Beasiswa S1 Glow & Lovely Bintang Beasiswa

Hai Sobat Beasiswa.ID! Saat ini Glow & Lovely Bintang Beasiswa membuka kesempatan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dalam negeri pada 2024. Beasiswa S1 ini ditujukan bagi siswi kelas 12 atau lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat di tanah air. Beasiswa ini spesial karena hanya ditujukan bagi kaum perempuan. Jadi, bila Anda adalah perempuan tamatan SMA/SMK atau MA atau siswi kelas 12, kesempatan ini sayang untuk dilewatkan.

Glow & Lovely Bintang Beasiswa menawarkan bantuan biaya pendidikan tunai sebesar Rp 17.500.000 dengan rincian Tahun 1: Rp 10.000.000, Tahun 2: Rp 2.500.000, Tahun 3: Rp 2.500.000, dan  Tahun 4: Rp 2.500.000.  Beasiswa disalurkan kepada penerima setiap awal semester ganjil selama 4 tahun. Selain dukungan biaya pendidikan, kandidat penerima beasiswa juga memperoleh laptop serta pendampingan (capacity building) setiap tahunnya untuk 4 tahun perkuliahan. Materi pendampingan disesuaikan dengan kurikulum dari Hoshizora Foundation.

Tawaran Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2024 ditawarkan Hoshizora Foundation bersama Glow & Lovely. Hoshizora Foundation sendiri merupakan organisasi non profit prrofesional yang berbasis di Yogyakarta yang bergerak di bidang pendidikan.

Tahun ini, sebanyak 80 kandidat akan dipilih sebagai penerima beasiswa dari Glow & Lovely Bintang Beasiswa. Sasarannya adalah perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memenuhi kriteria masuk PTN berakreditasi A atau B tahun 2024 serta memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat, berprestasi, dan memiliki motivasi tinggi namun memiliki keterbatasan secara finansial.

Baca Juga : Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) S2 dari Kemendikbudristek

Sasaran:

Sasaran program adalah perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat di Indonesia yang memenuhi kriteria masuk PTN terakreditasi A atau B tahun 2024, memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat, bermotivasi tinggi, dan berprestasi namun memiliki keterbatasan finansial. 

Persyaratan:

1. Siswi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat 3 tahun terakhir yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2024.
2. Siswi mendaftarkan diri melalui salah satu jalur:
    – Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)/Seleksi Prestasi/sederajat.
    – Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)/sederajat.
3. Memiliki potensi akademik dan non-akademik dibuktikan dengan fotokopi atau scan piagam prestasi lomba (jika ada).
4. Memiliki rencana studi di PTN yang diinginkan dan gagasan untuk berkontribusi kepada masyarakat.
5. Berkomitmen untuk menyelesaikan studi di universitas terpilih.

Berkas Pendaftaran:

1. Pas foto terbaru ukuran 3X4
2. a. Surat keterangan penghasilan/ slip gaji orang tua dari instansi tempat bekerja, atau
   b. Surat keterangan penghasilan dari kelurahan atau balai desa. (pilih salah satu dan harus ada nominalnya)
3. Lampirkan jika memiliki salah satu kartu berikut:
    a. Kartu Program Keluarga Harapan (PKH),
    b. Kartu Indonesia Pintar (KIP),
    c. Program Indonesia Pintar (PIP),
    d. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS),
    e. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan atau desa
4. Kartu Keluarga
5. Scan raport semester 1 sampai 5 (ukuran max 10 mb, max 10 files)
6. Surat Keterangan Aktif sebagai Santriwati Pondok Pesantren ditandatangani oleh Pimpinan Pesantren (Bagi yang berasal dari Pondok Pesantren) (ukuran max 10 mb, max 5 files)
7. Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (Bagi yang berasal dari Pondok Pesantren).

