Beasiswa Konferensi Young Leaders Programme di Belgia

Ini dia beasiswa konferensi untuk menghadiri Young Leadders Programme pada peringatan European Development Days (EDD) 2017 di Belgia. Ada 16 Pemimpin Muda yang akan diundang dan dibiayai ke Brussel.

Peran penting anak-anak serta kaum muda ialah komitmen kebijakan Eropa dan global, termasuk hak mengekspresikan pandangan mereka secara bebas dan berperan dalam pengambilan keputusan. Keterlibatan anak muda mendorong pembangunan yang lebih inovatif dan inklusif. Pemberdayaan anak muda berperan dalam membangun masyarakat bertanggung jawab, yang membentuk good governance dan masyarakat demokratis.

Detail Program

Sebagai Pemimpin Muda, peserta akan berbicara dalam Auditorium forum diskusi bersama dengan para pimpinan politik. Peserta berkesempatan menyajikan kisah dan gagasan menantangnya kepada audience, serta bertemu dengan aktor global, termasuk pemerintah dan delegasi organisasi internasional.

Setiap Auditorium menyajikan satu topic EDD 2017. Daftar topik lihat di sini. Peserta bisa memilih sampai 3 topik, dan berdasarkan pengalaman dan keahlian, peserta bisa memilih 1 topik saja. Peserta bisa bergabung di sesi lainnya untuk membuat agenda pembangunan 2030.

Rangkaian acara dilaksanakan selama 10 hari. Selama di Peserta akan mengunjungi beberapa institusi Eropa, mengikuti workshop, bertemu pembuat kebijakan kunci, dan berinteraksi dengan anak muda dari seluruh dunia.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

European Comission akan menanggung seluruh biaya (visa, perjalanan, akomodasi) untuk menghadiri Young Leaders Programme di Brussel, Belgia.

Kriteria Penerimaan

Agar bisa dipertimbangkan sebagai kandidat terpilih, pelamar harus memenuhi kriteria berikut.

  • Berusia 21 – 26 tahun saat pelaksanaan forum (7 – 8 Juni 2017).
  • Terbuka bagi anak muda dari seluruh negara.
  • Memiliki kemampuan bicara dalam bahasa Inggris tingkat menengah (intermediate).
  • Mampu melakukan perjalanan dan menghadiri EDD 2017.

Kriteria Seleksi

Aplikasi pelamar diseleksi berdasarkan:

  • Pengetahuan terkait topik yang dipilih dan relevansinya dengan aktivitas pelamar. Pelamar harus menunjukkan aktivitasnya yang berdampak pada masyarakat. Bobot 40%.
  • Peran pelamar sebagai wakil organisasi atau komunitas anak muda lainnya, pengalaman kepemimpinan, atau potensi lainnya. Bobot 30%.
  • Kemampuan berbicara di muka public dan kemampuan bicara dalam panel tingkat tinggi. Bobo 30%.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran beasiswa konferensi ini melalui website Young Leaders Programmes 2017 (klik APPLY NOW). Pelamar harus membuat akun lebih dulu. Untuk mengisi formulir pendaftaran, pelamar harus memilih dulu topic EDD 2017 yang ia minati dan kuasai.

Batas pendaftaran tanggal 9 Maret 2017 pukul 01.00 p.m. CET (Central European Time).

Informasi lebih rinci lihat di Young Leaders Programmes 2017.

Tinggalkan pesan