Beasiswa S2 dan S3 Eiffel Excellence di Perancis

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dan S3 Eiffel Excellence di Perancis

Hai Sobat Beasiswa.ID!Bisa melanjutkan studi ke Perancis dengan beasiswa tentunya jadi kebanggaan tersendiri. Ada banyak beasiswa tersedia. Beasiswa Eiffel salah satunya. Tepatnya Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Perancis bagi kandidat internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana mereka di lembaga perguruan tinggi Perancis. Beasiswa Eiffel terbuka untuk jenjang master (S2) dan PhD (S3) dan kini tersedia untuk tahun akademik 2022 – 2023. Bagi Anda yang berminat, beberapa informasi berikut bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan mengikuti Beasiswa Eiffel 2022 tersebut.

Beasiswa Eiffel untuk program master berdurasi 12 bulan (M2 level) dan 24 bulan (M1 level), serta maksimum 36 bulan untuk gelar teknik, tergantung jenis program kuliah yang diambil. Beasiswa ini meliputi tunjangan bulanan sebesar 1.181 Euro yang meliputi tunjangan pemeliharaan 1.031 Euro dan uang saku 150 Euro. Kemudian disediakan tiket pesawat pulang-pergi, transportasi nasional, transportasi lokal, asuransi kesehatan, asuransi kesehatan tambahan (“mutuelle”), kegiatan budaya, serta memungkinkan memperoleh tunjangan perumahan.

Sementara, beasiswa Eiffel untuk program S3 diberikan maksimum 12 bulan. Lebih tepatnya beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa PhD tingkat lanjut yang ingin melakukan co-tutelle disertasi di Perancis. Beasiswa ini meliputi tunjangan bulanan sebesar € 1.700, tiket pesawat pp, transportasi nasional dan lokal, asuransi kesehatan, dan fasilitas lain yang sama dengan beasiswa master.

Yang perlu dipahami beasiswa Eiffel tidak mencakup biaya pendaftaran ke universitas serta biaya kuliah. Pembebasan biaya kuliah hanya berlaku jika pelamar mendaftar kuliah di universitas negeri (bagi penerima beasiswa Eiffel).

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 di University of Sydney, Australia

Bidang Studi Master dan Doktor: 

• Science and techniques:
– Biology and health
– Ecological transition
– Mathematics and digital
– Science and engineering

• Human and social sciences:
– History, French language and civilization
– Law and political sciences
– Economics and management

Persyaratan: 
1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis
2. Usia calon tidak lebih 25 tahun untuk kuliah master selama pendaftaran 2022 (lahir setelah 31 Maret 1996), untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 30 tahun selama pendaftaran 2022 (lahir setelah 31 Maret 1991)
3. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima
4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD. Hanya program yang diakui oleh pemerintah Prancis yang memenuhi syarat.
5. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah menerima beasiswa Pemerintah Perancis di bawah program lain.
6. Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya memperoleh beasiswa Eiffel pada jenjang master untuk beasiswa di jenjang PhD
7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil
9. Jenjang master: Kandidat yang telah sedang belajar di Prancis tidak memenuhi syarat.
    Jenjang Doktor: Mahasiswa yang terdaftar dalam program akademik di luar negeri memiliki prioritas lebih dibanding mahasiswa yang sudah berada di Prancis.
Pendaftaran: 
Pengajuan aplikasi Beasiswa Eiffel 2022 tidak diajukan langsung oleh peserta, tapi oleh universitas atau perguruan tinggi di Perancis yang dilamar. Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas yang diminati di Perancis sesuai dengan Bidang Studi yang tertera di atas, kemudian setelah diterima (memperoleh offer) mintalah agar Anda bisa diusulkan sebagai penerima Beasiswa Eiffel.
Pendaftaran dibuka mulai 27 September 2021. Aplikasi beasiswa sudah harus diterima oleh Campus France dari pihak universitas paling lambat 7 Januari 2022. Itu artinya peserta sudah harus mendaftar dan diterima di universitas sebelum itu dan meminta diikutsertakan dalam program beasiswa.
Pengumuman hasil akan disampaikan 4 April 2022 melalui website Campus France. Anda bisa melihat pedomannya lebih lanjut melalui laman tersebut atau bisa menanyakan langsung mengenai teknis beasiswa Eiffel di email candidatures.eiffel@campusfrance.org . Semoga berhasil!
Kontak:
Campus France – Programme Eiffel
28 rue de la Grange-aux-Belles
75010 Paris