Beasiswa Full S2 dari SISS di Swedia

Butuh beasiswa S2 yang menanggung biaya kuliah plus biaya hidup (Full)? Swedish Institute memberikan solusinya. Lembaga Pemerintah Swedia yang bertanggungjawab menyebarluaskan informasi mengenai Swedia di luar negeri ini tengah membuka Swedish Institute Study Scholarships (SISS). Yakni beasiswa master yang mendanai penuh biaya pendidikan bagi mahasiswa asing di universitas-universitas maupun perguruan tinggi Swedia. Beasiswa ini sendiri didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia.
Beasiswa SISS ditujukan untuk mahasiswa dari negara kawasan tertentu. Swedish Institute membaginya dalam tiga kategori. Indonesia masuk dalam kategori 2 bersama dengan Brazil, Colombia, Mesir, Ghana, Indonesia, Iran, dan Vietnam. Ada 50 kuota beasiswa S2 untuk negara kategori 2 tahun 2017. Cukup banyak bukan?
Biaya kuliah nantinya akan dibayarkan langsung oleh Swedish Institute ke universitas atau perguruan tinggi di Swedia, biaya hidup disediakan sebesar SEK 9.000 (± Rp 13 juta) per bulan, serta biaya perjalanan sebesar SEK 15.000 untuk keberangkatan. Selain itu disediakan pula asuransi jika mengalami kecelakaan atau meninggal dunia selama periode beasiswa. Manfaat lainnya, penerima beasiswa akan memiliki keanggotaan di jaringan SI Network for Future Global Leaders (NFGL) – jaringan yang menawarkan peluang-peluang eksklusif bagi penerima beasiswa Swedish Institute selama berada di Swedia.
Persyaratan: 
1. Pelamar berasal dari negara yang memenuhi syarat (salah satunya Indonesia)
2. Memiliki pengalaman kerja setidaknya 3.000 jam (Bisa full-time, part-time, kerja sukarela, magang, atau posisi kepercayaan)
3. Menunjukkan kualifikasi akademik luar biasa serta pengalaman kepemimpinan
4. Menunjukkan ambisi untuk menciptakan perbedaan dengan bekerja pada isu-isu yang berkontribusi pada pembangunan yang adil dan berkelanjutan di negara asal
Pendaftaran: 
Pendaftaran dan seleksi Beasiswa SISS tahun akademik 2017 – 2018 dibagi dalam dua sesi. Pada tahap pertama adalah pendaftaran online dengan mengisi formulir aplikasi melalui laman Swedish Institute yang akan mulai tersedia pada 1 Desember 2016 – 16 Januari 2017. Hasil seleksi online tahap pertama ini akan disampaikan kepada kandidat pada akhir Januari 2017 (sekitar 25 Januari) dan mereka yang lolos akan diminta untuk mengirimkan dokumen aplikasi untuk seleksi tahap kedua. Jadwal pengajuan aplikasi tahap kedua yakni 1 – 10 Februari 2017.
Dokumen aplikasi tahap dua: 
1. Motivation letter
2. CV Europass
3. Satu surat rekomendasi
4. Bukti pengalaman kerja
5. Salinan paspor

*Semua dokumen dimuat dalam bahasa Inggris. Template motivation letter, surat rekomendasi, dan bukti pengalaman kerja akan disediakan di laman Swedish Institute paling lambat Januari 2017.

Kandidat yang terpilih beasiswa tahap dua akan diberitahu oleh Swedish Institute melalui email kepada kandidat pada 10 April 2017 serta dipublikasikan di: https://eng.si.se/
Yang perlu dipahami, pengajuan beasiswa terpisah dari pendaftaran universitas. Pelamar sudah harus mendaftar ke universitas atau perguruan tinggi Swedia sebelum 16 Januari 2017 melalui University Admissions : www.universityadmissions.se/intl/
Serta membayar biaya pendaftaran ke universitas sebesar SEK 900 sebelum 1 Februari 2017. Yang menarik, pelamar bisa menunggu hasil seleksi beasiswa tahap pertama keluar terlebih dahulu sebelum membayar biaya aplikasi ke universitas tersebut.

Daftar program master yang memenuhi syarat untuk beasiswa akan tertera di laman Swedish Institute mulai akhir November 2016.

Tinggalkan pesan