

PILIHAN BIDANG STUDI PROGRAM SENSHU:

  1. Technology: Civil Engineering and Architecture, Electrical and Electronic Engineering, Mechanical Engineering, Wireless Communication, Computer, Information Processing, Other Subjects
  2. Personal Care and Nutrition: Nutrition, Cooking and Confectionery, Bakery, Cosmetology and Barber, Other Subjects
  3. Education and Welfare: Nursery Teacher Training, Nursing Welfare, Other Subjects
  4. Business: Management, Accounting and Bookkeeping, Business, Commercial, Travel, Other Subjects
  5. Fashion and Home Economics: Japanese/Western Dressmaking, Other Subjects
  6. Culture and General Education: Music, Film and Video, Animation, Manga and Illustration, Art, Design, Photography, Interpretation and Translation, Other Subjects

Pelamar dapat memilih maksimal 2 Subjects dalam 1 Field of Study yang sama. Pelamar dapat memilih Other Field/Subjects kemudian menuliskan dengan jelas apa yang ingin dipelajari di formulir pendaftaran. Pilihan bidang studi selengkapnya bisa dilihat pada File berikut: DOWNLOAD.

B. PROGRAM COLLEGE OF TECHNOLOGY (KOSEN)

College of Technology merupakan sekolah yang berfokus pada studi teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan latihan-latihan praktik. Lulusan program ini diharapkan dapat menjadi ahli teknik (insinyur).

Khusus bagi penerima beasiswa Monbukagakusho, akan masuk ke College of Technology sebagai siswa tahun ketiga. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Para penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Tokyo sebelum memasuki perkuliahan di College of Technology. Total masa belajar yaitu 4 tahun, khusus bagi yang memilih bidang studi Maritime Engineering total masa belajar yaitu 4,5 tahun.

PILIHAN BIDANG STUDI PROGRAM KOSEN:

  1. Fisika: Mechanical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, Information, Communication and Network Engineering, Architecture, Civil Engineering, Maritime Engineering, Other Fields.
  2. Kimia: Materials Engineering, Other Fields.

Pelamar dapat memilih maksimal 3 bidang studi yang sesuai dengan kategorinya (Kimia/Fisika). Untuk informasi detail mengenai bidang studi dapat dipelajari pada File berikut: DOWNLOAD.

PERSYARATAN PROGRAM SENSHU DAN KOSEN:

  1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dari Semua Jurusan.
  2. Berusia antara 17 s/d 24 tahun pada tanggal 1 April 2020 (Lahir antara 2 April 1995 s/d 1 April 2003).
  3. Nilai rata-rata Ujian Nasional murni tanpa nilai bahasa Indonesia minimal 80. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional murni kurang dari 80, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal level N4.
  4. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (Download Ketentuan Kondisi SENSHU / KOSEN) tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian pelamar.
  2. Formulir Pendaftaran 2020 yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang disertai pasfoto berwarna ukuran 3,5cm × 4,5cm (formal, dengan latar belakang polos, warna latar bebas, diambil dalam 6 bulan terakhir). Pasfoto ditempel pada kotak foto yang tersedia di Application Form.
  3. Fotocopy SHUN (bagi lulusan tahun 2018 dan lulusan tahun-tahun sebelumnya) ATAU fotocopy SHUN sementara (bagi lulusan 2019) yang sudah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.
  4. Fotocopy Ijazah (bagi lulusan tahun 2018 dan lulusan tahun-tahun sebelumnya) ATAU fotocopy Ijazah sementara (bagi lulusan 2019) yang sudah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.
  5. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau guru (salah satu saja) dari sekolah asal (SMA/SMK/Sederajat) yang ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah. Surat Rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar.
  6. Fotocopy sertifikat/hasil nilai JLPT /TOEFL/TOEIC/IELTS (bagi yang sudah memiliki saja).

CATATAN:

  1. Bagi pelamar yang akan lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2019, apabila sekolah hanya mengeluarkan 1 surat saja (misal: Surat Keterangan Lulus saja), namun dalam surat tersebut sudah terdapat informasi yang menyebutkan bahwa siswa yang bersangkutan telah LULUS dan tercantum hasil nilai UN, maka cukup melampirkan fotokopi surat tersebut saja (tidak perlu dokumen nomer 3 & 4 di atas).
  2. Surat tersebut harus dilegalisasi/ cap basah asli oleh sekolah.
  3. Untuk Formulir Pendaftaran dan Format Surat Rekomendasi bisa diunduh pada link berikut: DOWNLOAD PROGRAM SENSHU & DOWNLOAD PROGRAM KOSEN.
  4. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4 dan dibuat sebanyak 4 rangkap/bundel (1 bundel asli dan 3 bundel fotocopy) yang disusun sesuai urutan (poin 1 s/d 6 di atas).
  5. Dokumen JANGAN disteples/dijilid/dilubangi. Cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
  6. Khusus untuk Ijazah dan SHUN, yang dimaksud dokumen asli adalah fotocopy ijazah dan SHUN yang telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah. Saat pendaftaran awal, Ijazah dan SHUN belum perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

CARA MENDAFTAR:

Untuk mendaftar Beasiswa Monbukagakusho, pelamar dapat melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://register.beasiswamext.or.id/. Pilih Menu “Undergraduate Tahap”. Kemudian pada tampilan selanjutnya, klik tulisan “Program” dan pilih program yang diinginkan (Kosen atau Senshu). Peserta hanya diperbolehkan memilih salah satu program (Gakubu/Kosen/Senshu).

Setelah melakukan pendaftaran online, pelamar akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar. Cantumkan kode “Kosen” atau “Gakubu 2020” (sesuaikan dengan program yang dipilih) pada kanan atas amplop. Kirimkan atau serahkan langsung pada alamat berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

MASA PENDAFTARAN:

Tahap I: 16 s/d 30 April 2019
Bagi pelamar lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya (tidak untuk lulusan tahun 2019).

Tahap II: 13 s/d 27 Mei 2019
Bagi pelamar lulusan tahun 2019 saja (tidak untuk lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya).

JADWAL SELEKSI:

  1. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 1 Juli 2019
    Pengumuman akan ditampilkan pada website resmi Kedutaan Besar Jepang: https://www.id.emb-japan.go.jp
  2. Ujian Tulis (diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar): 9 s/d 11 Juli 2019
  3. Pengumuman Hasil Ujian Tulis: 2 Agustus 2019
  4. Ujian Wawancara (diadakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta): 12 s/d 14 Agustus 2019
  5. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: 19 Agustus 2019
  6. Pengumuman Final dari MEXT: Januari 2020
  7. Keberangkatan ke Jepang: Awal April 2020

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Monbukagakusho dapat menghubungi kontak berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang
Telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Sumber Website Resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_senshu2020.html

Selamat mencoba dan semoga berhasil!