Beasiswa S2 dari Wellcome

Home / Info Beasiswa / Beasiswa S2 / Beasiswa S2 dari Wellcome

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa S2 dalam bidang kesehatan, mungkin beasiswa kali ini bisa menarik perhatian kamu. Beasiswa S2 di bidang kesehatan yang di tawarkan oleh Wellcome ini mencakup universitas di luar negeri maupun di dalam negeri. Wellcome adalah sebuah yayasan amal global independen yang berbasis di Inggris dengan salah satu tujuannya meningkatkan kesehatan bagi semua orang. Tahun ini mereka kembali membuka beasiswa melalui program International Master’s Fellowships dalam dua periode. 

Pelamar yang berkesempatan untuk mengikuti program S2 tersebut adalah warganegara dengan penghasilan rendah dan juga menengah, salah satunya Indonesia. Pelamar dapat memilih program S2 di bidang kesehatan pada perguruan tinggi unggulan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa Wellcome ini diberikan selama 30 bulan, di mana 12 bulan pertama ditujukan untuk menjalani perkuliahan master dan 18 bulan berikutnya adalah kegiatan penelitian berdasarkan usulan penelitian yang diajukan.

Baca Juga : Beasiswa S2 di UGM, Yogyakarta

Beasiswa S2 kesehatan dari Wellcome meliputi uang saku yang nilainya disesuaikan. Jika perkuliahan dan penelitian dilakukan di Inggris (selain London), uang saku yang diberikan sebesar £15,000 per tahun, jika program S2 kesehatan tersebut berlangsung di London uang saku diberikan sebesar £17,000 per tahun. Namun jika perkuliahan dan penelitian tersebut berlangsung di luar Inggris, misalnya di tanah air, maka uang saku yang diberikan menyesuaikan kebutuhan hidup di dalam negeri atau dapat ditanyakan pada organisasi yang menaungi kegiatan penelitian bersangkutan.

Selain tunjangan hidup, beasiswa yang diberikan juga mencakup biaya perjalanan, misalnya tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan, dan biaya kuliah dan penelitian sesuai dengan tarif masing-masing.  

Nilai total tiap beasiswa yang diberikan Wellcome bagi kandidat terpilih sebesar £120,000 (± Rp 2,1 Miliar). 

Persyaratan: 
1. Warganegara dari sebuah negara ekonomi berpenghasilan rendah atau menengah (salah satunya Indonesia)
2. Penelitian yang diajukan berfokus pada prioritas kesehatan di negara berpenghasilan rendah atau menengah
3. Anda memiliki sponsor dari organisasi tuan rumah yang memenuhi syarat di negara berpenghasilan rendah atau menengah.
4. Memegang gelar sarjana klinis atau non-klinis dalam mata kuliah yang relevan
5. Berada di tahap awal karir dengan pengalaman penelitian yang terbatas (tetapi Anda harus menunjukkan minat, atau bakat untuk penelitian).

Pendaftaran: 
Pendaftaran beasiswa S2 kesehatan dari Wellcome untuk periode kedua 2019 dibuka hingga 30 Agustus 2019 pukul 17.00 waktu Inggris. Pelamar dapat mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu di laman Wellcome Trust Grant Tracker dengan melengkapi formulir aplikasi online yang disediakan. Kemudian mengirimkan aplikasi tersebut ke pemberi persetujuan dari organisasi resmi yang ingin dituju.

Berikutnya organisasi yang menjadi host tersebut nantinya akan memberikan aplikasi Anda serta mengajukannya langsung ke Wellcome sesuai batas deadline yang ditetapkan. 

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 untuk Perempuan oleh FINCAD

Selanjut aplikasi yang telah dikirim tersebut akan direview oleh International Interview Committee dari Wellcome dan menetapkan keputusan akhir pada November 2019. Tidak ada wawancara. Jika berhasil, pelamar akan diberitahu serta diminta untuk memulai program beasiswa tersebut dalam waktu satu tahun sejak penetapan.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak berikut :

Wellcome Trust
Gibbs Building
215 Euston Road
London NW1 2BE, UK
Telp. +44 (0)20 7611 5757
https://wellcome.ac.uk

Selamat mencoba dan semoga berhasil!