Beasiswa Konferensi Jurnalistik di Skotlandia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Konferensi Jurnalistik di Skotlandia

Future News Worldwide merupakan konferensi yang diselenggarakan atas kerja sama British Council dan organisasi media terkemuka di dunia. Peserta konferensi tersebut dibiayai secara penuh (fully funded), terbuka bagi penulis, blogger, vlogger, fotografer, jurnalis radio, atau pekerja media.

Program ini bertujuan untuk membantu kaum muda mengembangkan kemampuan jurnalistik serta mendorong UK sebagai pelopor dunia dalam membina jurnalis muda dan figur media. Oleh karena itu, program tersebut membangun koneksi yang kuat bagi generasi pemimpin media di seluruh dunia.

Detail Program

Acara inti dilaksanakan dalam dua hari di Parlemen Skotlandia, Edinburgh tanggal 6 – 7 Juli 2017. Peserta bisa mengembangkan kemampuan praktik dan editorial, serta mendengar langsung dari beberapa pemimpin industri terkemuka di dunia.

Pasca-konferensi, selama satu tahun jaringan alumni akan saling mendukung, menerapkan hasil belajar dan melanjutkan pengembangan profesional mereka. Agenda penuh akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.

Kriteria Penerimaan

Peserta harus memenuhi pra-syarat berikut.

  • Berusia 18 – 25 pada 1 Juli 2017.
  • Terdaftar sebagai mahasiswa S1 atau telah lulus pada tahun terakhir (berlaku untuk seluruh bidang studi).
  • Memiliki dedikasi pada karir dalam berbagai bentuk jurnalisme.
  • Dapat hadir ke acara konferensi.
  • Mampu berbahasa Inggris (skor minimal IELTS 6,5).

Catatan: jika terpilih sebagai peserta konferensi, Anda akan diminta menyediakan sertifikat pendaftaran yang membuktikan status pelajar.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Akan dipilih 100 orang peserta konferensi dan dibiayai secara penuh (fully funded) oleh British Council, yang mencakup:

  • Biaya konferensi
  • Biaya perjalanan ke dan dari Edinburgh (termasuk visa)
  • Konsumsi dan akomodasi

Tidak termasuk biaya perjalanan wisata (opsional) pada hari ketiga (8 Juli 2017).

Proses Pendaftaran

Seluruh pelamar harus melengkapi formulir pendaftaran online. Formulir tersebut berisi informasi kontak, pertanyaan eligibilitas (penerimaan), dan tes kemampuan serta minat jurnalistik. Pertanyaan bisa dijawab dengan tulisan atau format multimedia seperti video dan podcast dengan batasan berlaku.

Mohon pelajari Terms and Conditions and Competition Rules sebelum mendaftar. Batas pendaftaran tanggal 28 Februari 2017.

Informasi selengkapnya lihat di Future News Worldwide, British Council.