Beasiswa Riset, S2 dan S3 dari Program Research Student di Jepang

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Riset, S2 dan S3 dari Program Research Student di Jepang

Hai Sobat Beasiswa.ID! Beasiswa Pemerintah Jepang, Program Research Student 2024 resmi dibuka kembali. Beasiswa Jepang ini memberikan kesempatan bagi pelamar untuk mengikuti riset di perguruan tinggi Jepang. Sekaligus membolehkan melamar ke program gelar (S2, S3) sewaktu menjalani research student atau mahasiswa peneliti.

Pilihan lainnya, pelamar juga bisa langsung mendaftar ke program gelar tanpa mengikuti masa research student, apabila telah mendapatkan izin dari profesor pembimbing di universitas bersangkutan atau telah lulus ujian masuk di universitas di Jepang. Nah, bila Anda telah menyelesaikan studi S1/S2 dan berencana melanjutkan pendidikan ke Negeri Sakura, Beasiswa ke Jepang 2024 untuk riset, S2, dan S3 ini layak Anda coba. Tertarik mengikuti? Silakan simak informasi lebih lanjut di bawah.

Beasiswa Pemerintah Jepang 2024 ini ditawarkan melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) dan dapat dilamar melalui Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Seperti periode sebelumnya, pendaftaran tahun ini dibuka lebih cepat. Bersamaan dengan beasiswa S1 Jepang.

Program Research Student menawarkan beasiswa penuh ke Jepang. Beasiswa mencakup biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan 143.000 Yen per bulan (research students), ¥144.000/bulan (mahasiswa S2), dan ¥145.000/bulan (mahasiswa S3). Selain itu disediakan tiket pesawat PP Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa, serta di beberapa universitas menyediakan asrama. Bagi universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan.

Yang menarik juga, Beasiswa Pemerintah Jepang 2024 ini diberikan tanpa ikatan dinas. Ini akan memberikan keleluasaan bagi Anda setelah menyelesaikan program.

