Beasiswa D3 dan S1 dari Wells Mountain Foundation

Bagi anda pelajar lulusan SMA/SMK/sederajat yang ingin kuliah D3 atau S1 namun kesulitan dana, info beasiswa berikut patut Anda pertimbangkan. Wells Mountain Foundation (WMF), sebuah yayasan amal yang berlokasi di Bristol, Vermont, Amerika Serikat, saat ini menawarkan program beasiswa 2017 Empowerment Through Education Scholarship (ETE). Program beasiswa ini dapat anda gunakan untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri (pada universitas manapun) ataupun di luar negeri (pada negara-negara berkembang).

Beasiswa kuliah ini rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Yayasan WMF. Yayasan WMF sendiri bertujuan untuk mendukung program dan individu dari negara berkembang dengan menyediakan dukungan dana bagi pelajar yang sedang mengejar pendidikan.

Beasiswa D3 – S1 untuk Lulusan SMA Sederajat oleh WMF
Kuota yang disediakan sebanyak 10 s/d 40 beasiswa setiap tahunnya. Adapun beasiswa yang diberikan telah meliputi: biaya pendidikan selama masa studi, buku dan material, uang kos, biaya penunjang dan lain-lain. Dan nilai beasiswa yang diberikan bervariasi dari $300 hingga $3000 yang diberikan per tahun. Tentu dengan adanya pembiayaan ini akan cukup meringankan biaya perkuliahan anda.

Keuntungan lainnya penerima beasiswa diberikan kebebasan untuk mengambil kuliah di dalam negeri atau di luar negeri terutama di negara-negara berkembang. Anda juga dapat mengambil jurusan apapun namun sangat direkomendasikan untuk mengambil jurusan yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial, seperti pendidikan, kesehatan masyarakat, komputer/IT, teknik, bisnis, dan pertanian.

Persyaratan:
1. Pelamar berasal dari negara berkembang (termasuk Indonesia) baik laki-laki atau perempuan
2. Telah menyelesaikan SMA/SMK/sederajat dengan nilai yang sangat baik
3. Berencana melanjutkan kuliah di negara asal atau negara berkembang lainnya
4. Berencana untuk menetap dan bekerja di negara asal setelah lulus kuliah
5. Melamar beasiswa secara sukarela dan bersedia menjadi sukarelawan saat mendapatkan beasiswa WMF
6. Memiliki kondisi dimana dana pendidikan untuk kuliah tidak mencukupi jika tidak ditopang dengan beasiswa

Berkas aplikasi yang dibutuhkan:
1. Foto diri
2. Dua buah essay (topik essay bisa dilihat di Form Aplikasi)
3. Formulir Aplikasi yang telah dilengkapi (pastikan anda menggunakan formulir aplikasi pada tahun yang diapply)
4. 2 (Dua) buah Surat Rekomendasi, bisa berasal dari guru, atasan di organisasi non-profit, atasan di tempat kerja, dan sebagainya (selain anggota keluarga). Untuk panduan pengisian surat rekomendasi dapat anda baca pada: Guidelines for Recommendation.
5. Transkrip nilai resmi dari SMA/SMK/sederajat
6. Sistem penilaian yang dipakai oleh masing-masing sekolah untuk menentukan nilai pada transkrip
7. Hasil resmi dari ujian nasional
8. Sistem penilaian yang dipakai oleh masing-masing sekolah untuk menentukan nilai ujian nasional

Note: Seluruh dokumen di atas harus menggunakan bahasa Inggris. Apabila dokumen masih menggunakan bahasa Indonesia, anda dapat menghubungi jasa penerjemah tersumpah. Kemudian seluruh berkas dokumen di atas discan untuk diunggah/upload secara online.

Untuk pendaftaran, anda dapat melakukannya via online pada link berikut: Application Form 2017. Buatlah sebuah akun dengan memasukkan username dan password yang akan digunakan untuk login nantinya. Isikan informasi yang dibutuhkan kemudian upload seluruh dokumen yang dibutuhkan di atas.

Sebagai catatan, para penerima beasiswa ETE akan bertanggung jawab untuk memenuhi ketentuan berikut:
– Mempertahankan nilai yang bagus selama menjalani masa kuliah
– Menjadi duta dan terlibat dalam pelayanan kemasyarakatan
– Melakukan dan mendokumentasikan kegiatan pelayanan masyarakat dengan total 100 jam dalam satu tahun
– Melengkapi laporan akademik per semester dan laporan kegiatan layanan masyarakat untuk WMF Scholars
– Mengirimkan transkrip nilai semester dua kali setahun

Pendaftaran beasiswa ETE dibuka setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, pendaftaran beasiswa akan ditutup pada tanggal 1 April 2017 mendatang.

Proses seleksi akan dilaksanakan pada bulan April s/d Juli. Kemudian pengumuman pemenang ETE Scholarships akan diinformasikan pada tanggal 1 Agustus 2017. Perlu diperhatikan, WMF tidak pernah meminta biaya apapun terkait penyelenggaran beasiswa ETE tersebut.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa kuliah 2017 dari WMF dapat anda tanyakan melalui email: info@wellsmountainfoundation.org. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesan