Beasiswa Eiffel untuk S1 dan S2 di Perancis

Hai Sobat Beasiswa.ID! Peluang beasiswa Pemerintah Perancis kembali dibuka. Eiffel Excellence Scholarship Programme atau biasa disebut Beasiswa Eiffel kini tersedia untuk tahun akademik 2023 – 2024. Pelajar dari tanah air salah satu yang berkesempatan memperoleh beasiswa ini.

Beasiswa Eiffel menjaring mahasiswa-mahasiswa internasional berbakat untuk melanjutkan studi mereka pada tingkat master maupun doktor di universitas-universitas Perancis.

Bidang studi meliput:
• Science and techniques:
– Biology and health
– Ecological transition
– Mathematics and digital
– Science and engineering

• Humanities and social sciences:
– History, French language and civilization
– Law and political sciences
– Economics and management

Peraih beasiswa master akan memperoleh tunjangan bulanan 1.181 Euro yang meliputi tunjangan pemeliharaan 1.031 Euro dan uang saku 150 Euro untuk durasi studi 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan sesuai program yang dipilih, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, jaminan sosial, dan kegiatan budaya. Selain itu kandidat terpilih juga bisa memperoleh tambahan tunjangan untuk perumahan.

Sementara, penerima beasiswa PhD akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 1.700 per bulan untuk pembiayaan maksimum 12 bulan, tiket pesawat pp, asuransi kesehatan, jaminan sosial, serta kegiatan budaya. Selain itu juga bisa memperoleh tambahan tunjangan perumahan. Lebih tepatnya beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa PhD tingkat lanjut yang ingin melakukan co-tutelle disertasi di Perancis.

Meski begitu, biaya perkuliahan di universitas ditanggung sendiri oleh pelamar. Sementara, untuk biaya pendidikan di universitas negeri di Prancis relatif murah.

Persyaratan:
1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis
2. Usia calon tidak lebih 25 tahun untuk kuliah master selama pendaftaran 2023 (lahir setelah 31 Maret 1997), untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 30 tahun selama pendaftaran 2023 (lahir setelah 31 Maret 1992)
3. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima
4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD. Hanya program yang diakui oleh pemerintah Prancis yang memenuhi syarat.
5. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah menerima beasiswa Pemerintah Perancis di bawah program lain.
6. Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya memperoleh beasiswa Eiffel pada jenjang master untuk beasiswa di jenjang PhD
7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil
9. Jenjang master: Kandidat yang telah sedang belajar di Prancis tidak memenuhi syarat.
Jenjang Doktor: Mahasiswa yang terdaftar dalam program akademik di luar negeri memiliki prioritas lebih dibanding mahasiswa yang sudah berada di Prancis.

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Eiffel 2023 – 2024 tidak diajukan secara langsung. Namun, melalui universitas yang dituju. Pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke universitas yang diminati di Perancis, setelah diterima atau memperoleh LoA, mintalah pihak universitas agar mengusulkan Anda ke program beasiswa Eiffel.

Deadline pengajuan beasiswa oleh pihak universitas ke panitia beasiswa Eiffel adalah 10 Januari 2023. Pelamar tentunya sudah harus mendaftar ke salah satu universitas Perancis sebelum deadline tersebut berakhir.

Pengumuman hasil akan disampaikan 3 April 2023 melalui website Campus France (www.campusfrance.org/en/eiffel). Informasi lebih lanjut bisa menghubungi email berikut: candidatures.eiffel@campusfrance.org . Selamat mencoba!