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 dari Pemerintah Malaysia

Persyaratan:
1. Usia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2024 (lahir pada atau setelah 2 April 1989).
2. Lulusan D4/ S1/ S2.
3. Memilih bidang studi yang berada pada rumpun ilmu yang sama dengan bidang studi di jenjang pendidikan sebelumnya.
4. IPK akhir jenjang pendidikan sebelumnya minimal 3.2
5. Melampirkan salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Jepang seperti di bawah ini, dengan skor diutamakan sbb:
● TOEFL-PBT/ITP minimal 543
● TOEFL-iBT minimal 72
● IELTS minimal 5.5
● TOEIC L&R minimal 785
● TOEIC S&W minimal 310
● Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/ N2
Catatan :
▶ Sertifikat TOEFL/ TOEIC yang dapat digunakan untuk mendaftar hanya terbitan dari ETS
(TOEFL Like dan TOEFL Prediction tidak dapat digunakan.)*
▶ Untuk IELTS yang dapat digunakan untuk mendaftar hanya terbitan Universitas Cambridge, British Council, IALF dan IDP Education saja.*
6. Sehat jasmani dan rohani. Pelamar tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil selama proses seleksi berlangsung hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi.
7. Bersedia belajar bahasa Jepang bagi yang belum menguasai bahasa Jepang.
8. Memenuhi salah satu dari persyaratan akademik berikut (klik di sini –PDF)
9. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut (klik disini -PDF)
Dokumen aplikasi:
1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online (3 rangkap) yang berisi nomor ujian pelamar (pelajari bagian PROSEDUR PENDAFTARAN poin 1-2).
2. Application Form 2023 (Unduh) (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopy).  Isi sesuai dengan instruksi yang tertera pada formulir.
● Pasfoto berwarna (3 lembar).
        – Cetak foto close up di kertas foto, bukan HVS atau sejenisnya
– Foto formal yang diambil 6 bulan terakhir
– Latar polos dengan warna latar bebas (biru/merah/putih)
– Ukuran 3,5 x 4,5 cm atau 3 x 4 cm
– Tempel pada kotak foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2024)
3. Placement Preference Application Form 2024 (Unduh) (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopy). Formulir diisi dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang. (pelajari bagian catatan nomor 1)
4. Field of Study and Research Program Plan (Unduh) (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopi).
   – Rancangan penelitian (research plan) yang dibuat minimal mencangkup unsur: 1) background; 2) reason; 3) objective; 4) methodology; 5) expected result; 6) reference.
– Apabila kotak isian pada formulir tidak cukup, silakan gunakan lembar terpisah sebagai tambahannya.
– Format huruf bebas.
5. Transkrip nilai jenjang pendidikan terakhir yang dilegalisasi (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi).
   – Bagi lulusan S1/D4, transkrip nilai dari awal semester hingga akhir
– Bagi lulusan S2, transkrip nilai seluruh semester S1/D4 dan seluruh semester S2
6. Ijazah/Surat Keterangan Lulus jenjang pendidikan terakhir (dilegalisir).
– Bagi lulusan S1/D4, lampirkan ijazah S1/D4
– Bagi lulusan S2, lampirkan ijazah S1/D4 dan ijazah S2
7. Surat Rekomendasi dari rektor/dekan/ketua jurusan/dosen universitas jenjang pendidikan terakhir (salah satunya saja) (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopy) (Unduh).
– Surat rekomendasi berisi kepribadian pelamar
– Wajib dilampirkan bagi pelamar yang belum maupun sudah bekerja.
– Format bebas atau gunakan format berikut:
8. Surat Rekomendasi dari atasan atau supervisor bagi yang sedang bekerja saja (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopy). (Unduh)
– Surat rekomendasi berisi kepribadian pelamar
– Bagi yang tidak bekerja, tidak perlu melampirkan dokumen ini.
– Format bebas atau gunakan format berikut:
9. Abstrak penelitian/skripsi/tesis/tugas akhir jenjang pendidikan terakhir (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopy)
– Format abstrak bebas
– Pastikan terdapat nama Anda pada lembar abstrak
10. Portofolio hasil karya atau rekaman bagi yang memilih bidang seni atau desain (1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopi)
– Bagi yang memilih bidang seni/desain, lampirkan portofolio hasil karya/rekaman Anda.
– Format bebas.
– Bagi yang portofolionya berbentuk dokumen, harap dikliping/dijilid agar tidak tercecer.
11. Fotokopi sertifikat/hasil nilai TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT. (3 rangkap fotokopy)
– Lampirkan min. satu jenis sertifikat
– Pelamar yang melampirkan JLPT, silakan lampirkan bersama dengan lembar skornya juga.
12. Dokumen penunjang lainnya. (jika ada) (3 rangkap fotokopy)
– Anda dapat menyertakan sertifikat atau dokumentasi seperti: penghargaan di tingkat nasional/internasional; dan kegiatan penilitian/akademik lainnya dengan institusi atau profesor di Jepang yang menjadi salah satu pilihan Anda. (maksimal 3 lembar).
CATATAN:
1. Dokumen nomor 2. 3, 4, 7, 8 boleh diketik atau tulisan tangan. Gunakan tinta hitam. Pastikan tulisan dapat terbaca. Cara pengisian formulir terdapat pada bagian bawah setiap kolom yang tersedia di formulir. *Penulisan block letter yang dimaksud adalah penulisan dengan huruf balok (bukan huruf sambung/latin). Jangan menulis menggunakan huruf kapital pada semua huruf. Penggunaan huruf kapital sesuai dengan tata bahasa. Apabila dokumen diketik silakan gunakan minimal font 12, apabila ditulis tangan, pastikan tulisan rapi dan ukuran tidak terlalu kecil. Dokumen yang tidak dapat terbaca dengan jelas tidak akan diproses.
2. Poin 2 – 11 dokumen wajib tertulis/ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, selain itu tidak akan diproses
3. Poin 5 dan 6, dokumen asli adalah dokumen fotokopi yang dilegalisasi/cap basah oleh pihak unversitas (termasuk bila dokumen hasil terjemahan di penerjemah tersumpah). Bila cap basah hanya dari penerjemah tersumpah, dokumen tidak akan diproses.
4. Poin 7 dan 8, dokumen asli adalah dokumen yang ditandatangani asli, bukan hasil scan atau tandatangan digital (QR code).
5. Bagi yang pernah menulis jurnal atau buku, tuliskan nama penulis, penerbit dan tahun terbit pada kolom yang tersedia di formulir.
Jurnal atau buku tidak perlu dilampirkan.
6. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Untuk dokumen yang lebih besar dari A4, silakan lipat bagian bawah setiap lembaran dokumen tersebut menjadi seukuran A4.
7. Kecuali portofolio, seluruh dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup diklip agar tidak tercecer. Lubang bekas steples tidak masalah.
8. Bagi yang ingin menggunakan klip, mohon untuk meminimalkan penggunaannya. Dianjurkan menggunakan 3 klip saja. Gunakan klip untuk setiap bundle, bukan setiap jenis dokumen.
9. Dokumen dibuat sesuai dengan jumlah yang disebutkan. Dokumen disusun per-bundel/per-rangkap. Dalam satu bundel/rangkap, memuat dokumen dari poin 1 sampai 12 yang disusun sesuai urutan dengan rapi.
Total bundel atau rangkap yang akan kami terima adalah sebanyak 3 buah (1 bundel/rangkap dokumen asli dan 2 bundel/rangkap dokumen fotokopi).
10. Mohon untuk tidak melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang asli. Khusus untuk kedua dokumen ini, silakan lampirkan fotokopinya saja.
11. Untuk sertifikat kemampuan bahasa asing, apabila Anda kesulitan mencari instansi yang menyelenggarakan test di masa pandemi ini, silakan gunakan sertifikat sebelumnya yang dimiliki.
12. Pelamar yang pendidikan terakhirnya adalah pendidikan profesi, mohon untuk melampirkan juga ijazah dan transkrip nilai pendidikan sarjananya.
13. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.
Prosedur Pendaftaran:
1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.
2. Pelamar melakukan registrasi online.
Tautan registrasi online: https://daftar.beasiswamext.com/
(Baca dan pahami persyaratan dan FAQ terlebih dahulu sebelum registrasi online.
Kesalahan dalam pengisian registrasi online sepenuhnya tanggung jawab pelamar)
3. Setelah registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi. Cetak e-mail tersebut dan simpan/ingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak all inbox atau spam pada e-mail. Apabila tidak ada pada inbox maupun kotak spam, hubungi beasiswa(a)dj.mofa.go.jp dengan menyebutkan nama lengkap, tanggal lahir, dan program yang diambil serta lampirkan scan ijazah. (mohon merubah (a) menjadi ‘@’ saat akan mengirim email).
4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Daftar dokumen dapat dilihat pada bagian DOKUMEN YANG DIPERLUKAN.
Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Tulis kode “Research Student 2024_[nomor ujian]” pada kanan atas amplop. (Landscape)
5. Berkas dikirim ke:Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

