Beasiswa NSP Slowakia untuk Mahasiswa Indonesia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa NSP Slowakia untuk Mahasiswa Indonesia
Peluang Beasiswa Pemerintah Slowakia ini kembali ditawarkan bagi warganegara Indonesia. Namanya National Scholarship Programme (NSP). Beasiswa yang didanai Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Slowakia bagi sejumlah negara yang menjadi sasaran Beasiswa NSP. Program beasiswa ini secara khusus sebenarnya ditujukan bagi mahasiswa S2, mahasiswa S3, dosen, peneliti, maupun seniman. Jadi, jika Anda misalnya sedang berstatus mahasiswa S2 atau mahasiswa S3 serta kriteria lain yang disebutkan, beasiswa Pemerintah Slowakia ini layak untuk dipertimbangkan.

Durasi beasiswa berlangsung selama 1 – 2 semester atau maksimum 12 bulan di sejumlah perguruan tinggi atau lembaga penelitian di Slowakia. Lebih tepat disebut sebagai beasiswa mobilitas untuk jangka waktu singkat. Ada dua periode beasiswa dibuka, yakni periode semester musim panas tahun akademik 2016 – 2017 dan periode untuk tahun akademik 2017 – 2018. Anda bisa memilih salah satunya, tentunya dengan pertimbangan deadline masing-masing pengajuan aplikasi.

Beasiswa NSP Pemerintah Slowakia mencakup tanggungan biaya hidup seperti akomodasi dan tempat tinggal selama durasi beasiswa diberikan. Beasiswa ini tidak mencakup biaya perjalanan dan harus ditanggung oleh masing-masing penerima beasiswa.

Persyaratan: 
1. Mahasiswa S2: sedang menempuh pendidikan S2 di luar Republik Slowakia dan telah diterima di salah satu universitas di Republik Slowakia, baik universitas publik, swasta, maupun negeri
2. Mahasiswa S3: telah menempuh pendidikan tinggi di luar Republik Slowakia atau sedang melakukan persiapan penelitian di luar Republik Slowakia dan telah diterima di salah satu universitas di Republik Slowakia, baik universitas publik, swasta, maupun negeri, atau organisasi penelitian yang memenuhi syarat untuk menyelenggarakan program studi doktor di Slowakia
3. Dosen / Peneliti/ Seniman: diundang oleh salah satu organisasi yang memiliki sertifikat kompetensi yang sah untuk menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di Republik Slowakia

Dokumen aplikasi: 
Mahasiswa S2 dan S3: 
1. Curriculum vitae
2. Cover letter (motivation letter)
3. Rincian program studi bagi mahasiswa S2 (sebutkan tanggal Anda ingin memulai beasiswa, masa menetap, daftar program studi yang ingin diambil, serta jumlah kredit mata kuliah yang ingin diberikan)
4. Rincian program penelitian bagi mahasiswa S3 (sebutkan tanggal Anda ingin memulai beasiswa, masa menetap, serta jadwal rinci untuk tinggal)
5. Dua surat rekomendasi dari dosen bagi mahasiswa S2, dan satu surat rekomendasi dari pembimbing disertasi untuk mahasiswa S3. Surat rekomendasi tidak boleh lebih dari 3 bulan.
6. Keterangan konfirmasi dari institusi pengirim yang menyatakan bahwa mahasiswa S2 merupakan mahasiswa penuh waktu, atau bagi mahasiswa S3 konfirmasi bahwa dia merupakah mahasiswa PhD dari perguruan tinggi/lembaga penelitian. Perkiraan tanggal selesai studi S3 harus dinyatakan dalam konfirmasi. Konfirmasi tidak boleh lebih dari 3 bulan.
7. Salinan ijazah sarjana/magister dan transkrip (jika ada)
8. Daftar publikasi bagi mahasiswa S3
9. Surat penerimaan/undangan dari perguruan tinggi atau lembaga penelitian Slowakia. Tidak boleh lebih dari 3 bulan setelah tanggal deadline pendaftaran beasiswa

Dosen, peneliti, seniman:
1. Curriculum vitae
2. Rincian program mengajar dan/atau meneliti (harap sebutkan tanggal ingin mulainya beasiswa, periode Anda menetap, serta jadwal rinci Anda tinggal)
3. Salinan ijazah dari gelar akademik tertinggi yang diperoleh
4. Daftar publikasi
5. Surat undangan dari lembaga perguruan tinggi atau organisasi penelitian di Slowakia. Surat undangan harus dikeluarkan dengan kop institusi tuan rumah dan harus ditandatangani oleh orang yang mengeluarkan. Pada kasus dosen universitas, peneliti dan seniman, surat undangan sejatinya tidak hanya undangan resmi, tapi harus mencerimkan kepentingan institusi tuang rumah pada pemohon dalam bingkai NSP. Periode beasiswa dimulai harus dinyatakan dalam surat undangan dan harus sesuai dengan periode yang dicantumkan pelamar pada aplikasi online dan pada tanggal batas waktu pendaftaran. Tidak boleh lebih dari 3 bulan.

Pendaftaran: 
Pelamar dapat memilih periode pendaftaran Beasiswa NSP Pemerintah Slowakia ini. Untuk tahun akademik 2016 – 2017, pendaftaran online paling lambat 31 Oktober 2016 pukul 16.00 Waktu Eropa Bagian Tengah. Sementara, bagi yang berminat untuk ikut serta pada tahun akademik 2017 – 2018, pendaftaran online paling lambat dilakukan 30 April 2017.

Pendaftaran online beasiswa Pemerintah Slowakia dapat diajukan melalui laman:http://www.scholarships.sk/en Silakan buat akun terlebih dahulu untuk bisa login.

Kontak:
Lukáš MARCIN, programme administrator
e-mail: nsp-foreign@saia.sk
tel.: +421-2-5930 4733 (direct line)

SAIA, n. o.
Sasinkova 10
812 20 Bratislava 1
Slovak Republic
tel.: +421-2-5930 4700, +421-2-5930 4711

Sumber : beasiswapascasarjana.com

Komentar