Beasiswa S1 Monbukagakusho di Jepang

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 Monbukagakusho di Jepang

Hai, Sobat Beasiswa.ID! Informasi beasiswa Jepang berikut ini termasuk yang ditunggu-tunggu. Melalui kedutaan besarnya di Indonesia, Jepang kembali menyediakan beasiswa S1 bagi lulusan SMA/SMK/sederajat tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya dengan beasiswa penuh.

Sebelum berkuliah di universitas, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang. Total masa belajar yaitu 5 tahun (bagi yang memilih bidang studi kedokteran, total masa belajar yaitu 7 tahun).

Cakupan Beasiswa:

  1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan).
  2. Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000/bulan (± Rp 15juta).
  3. Tiket pesawat PP Indonesia & Jepang.
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar.
  5. Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas

Pilihan Bidang Studi

  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  1. IPS-A : 1. Law, 2. Politics, 3. Pedagogy, 4. Sociology, 5. Literature, 6. History, 7. Japanese language, 8. others.
  2. IPS-B : 1. Economics, 2. Business Administration
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  1. IPA-A : Science (1. Mathematics, 2. Physics, 3. Chemistry), Electric and Electronic Studies (4. Electronics, 5. Electrical Engineering, 6. Information Engineering), Mechanical Studies (7. Mechanical Engineering, 8. Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (9. Civil Engineering, 10. Architecture, 11. Environmental Engineering), Chemical Studies (12. Applied Chemistry, 13. Chemical Engineering, 14. Industrial Chemistry, 15. Textile Engineering), other fields (16. Metallurgical Engineering, 17. Mining Engineering, 18. Maritime Engineering, 19. Biotechnology)
  2. IPA-B : Agricultural studies (1. Agriculture, 2. Agricultural Chemistry, 3. Agricultural Engineering, 4. Animal Science, 5. Veterinary Medicine, 6. Forestry, 7. Food Science, 8. Fisheries), Hygienic studies (9. Pharmacy, 10. Hygienics, 11. Nursing), and Science (12. Biology).
  3. IPA-C : 1. Medicine, and 2. Dentistry

Catatan:

  1. – Pelamar lulusan SMA/MA jurusan IPA bisa memilih bidang studi pada kategori IPA maupun IPS. – Pelamar lulusan SMA/MA jurusan IPS/ Bahasa hanya bisa memilih bidang studi pada kategori IPS
  2. – Pelamar lulusan SMK/MAK yang jurusannya berada pada ranah IPA bisa memilih bidang studi pada kategori IPA maupun IPS. – Pelamar lulusan SMK/MAK yang jurusannya berada pada ranah IPS hanya bisa memilih bidang studi pada kategori IPS.
  3. Semua bidang studi yang berhubungan dengan “Economics” dan “Business Administration” tergolong dalam “IPS-B”, bukan “others”.
  4. Pelamar yang memilih “others”, ada kemungkinan kesulitan menemukan universitas yang dapat menerima pelamar.
  5. Pelamar dapat memilih minimal 1 dan maksimal 3 bidang studi.
  6. – Apabila pilihan pertama IPA-A, maka pilihan kedua dan ketiga harus IPA-A. – Apabila pilihan pertama IPA-B, maka pilihan kedua dan ketiga harus IPA-B. – Apabila pilihan pertama IPA-C, pilihan kedua dan ketiga boleh IPA-B maupun IPA-C. – Apabila pilihan pertama IPS-A atau IPS-B, pilihan kedua dan ketiga boleh IPS-A maupun IPS-B (Pada saat pendaftaran online, silakan pilih jurusan yang menjadi pilihan pertama Anda).

Persyaratan:

  1. Merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat.
  2. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun per tanggal 1 April 2020 (atau lahir antara 2 April 1995 s/d 1 April 2003).
  3. Nilai rata-rata Ujian Nasional murni tanpa bahasa Indonesia minimal 84. a. Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPS namun nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, tetap bisa mendaftar jika mempunyai sertifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal level N3. b. Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPA TIDAK BISA MENDAFTAR jika nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.
  4. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian pelamar.
  2. Formulir Pendaftaran 2020 yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang disertai pasfoto berwarna ukuran 3,5×4,5 cm (formal, dengan latar belakang polos, warna latar bebas, diambil dalam 6 bulan terakhir). Pasfoto ditempel pada kotak foto yang tersedia di Application Form.
  3. Fotocopy SHUN (bagi lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya) ATAU fotocopy SHUN sementara (bagi lulusan 2019) yang sudah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.
  4. Fotocopy Ijazah (bagi lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya) ATAU fotocopy Ijazah sementara (bagi lulusan 2019) yang sudah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.
  5. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau guru (salah satu saja) dari sekolah asal (SMA/SMK/Sederajat) yang ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.
  6. Fotocopy sertifikat/hasil nilai JLPT /TOEFL/TOEIC/IELTS (bagi yang sudah memiliki saja).

Catatan:

  • Bagi pelamar yang akan lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2019, apabila sekolah hanya mengeluarkan 1 surat saja (misal: Surat Keterangan Lulus saja), namun dalam surat tersebut sudah terdapat informasi yang menyebutkan bahwa siswa yang bersangkutan telah LULUS dan tercantum hasil nilai UN, maka cukup melampirkan fotokopi surat tersebut saja (tidak perlu dokumen nomer 3 & 4 di atas).
  • Surat tersebut harus dilegalisasi/ cap basah asli oleh sekolah.
  • Untuk Formulir Pendaftaran dan Format Surat Rekomendasi bisa diunduh pada link berikut: DOWNLOAD.
  • Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4 dan dibuat sebanyak 4 rangkap/bundel (1 bundel asli dan 3 bundel fotocopy) yang disusun sesuai urutan (poin 1 s/d 6 di atas).
  • Dokumen JANGAN disteples/dijilid/dilubangi. Cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
  • Khusus untuk Ijazah dan SHUN, yang dimaksud dokumen asli adalah fotocopy ijazah dan SHUN yang telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah. Saat pendaftaran awal, Ijazah dan SHUN belum perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Cara Mendaftar:

Untuk mendaftar Beasiswa Monbukagakusho, pelamar dapat melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://register.beasiswamext.or.id/. Pilih Menu Undergraduate Tahap 1.

Setelah melakukan pendaftaran online, pelamar akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar. Cantumkan kode “Gakubu 2020” pada kanan atas amplop. Kirimkan atau serahkan langsung pada alamat berikut:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

Masa Pendaftaran:

  1. Tahap I (16 s/d 30 April 2019) Bagi pelamar lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya (tidak untuk lulusan tahun 2019).
  2. Tahap II: (13 s/d 27 Mei 2019) Bagi pelamar lulusan tahun 2019 saja (tidak untuk lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya).

Jadwal Seleksi:

  1. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 1 Juli 2019 (Pengumuman akan ditampilkan pada website resmi Kedutaan Besar Jepang: https://www.id.emb-japan.go.jp)
  2. Ujian Tulis (diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar): 9 s/d 11 Juli 2019
  3. Pengumuman Hasil Ujian Tulis: 2 Agustus 2019
  4. Ujian Wawancara (diadakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta): 12 s/d 14 Agustus 2019
  5. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: 19 Agustus 2019
  6. Pengumuman Final dari MEXT: Januari 2020
  7. Keberangkatan ke Jepang: Awal April 2020

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Monbukagakusho dapat menghubungi kontak berikut:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang
Telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Sumber Website Resmi:
https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2020.html
Semoga bermanfaat.