*Gunakan jasa pengiriman selain ojek online. Kami tidak akan melakukan konfirmasi penerimaan berkas. *Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 15 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.
*Berkas tetap dapat diterima di luar jam kerja Kedutaan Besar Jepang (termasuk Sabtu dan Minggu).
*Kami TIDAK menerima pertanyaan konfirmasi penerimaan berkas. Gunakan resi pengiriman untuk melakukan pelacakan.
*Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses.
*Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
6. Kelalaian peserta dalam membaca dan memahami informasi pendaftaran ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.

Tahap seleksi:
I. Tahap Primary Screening
1. Seleksi Dokumen.
Pelamar wajib mengirimkan dokumen yang diperlukan ke Kedutaan Besar Jepang sesuai dengan instruksi pada bagian prosedur pendaftaran untuk keperluan seleksi dokumen.
Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar pada tanggal 15 Juni 2023 (paling lambat pukul 23.59). Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
2. Ujian Tulis
Pada tahap ini peserta akan menghadapi ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. Seluruh peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi dokumen, wajib mengikuti ujian ini.
3. Ujian Wawancara
Pelamar yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.

II. Tahap Secondary Screening
1. Pelamar yang lulus primary screening, akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
2. Pelamar yang telah lulus sampai tahap ini akan diberikan surat keterangan lulus primary screening dan berkas yang telah dicap oleh Kedutaan Besar Jepang, sebagai persyaratan untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Jepang.
3. Peserta yang lulus seleksi akhir (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada Januari/Februari 2024.

Jadwal Seleksi:
▪ Masa Pendaftaran : 25 April – 15 Mei 2023
▪ Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 15 Juni 2023
▪ Ujian Tulis : Akhir Juni 2023*
▪ Pengumuman Hasil Ujian Tulis : pertengahan Juli 2023*
▪ Ujian Wawancara : Akhir Juli 2023*
▪ Pengumuman Hasil Ujian Wawancara : Awal Agustus 2023*
▪ Pencarian LoA (Letter of Acceptance) : Agustus 2023*
▪ Pengumuman Final dari MEXT : Januari/Februari 2023*
▪ Berangkat ke Jepang : April 2024/Oktober 2024

*Tanggal dapat berubah sewaktu-waktu.

Link pencarian universitas:
http://www.jpss.jp/en
http://www.jasso.go.jp/en/study_j/search/daigakukensaku.html
http://researchmap.jp/search

Kontak:
Kedutaan Besar Jepang
Jl. MH Thamrin no.24 Jakarta 10350
[e] beasiswa@dj.mofa.go.jp
[w] https://www.id.emb-japan.go.jp
[t] (021) 3192-4308