Beasiswa S1 di American University, USA

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 di American University, USA

Bagi sobat Beasiswa.ID yang baru lulus SMA/sederajat dan sedang mencari beasiswa luar negeri, salah satu tawaran beasiswa dari negeri Paman Sam ini patut kamu coba. Program The AU Emerging Global Leader (AU EGL) Scholarship ditawarkan oleh American University untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan kuliah S1 di universitas tersebut. Berbagai jurusan tersedia di kampus ini. Tentunya kesempatan ini tidak ada salahnya anda coba.

Adapun fakultas yang ditawarkan untuk program S1 (Undergraduate) adalah sebagai berikut:
1. College of Arts & Sciences
2. Kogod School of Business
3. School of Communication
4. School of International Service
5. School of Professional and Extended Studies
6. School of Public Affairs
7. Washington College of Law
Untuk informasi program studi dari masing-masing fakultas bisa dibuka pada link berikut: Schools and College.

Beasiswa yang diberikan telah meliputi biaya penuh uang kuliah (full tuition), tempat tinggal (kamar) dan biaya makan. Namun beasiswa ini tidak meliputi asuransi kesehatan, biaya buku, tiket perjalanan dan biaya lainnya (kira-kira membutuhkan sekitar U.S.$4,000 per tahun). Oleh karena itu, para kandidat terpilih dapat mencari alternatif sumber pendanaan lain atau membiayai secara mandiri untuk menutup biaya lainnya tersebut.

Dalam Program AU EGL ini diharapkan penerima beasiswa dapat kembali ke negara asal dengan memperbaiki kekurangan sumber daya serta dapat melayani masyarakat. Beasiswa dapat diperbaharui setiap tahunnya dengan total empat tahun, tergantung kepada capaian akademik yang memuaskan.

Apabila pelamar tidak berhasil mendapatkan beasiswa AU EGL, pelamar tetap bisa mencoba program Partial Merit Scholarships (beasiswa parsial) yang ditawarkan oleh American University.

Persyaratan:
1. Merupakan pelajar internasional yang bukan merupakan warganegara/penduduk tetap/memiliki kewarganegaraan ganda dengan Amerika Serikat.
2. Saat ini tidak sedang terdaftar sebagai mahasiswa di universitas manapun (baik di dalam negeri maupun di Amerika Serikat).
3. Lebih diutamakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan berikut:
a. Pelajar internasional yang berhasil mengatasi berbagai macam kendala dan tantangan dengan latar belakang sosial ekonomi yang kurang terwakili.
b. Memiliki IPK minimal setara 3.8 (atau berada pada 10 persen lulusan terbaik) pada kelas 9 s/d 12.
c. Menunjukkan komitmen kepemimpinan, sukarela, pengabdian masyarakat dan untuk memajukan kebutuhan orang-orang di negara asalnya
d. Memiliki nilai TOEFL iBT minimal 95 atau IELTS 7.0 atau TOEFL paper-based 600

Tata Cara Pendaftaran:
1. Melengkapi Formulir Aplikasi Online AU EGLS dan Form Questions 1-4. Form baru tersedia pada musim gugur tahun 2017.
2. Melampirkan bank letter dan Formulir AU Certification of Finances (AU CFIS) dengan masing-masing menunjukkan nominal minimal US $4.000. Kedua berkas tersebut dapat discan dalam format PDF, kemudian kirimkan via email ke: admissionsdocuments@american.edu (Contoh Bank Letter dan Format AU CFIS).
3. Melampirkan hasil skor resmi TOEFL/IELTS (apabila tersedia) yang telah discan dan kirimkan melalui email: admissionsdocuments@american.edu.
4. Seluruh aplikasi umum dan dokumen pendukung per checklist dapat dilengkapi dan dikirimkan secara online melalui: Admissions. Batas akhir pengiriman aplikasi sebelum tanggal 15 Desember 2017 atau paling lambat tanggal 15 Januari 2018.
5. Apabila anda mendaftar melalui program yang didukung oleh EducationUSA (www.educationusa.state.gov), seperti USAP, Diana Kamal Scholarship, CCC, atau sejenisnya, sertakan juga surat dari pembimbing pusat EducationUSA yang mengkonfirmasi pencalonan anda tersebut.
6. Apabila anda tidak terpilih sebagai salah satu finalis, maka anda masih dapat dipertimbangkan untuk diterima di American University selama memenuhi syarat untuk beasiswa parsial.

Para semifinalis maupun finalis yang terpilih akan melakukan wawancara via Skype. Informasi lebih detail dapat menghubungi email: intadm@american.edu atau laman resmi American University: www.american.edu. Semoga bermanfaat!