Baca Juga : Beasiswa CIMB ASEAN untuk Mahasiswa S1 dan S2

Mekanisme pendaftaran: 

1. Sosialisasi online dilakukan mulai bulan Maret-April 2024 di seluruh Indonesia. Calon peserta mendaftarkan diri dengan submit data pada form di www.galbintangbeasiswa.com paling lambat 31 Mei 2024.*
2. Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada bulan Mei-Juni 2024.*
3. Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi interview secara online selama bulan Juni-Juli 2024.*
4.Peserta yang lolos seleksi interview akan melanjutkan ke tahap home-visit secara online selama bulan Juli-September 2024.*
5. Proses seleksi diselenggarakan oleh tim Hoshizora Foundation menggunakan media online seperti telepon dan video call.
6. Pengumuman akhir peserta Glow & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan di bulan September 2024 dan inaugurasi dilaksanakan pada November 2024.*
7. Setiap peserta yang dinyatakan lolos di setiap tahap seleksi akan menerima konfirmasi melalui SMS/Email/WhatsApp dari Hoshizora Foundation. Bagi yang tidak menerima konfirmasi tersebut, dinyatakan tidak lolos seleksi.
8. Peserta yang tidak lolos seleksi masuk PTN lewat jalur apapun, secara otomatis gugur.
9. Timeline dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila terdapat perubahan akan diinformasikan lebih lanjut melalui Instagram @glowandlovely_id atau @hz_foundation
10. Komunikasi resmi terkait seleksi Glow & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan melalui galbeasiswa@hoshizora.org dan 0821 3439 5655 (Milah).

*) dapat berubah sesuai dengan kondisi.

Seleksi berkas: 

1. Alamat email yang terverifikasi
Pastikan email yang digunakan untuk registrasi adalah email yang terverifikasi. Direkomendasikan untuk menggunakan akun Gmail. Dan setiap pendaftar hanya diperbolehkan menggunakan satu akun.
2. Kontak pribadi yang bisa dihubungi
Pastikan untuk mengisi nomor handphone yang tetap dan bisa dihubungi, siapkan nomor Whatsapp yang bisa dihubungi.
3. Scan berkas yang diperlukan. File yang akan diupload dengan format “jpg/pdf” dan berukuran maksimal 1 MB. Semua file yang akan diupload menggunakan berkas terbaru.
4. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online.
5. Dengan mengisi formulir pendaftaran online maka calon peserta:
    a. Menyatakan bahwa data yang dikirim adalah benar. Jika di kemudian hari terdapat kesalahan maka akan bersedia mempertanggungjawabkannya.
    b. Mengizinkan pihak Hoshizora Foundation dan Unilever untuk menggunakan data yang telah diunggah.
6. Setiap peserta yang dinyatakan lulus di setiap tahap seleksi akan menerima konfirmasi melalui SMS/Email/WhatsApp dari Hoshizora Foundation. Bagi yang tidak menerima konfirmasi tersebut, dinyatakan tidak lolos seleksi.

Baca Juga : Beasiswa D3 Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet)

Seleksi wawancara dan home visit:

Interview online:
1.  Calon peserta beasiswa yang telah lulus tahap seleksi berkas akan mendapat undangan interview di waktu yang telah ditentukan.
2.  Calon peserta beasiswa harus menunjukan identitas diri dan wajib menunjukkan bukti jika peserta sudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Jika masih menunggu pengumuman, peserta harus menunjukan bukti bahwa peserta telah mendaftar PTN
3.  Interview terhadap calon peserta beasiswa akan dilakukan tim Hoshizora Foundation menggunakan guideline yang telah ditentukan.
4.  Interview dilakukan dengan media online seperti telepon atau video call.

Home-visit online:
1.  Calon peserta beasiswa yang telah lolos seleksi interview akan berlanjut ke dalam tahap seleksi home-visit online.
2.  Home-visit akan dilaksanakan sesuai dengan guideline yang telah ditentukan untuk menjamin obyektifitas dalam seleksi.
3.  Home-visit online dilakukan dengan media online seperti telepon atau video call
4.  Pelaksanaan home-visit akan turut melibatkan orang tua atau wali pendaftaran

Jadwal Beasiswa:

Pendaftaran: 22 Maret s/d 31 Mei 2024
Seleksi Berkas: 1 Juni – 12 Juli 2024
Seleksi Interview & Home Visit: 13 Juli s/d 6 September 2024
Pengumuman penerima beasiswa: September 2024

Kontak:

[wa] 0821-3439-5655
[e] galbeasiswa@hoshizora.org
[w] https://www.kelasberbagicerah.com/id/beasiswa

Baca Juga : Beasiswa DataPrint untuk Pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa