Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk Mahasiswa S1

Masih ingat dengan beasiswa BUMN satu ini? Ya, Berasiswa Pertamina Sobat Bumi atau lebih akrab disebut Beasiswa Sobat Bumi dari Pertamina Foundation. Meski sempat jarang terdengar, kini Beasiswa Pertamina Sobat Bumi kembali menghampiri para mahasiswa di Indonesia yang sedang menjalani studi S1 atau sarjana untuk memperebutkan sejumlah beasiswa yang ditawarkan Pertamina Foundation.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dibuka bagi mahasiswa S1 (semua jurusan) yang berasal dari mitra perguruan tinggi Pertamina Foundation. Berapa nominal beasiswa yang diberikan? Bagi peserta terpilih nantinya akan mendapatkan beasiswa UKT maksimal Rp 10.000.000 untuk jangka waktu selama setahun. Serta diberikan pula biaya hidup masing-masing sebesar Rp 500.000 per bulan. Asyik bukan?

Nah, bagi Anda yang berminat meraih Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2016 ini, ada sejumlah kriteria dan juga persyaratan yang harus dipenuhi. Pastikan Anda merupakan mahasiswa/mahasiswi yang mendukung, menerapkan, serta menciptakan budaya dan kehidupan yang ramah terhadap lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan.

Dengan begitu penerima Beasiswa Pertamina diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam bidang lingkungan, pemberdayaan sosial masyarakat, serta dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Deadline pendaftaran sangat singkat. Jika Anda memenuhi kriteria dan persyaratan berikut, bisa segera melakukan pendaftaran sebelum dibuka pendaftaran periode berikutnya. Kalau ada 🙂

Perguruan tinggi mitra:
1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Teknologi Bandung
3. Universitas Indonesia
4. Universitas Airlangga

Persyaratan:
Syarat umum:
1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain yang sah dan masih berlaku.
2. Terdaftar sebagai mahasiswa/ mahasiswi aktif atau tidak dalam masa cuti dari  Perguruan Tinggi Negeri mitra PF, dibuktikan dengan scan/ foto Kartu Mahasiswa.
3. Minimal telah menempuh kuliah selama 4 (empat) semester.
4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 3.00, dibuktikan dengan scan/ foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang/ fakultas/ universitas).
5. Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba dan tindak kriminal lainnya, didukung dengan surat pernyataan bermaterai.
6. Mengisi formulir pendaftaran online pada  beasiswa.pertaminafoundation.org.
7. Bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
8. Melampirkan/ mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan/ dibutuhkan.

Syarat khusus:
1. Menulis dan mengirim karya tulis dalam bentuk essay, dengan ketentuan.
â–ª Essay dibuat sendiri dan bukan merupakan hasil plagiat
â–ª Ditulis dalam 4 halaman kertas ukuran quarto (A4) dengan jumlah kata tulisan 1200 – 1400, dengan jarak antar baris 1,5 spasi
â–ª Tulisan disertai dengan foto kegiatan minimal 2 buah foto.
â–ª Tema : “Aksi Untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku”
â–ª Substansi essay mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal/ teknologi rendah, berkontribusi positif terhadap lingkungan, mempunyai dampak meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
2. Tidak sedang menerima beasiswa dari organisasi lainnya (dibuktikan dengan melampirkan scan/ foto surat keterangan dari fakultas/ jurusan/ bagian akademik perihal pernyataan / rekomendasi dimaksud).
3. Aktif dalam organisasi/ aksi sosial atau lingkungan, dibuktikan dengan melampirkan scan/ foto surat rekomendasi dari tokoh/ pengurus/ pelaku organisasi lingkungan hidup, dan atau organisasi sosial kemasyarakatan.
4. Bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi agar melampirkan scan/ foto surat keterangan tidak mampu dari Desa/ Kelurahan.
5. Melampirkan scan/ foto Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran:
Seperti tertera di persyaratan, pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2016 dilakukan secara online melalui beasiswa.pertaminafoundation.org

Isi formulir pendaftaran yang disediakan, konfirmasi di email, kemudian unggah dokumen aplikasi yang diperlukan sesuai tertera di persyaratan. Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2016 dibuka hingga 16 Oktober 2016.

Ada tiga tahap seleksi yang dilalui para peserta. Yakni seleksi administrasi (berkas online), seleksi substansi, dan seleksi wawancara. Pengumuman akhir seleksi akan diumumkan melalui website Pertamina Foundation.

Kriteria seleksi:
1. Memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu terlibat dalam pengelolaan serta pelestarian lingkungan
2. Memiliki tingkat kedewasaan dalam mengelola emosi, percaya diri, dan mampu beradaptasi serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
3. Memiliki pikiran yang terbuka dan berpikir untuk maju
4. Cinta tanah air
5. Berkomitmen untuk mewujudkan sinergi antara kelestarian lingkungan dan kemajuan bangsa.

Tinggalkan pesan