Beasiswa S2, S3 dan Riset dari Pemerintah Italia

Hai Sobat Beasiswa.ID! Penawaran Beasiswa Pemerintah Italia mungkin tak seramai beasiswa Pemerintah Inggris atau beasiswa Pemerintah Jerman yang memiliki peminat banyak setiap tahunnya. Tapi, negeri Pisa ini juga tak mau kalah menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa luar negeri yang ingin lanjut studi di Italia. Pelamar dari Indonesia salah satu yang diberi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Pemerintah Italia 2023 – 2024 ini.

Melalui Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia (MAECI), beasiswa diberikan dalam bentuk hibah yang nantinya dapat dipergunakan untuk membiayai studi master (S2), PhD (S3), kuliah di sekolah tinggi kesenian, musik, dan dance (AFAM), serta riset singkat yang berlangsung di universitas-universitas Italia atau lembaga-lembaga riset. Selain itu tersedia juga program pelatihan bahasa dan kebudayaan Italia untuk beberapa bulan.

Penerima beasiswa Pemerintah Italia ini akan mendapatkan tunjangan sebesar 900 Euro setiap bulan yang dibayarkan langsung ke rekening bank Italia mereka. Selain tunjangan bulanan, juga disediakan asuransi kesehatan dan kecelakaan dari MAECI selama durasi program beasiswa. Tidak itu saja penerima beasiswa dapat dibebaskan dari biaya pendaftaran dan biaya perkuliahan. Tergantung kebijakan dari tiap universitas.

Beasiswa S2, S3, kuliah seni, dan riset diberikan selama 6 bulan atau 9 bulan. Beasiswa dapat diperpanjang kembali dan diusulkan di tahun berikutnya dengan melihat kinerja akademik atau capaian prestasi yang diraih. Untuk beasiswa kursus bahasa dan kebudayaan Italia durasi beasiswa berlangsung selama 3 bulan. Beasiswa tersebut dapat dimanfaatkan untuk periode perkuliahan yang dimulai 1 November 2023 hingga 31 Oktober 2024.

Baca Juga : Beasiswa S2 di China dari Schwarzman Scholars

Persyaratan:
1.Aplikasi hanya bisa diajukan oleh mahasiswa asing yang tidak menetap di Italia dan oleh warganegara Italia yang tinggal di luar negeri (IRE) serta memenuhi syarat akademik yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas/institut Italia
2. – Pelamar jenjang master, perguruan tinggi program Seni, Musik, dan Dance (AFAM), atau kursus bahasa dan kebudayaan Italia, usia tidak boleh lebih dari 28 tahun hingga deadline pendaftaran, kecuali perpanjangan (beasiswa).
– Pelamar program PhD usia tidak boleh lebih dari 30 tahun hingga batas deadline (lahir setelah 9 Juni 1992, kecuali perpanjangan
– Pelamar proyek riset di bawah asuhan akademik tidak boleh lebih dari 40 tahun hingga batas deadline (lahir setelah 9 Juni 1982).
3. – Untuk mengikuti perkuliahan berbahasa Italia, pelamar harus menyertakan sertifikat mahir berbahasa Italia. Syarat level minimum adalah B2 dalam Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR)
     – Untuk mengikuti perkuliahan berbahasa Inggris, pelamar harus menyertakan sertifikat mahir berbahasa Inggris

4. Tidak diperlukan bukti kemahiran bahasa untuk program PhD dan Penelitian di bawah pengawasan akademik

Ctt: Bukti keterampilan bahasa Italia tidak diperlukan untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris.

Pendaftaran:
Pengajuan Beasiswa Pemerintah Italia 2023 – 2024 dilakukan secara online di laman Study in Italy. Anda bisa melengkapi formulir pendaftaran dan mengajukan aplikasi secara online. Teknisnya tertera di panduan. Batas pendaftaran adalah 9 Juni 2023.
Aplikasi akan dinilai oleh komite yang ditunjuk oleh Kedutaan Italia di negara asal pelamar. Pihak kedutaan nantinya akan mengumumkan hasil seleksi serta para pemenang beasiswa.