Pengalaman Beasiswa LPDP dari Achmad Rofi Irsyad

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Pengalaman Beasiswa LPDP dari Achmad Rofi Irsyad

Berbicara mengenai beasiswa pendidikan semua orang pasti sangat ingin mendapatkan beasiswa tersebut, LPDP salah satunya. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa paling bergengsi yang di sediakan oleh pemerintah indonesia khusus anak indonesia yang memiliki jiwa kepemimpinan, berprestasi dan berjiwa sosial.

Dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Melanjutkan kuliah program master dan doktor di luar negeri kini bukan mimpi lagi. Pasalnya, beragam beasiswa akan membantumu menanggung biaya kuliah, bahkan biaya hidup di luar negeri. Namun untuk mendaftar beasiswa ini setidaknya kamu harus memenuhi beberapa persyaratan umum berikut.

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
Pendaftar harus orang Indonesia karena saat lulus nanti mereka diwajibkan kembali ke Tanah Air.

2. Telah Menyelesaikan Studi Program Sarjana atau Magister
Pendaftar adalah lulusan perguruan tinggi di dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT. Lulusan perguruan tinggi kedinasan dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri yang terdaftar pada Kemristekdikti juga diperkenankan untuk mendaftar.

3. Memiliki Karakter
Calon penerima beasiswa harus memiliki karakter, di antaranya kepemimpinan, profesionalisme, nasionalisme, patriotisme, integritas, memiliki kepercayaan diri, kegigihan, kemandirian, serta mampu beradaptasi.

4. Aktif
Pendaftar beasiwa adalah orang yang berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, keilmuan, inovasi, kreasi, atau budaya.

5. Memenuhi Beberapa Surat Pernyataan
Beberapa pernyataan yang harus dipenuhi, seperti bersedia kembali ke Indonesia, tidak sedang atau pernah terlibat dalam tindakan melanggar hukum, tidak sedang menerima beasiswa lain, serta mau mengabdi dan setia terhadap bangsa.

6. Mendapat izin
Khusus yang sudah bekerja harus sudah mendapat izin dari atasan.

7. Menyerahkan Beberapa Surat Keterangan
Pendaftar harus membuat surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba, surat rekomendasi dari tokoh masyarakat (bagi yang belum kerja) atau atasan (bagi yang sudah bekerja), serta surat kelakukan baik atau surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

8. Memilih Program Studi
Pendaftar wajib memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP.

9. Menulis Esai
Pelamar beasiswa wajib menulis esai yang terdiri atas 500-700 kata dengan tema kontribusi bagi Indonesia, baik yang telah, sedang, atau akan dilakukan untuk masyarakat, lembaga, instansi, atau profesi komunitas.

10. Dilarang Memalsukan Dokumen
Apabila terdapat pemalsuan data atau dokumen, maka pendaftar dinyatakan gugur dan tidak berhak mendaftar lagi di LPDP.

Komentar