Beasiswa S2 Full di Thailand

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 Full di Thailand

Menyongsong tahun 2017 ada begitu banyak peluang beasiswa kuliah di luar negeri yang ditawarkan bagi jenjang studi pascasarjana, seperti Beasiswa S2 di Malaysia yang ditawarkan oleh XL dan Yayasan Khazanah serta Beasiswa Penuh di Swedia melalui SISS. Kedua macam beasiswa ini telah dibahas pada artikel sebelumnya. Tawaran beasiswa S2 lainnya juga datang dari Pemerintah Kerajaan Thailand dalam skema His Majesty The King’s Scholarships dan Her Majesty The Queen’s Scholarships.

Beasiswa tersebut ditujukan bagi pelajar berbakat di kawasan Asia dengan latar belakang beragam, yaitu untuk bekerja, belajar, dan melakukan penelitian bersama-sama dalam taraf dan lingkungan internasional di AIT. Dua beasiswa tersebut merupakan bentuk kehormatan tertinggi dan penghargaan bagi Yang Mulia Raja dan Ratu Thailand serta untuk menumbuhkan rasa saling pengertian antar pemuda Asia.

His Majesty The King’s Scholarships atau Beasiswa Yang Mulia Raja atau Beasiswa Raja merupakan beasiswa penuh yang ditujukan bagi lulusan Sarjana berprestasi. Beasiswa ini dapat digunakan bagi peserta yang ingin mengambil program Master pada salah satu jurusan di School of Engineering and Technology (SET) dan School of Management (SOM), AIT.

Program Master yang ditawarkan oleh School of Engineering and Technology (SET), AIT adalah:
– Master of Engineering
– Master of Science
– Master of Business Administration
Detail program dan bidang studi yang ditawarkan oleh Program Master di SET, AIT dapat dibuka pada link berikut: www.set.ait.ac.th.

Program Master yang ditawarkan oleh School of Management (SOM), AIT adalah:
– Master of Business Administration (MBA)
Detail program dan bidang studi yang ditawarkan oleh Program Master di SOM, AIT dapat dibuka pada link berikut: www.som.ait.ac.th.

Sedangkan skema Her Majesty The Queen’s Scholarships atau Beasiswa Yang Mulia Ratu atau Beasiswa Ratu merupakan beasiswa S2 penuh bagi peserta yang berminat pada program Master Resources and Development (SERD) di School of Environment, AIT.

Program Master yang ditawarkan oleh School of Environment, Resources and Development (SERD), AIT adalah:
– Agricultural Systems And Engineering
– Aquaculture And Aquatic Resources Management
– Climate Change And Sustainable Development
– Energy
– Environmental Engineering and Management
– Food Engineering And Bioprocess Technology
– Gender And Development Studies
– Natural Resources Management
– Regional And Rural Development Planning
– Urban Environmental Management
Detail program dan bidang studi yang ditawarkan oleh Program Master di SERD, AIT dapat dibuka pada link berikut: www.serd.ait.ac.th.

Nantinya para penerima beasiswa akan mendapatkan full scholarship dengan cakupan pembiayaan berikut:
– Tanggungan biaya kuliah dan biaya pendaftaran
– Biaya akomodasi
– Biaya hidup di perumahan kampus AIT
Beasiswa akan diberikan selama 22 bulan selama masa studi.

Sebagai tambahan informasi, AIT merupakan sebuah institusi pascasarjana yang ternama di Asia Tenggara karena mempunyai hubungan kerjasama dengan institusi dan perguruan tinggi lain terkemuka dari berbagai negara. Didirikan pada tahun 1959 di Bangkok, AIT telah memberikan peranan penting dalam perubahan teknologi dan pembangunan yang sistematis dalam bidang pendidikan. Puluhan mahasiswa Indonesia yang merupakan alumni AIT telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan menjadi pimpinan berbagai institusi di Indonesia.

Persyaratan Beasiswa S2 Full oleh Pemerintah Thailand:
1. Merupakan warganegara dari negara-negara di kawasan Asia.
2. Telah menyelesaikan studi S1 pada bidang terkait dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
3. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris dibuktikan dengan skor minimal: TOEFL 550 / IELTS 6.0 atau skor lainnya yang setara.
4. Memiliki catatan akademik memuaskan selama menempuh pendidikan sarjana:

  • IPK minimal 3.0 (atau setara) bagi mahasiswa yang berasal dari universitas yang termasuk dalam QS Ranking 1000 (UI, ITB, UGM, UNAIR, IPB, UNDIP, ITS, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UNIBRAW)
  • IPK minimal 3.5 (atau setara) bagi mahasiswa yang berasal dari universitas lainnya

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Salinan resmi sertifikat TOEFL / IELTS
2. Salinan ijazah dan transkrip nilai S1
3. Dua surat rekomendasi

Pendaftaran:
Untuk pendaftaran Beasiswa S2 FULL oleh Pemerintah Thailand, pelamar harus dinominasikan terlebih dahulu oleh pihak Ketua Jurusan / Departemen atau Dosen Pembimbing dari universitas asal dengan mengisi Formulir Nominasi yang dapat diunduh pada link berikut: Nomination Form. Form tersebut kemudian dikirim via email ke: rtg@ait.asia atau melalui fax: +662-524-5024.

Setelah mendapatkan nominasi, pelamar diminta untuk mendaftarkan diri secara online dengan mengisi Formulir Aplikasi AIT pada laman resmi: www.ait.asia/admissions.

Batas akhir pendaftaran beasiswa adalah tanggal 31 Maret 2017, oleh karena itu pengiriman form nominasi sebaiknya dapat dilaksanakan jauh-jauh hari disusul dengan pendaftaran beasiswa sebelum deadline di atas.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa S2 FULL oleh Pemerintah Thailand, dapat ditanyakan melalui email: rtg@ait.asia, Telp. 02-524-5023 (Ms. Wilailak); 02-524-6119 (Ms. Kanchana) atau mengunjungi laman resminya: www.ait.ac.th. Semoga berhasil!