Beasiswa S1 SMART Planters di INSTIPER Yogyakarta

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa S1 SMART Planters di INSTIPER Yogyakarta

Apakah kamu termasuk pelajar yang sedang mencari beasiswa kuliah S1? Tawaran berikut ini patut dipertimbangkan. Selain memberikan pendanaan kuliah S1, beasiswa ini juga menawarkan  kesempatan langsung bekerja di perusahaan kelapa sawit. Skema Beasiswa S1 SMART Planters ditawarkan bagi lulusan SMA/MA jurusan IPA atau lulusan SMK Pertanian/SPP/SPMA yang berminat melanjutkan perkuliahan S1 di INSTIPER Yogyakarta. Tidak hanya itu dengan mengikuti beasiswa ini, peserta juga berkesempatan mendapatkan bantuan biaya hidup. Tentunya tawaran beasiswa ini patut kamu pertimbangkan.

Beasiswa SMART Planters merupakan kerjasama antara PT SMART Tbk dengan INSTIPER. INSTIPER merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang berkompetensi perkebunan dan memiliki nilai akreditasi tertinggi dalam bidang pertanian. Kampus ini diasuh oleh 21 profesor, 36 doktor, dan 124 master, serta bekerjasama dengan 55 perusahaan. Sedangkan PT SMART Tbk merupakan salah satu produsen kelapa sawit di Indonesia yang mengoperasikan 16 pabrik dan memiliki areal perkebunan sekitar 138.700 hektar. SMART juga merupakan anak perusahaan Golden Agri-Resources Ltd (GAR) yang merupakan salah satu perusahaan berbasis kelapa sawit terbesar di dunia.

Adapun beasiswa S1 yang diberikan meliputi:
1. Biaya pendidikan, meliputi: Biaya SPP, Biaya non SPP dan Biaya Pengembangan Fasilitas ke Instiper hingga mendapatkan Gelar Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit di INSTIPER Yogyakarta
2. Biaya hidup untuk 10 orang Indeks Prestasi (IP) tertinggi tiap semester, meliputi: uang saku, bantuan uang makan, dan bantuan uang akomodasi
3. Magang atau praktikum di lokasi perkebunan Sinar Mas
4. Lulusan program SMART Planters memiliki peluang tinggi untuk bekerja di PT Smart Tbk

Persyaratan:
1. Lulusan SMA/MAN IPA atau SMK PERTANIAN/SPP/SPMA.
2. Sehat jasmani dan rohani. Tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan proporsional.
3. Tidak buta warna (total atau parsial).
4. Lulus proses seleksi yang diadakan PT SMART Tbk dan INSTIPER.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Mengisi Formulir Pendaftaran (Download)
2. Mengisi Surat Rekomendasi dari Sekolah
3. Mengisi Surat Rekomendasi dari Unit/Perwakilan Sinarmas, bagi yang berasal dari unit
4. Mengisi Surat Keterangan Pemeriksaan Kesehatan
5. Mengisi Surat Permohonan untuk diterima dalam Program SMART Planters
6. Mengisi Surat Pernyataan Kesediaan untuk mengikuti Program Beasiswa SMART Planters
7. Melampirkan pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 (2 lembar)
8. Fotocopy identitas diri yang sah (KTP/SIM)
9. Fotocopy Rapor SMA, halaman 1 dan nilai semester 1 hingga 6 yang sudah dilegalisasi
10. Fotocopy ijazah SMA yang sudah dilegalisasi (jika sudah ada)
11. Fotocopy hasil Ujian Nasional SMA yang sudah dilegalisasi (jika sudah ada)
12. Fotocopy Surat Keterangan Berkelakuan Baik dan Bebas Narkoba dari Kepolisian setempat

Catatan: Contoh Format Surat poin 2 s/d 6 terlampir pada Formulir Pendaftaran Beasiswa.

Pendaftaran:
Untuk pendaftaran, lengkapi formulir beasiswa beserta berkas yang dibutuhkan kemudian kirimkan via email: beasiswa@sinarmas-agri.com sebelum tanggal 21 April 2017. Formulir yang asli beserta kelengkapannya diserahkan langsung saat melakukan wawancara pada 8 s/d 9 atau 12 s/d 13 Mei 2017 (sesuai jadwal di lokasi wawancara) pada jam 08.00 s/d 12.00 waktu setempat. Adapun daftar lokasi seleksi pada masing-masing daerah adalah sebagai berikut (klik gambar untuk memperbesar):

Daftar Lokasi Seleksi Beasiswa PT SMART Tbk
Seleksi didasarkan pada hasil wawancara, psikotest, tes tulis (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi Tumbuhan), dan hasil tes kesehatan. Pengumuman hasil akhir akan dilaksanakan pada 10 Juli 2017. Registrasi ulang dilaksanakan pada 11 s/d 21 Juli 2017.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa S1 Perkebunan Smart Planters dapat menghubungi email: beasiswa@sinarmas-agri.com; telp: (021) 50333888 ext. 8651, 8656, 8659 atau mengunjungi laman resminya pada: www.smart-tbk.com. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.