Beasiswa S2 di Utrecht University, Belanda

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 di Utrecht University, Belanda

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi S2 di Belanda, mungkin beasiswa ini bisa menjadi pilihan kamu. Utrecht University kini tengah menawarkan beasiswa dalam skema Utrecht Excellence Scholarships. Beasiswa ini disediakan khusus Utrecht University bagi mahasiswa internasional yang berasal dari luar Uni Eropa (EU) atau Kawasan Ekonomi Eropa (EEA). Nah, bagi Anda yang ingin mencoba beasiswa di Utrecht University ini, berikut beberapa gambaran dari beasiswa tersebut. 

Utrecht Excellence Scholarships merupakan beasiswa prestasi yang salah satu pertimbangan utamanya adalah capaian akademik yang diraih sebelumnya. Beasiswa ditawarkan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah saja atau biaya kuliah plus tunjangan hidup sebesar 11.000 Euro per tahun. Jika terpilih, pelamar bisa menggunakan beasiswa tersebut untuk studi gelar master berdurasi 1 atau 2 tahun sesuai pilihan program. Untuk tahun akademik 2021 – 2022, sekitar 20 – 25 kuota beasiswa disediakan yang disebar di enam sekolah pascasarjana di Utrecht University

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko

Meski tidak menanggung kebutuhan lainnya, beasiswa tersebut sudah bisa menekan biaya studi di Belanda secara signifikan, terutama biaya kuliah dan biaya hidup.

Program pascasarjana di Utrecht University:

1. Graduate School of Geosciences
2. Graduate School of Humanities
3. Graduate School of Law, Economics and Governance
4. Graduate School of Life Sciences
5. Graduate School of Natural Sciences6. Graduate School of Social and Behavioural Sciences

Tidak semua program studi berpartisipasi untuk Utrecht Excellence Scholarships. Karena itu, pelamar dapat mengeceknya di www.uu.nl/masters > Master’s Programmes > Tuition Fees and Financial Support. Lihat apakah Utrecht Excellence Scholarships ditawarkan di program tersebut.

Persyaratan: 

1. Merupakan lulusan 10 persen terbaik di kelas:
Dokumen resmi yang dikeluarkan oleh universitas yang membuktikan bahwa Anda termasuk 10% teratas di kelas, seperti pernyataan yang ditandatangani dan distempel oleh Universitas, surat referensi, sertifikat peringkat kelas, dll.
2. Tidak memegang paspor Uni Eropa/EEA serta tidak memenuhi syarat untuk dukungan sistem pinjaman dan hibah studi Belanda 3. Menyelesaikan sarjana di luar Belanda 4. Mendaftar untuk program master internasional yang dimulai 1 September 2021
5. Mampu mematuhi persyaratan untuk mendapatkan visa / izin tinggal Belanda.

Baca Juga : Beasiswa S2 di Chalmers University of Technology, Swedia

Dokumen aplikasi: 

1. Bukti lulusan 10 persen terbaik di kelas (keterangan resmi dari universitas yang menyatakan Anda memang merupakan lulusan 10 persen terbaik di kelas), seperti surat keterangan yang ditandatangani dan dicap oleh universitas, surat referensi, sertifikat peringkat kelas, dll.

Pendaftaran: Setelah mengajukan aplikasi perkuliahan untuk program master di Utrecht University, pelamar non Uni Eropa/EEA akan memiliki opsi untuk mengajukan aplikasi beasiswa Utrecht Excellence Scholarship secara online. Opsi pendaftaran beasiswa ini tersedia mulai 1 November 2020 untuk studi tahun akademik 2021 – 2022.

Unggah dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas pada opsi aplikasi beasiswa tersebut. Perlu dipahami, beasiswa berlaku untuk program master yang dimulai 1 September 2021. Sementara, program yang mulai berjalan pada Februari tidak memenuhi syarat untuk beasiswa S2. Pengajuan beasiswa di Utrecht University sudah harus dilakukan sebelum 31 Januari 2021. Beberapa program mungkin menetapkan deadline pendaftaran kuliah sebelum 1 Desember 2020. Sehingga harus dilihat di program yang ingin dilamar.

Aplikasi untuk beasiswa hanya akan diproses jika Anda telah mengajukan aplikasi ke program master. Pelamar akan diinformasikan mengenai hasil dari seleksi beasiswa setelah mendapatkan keputusan kelulusan di program master.

Beberapa kriteria seleksi di antaranya keunggulan akademik dan hasil kualifikasi sebelumnya, kualitas dan relevansi dari surat motivasi untuk program master, serta kualitas aplikasi untuk program master itu sendiri.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yg ingin ditanyakan silahkan menghubungi kontak berikut :

UU for U Student Services
Heidelberglaan 6
Utrecht Science Park
[e] studentservices@uu.nl
[t] + 31 30 253 7000 (Senin-Jumat pukul 1-3 siang)
[w] https://www.uu.nl

Selamat mencoba dan semoga berhasil!