Beasiswa UNESCO di Cina dari The Great Wall Fellowship

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa UNESCO di Cina dari The Great Wall Fellowship

Beasiswa UNESCO ini merupakan program UNESCO/People’s Republic of China (The Great Wall) Co-Sponsored Fellowship Programme 2017/2018. Akan ada 75 beasiswa (fellowship) yang diberikan untuk studi tingkat lanjut pada jenjang sarjana dan pascasarjana.

Beasiswa tersebut ditawarkan pada mahasiswa senior tingkat lanjut yang ingin menempuh pendidikan tinggi atau mengambil proyek riset individual, dengan bimbingan periodik dari supervisor yang ditugaskan, selama satu tahun. Durasi studi dari September 2017 sampai Juli 2018.

Secara umum, fellows bisa mengambil program dengan pengantar bahasa Inggris namun beberapa diharuskan belajar bahasa Cina sebelum menempuh penelitian atau studi mereka. Kunjungi http://www.csc.edu.cn/laihua/universityen.aspx  untuk melihat universitas dan bidang studi yang tersedia.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Program The Great Wall ialah beasiswa penuh mencakup biaya pendidikan (tuition), akomodasi, uang rutin (stipend), dan asuransi kesehatan komprehensif. Beasiswa UNESCO menanggung biaya perjalanan internasional, uang saku bulanan, dan tunjangan terminasi.

Kriteria Penerimaan

Berikut pra-syarat dari program The Great Wall dan UNESCO.

  • Warga Negara mitra (termasuk Indonesia) dan bukan Warga Negara RRC.
  • Memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat.
  • Telah memegang gelar sarjana atau master (sesuai jenjang yang dilamar) atau yang sederajat.
  • Pelamar general scholars harus berusia di bawah 45 tahun dan telah menempuh setidaknya dua tahun studi sarjana.
  • Pelamar senior scholars berusia kurang dari 50 tahun dan telah memegang gelar master atau merupakan profesor asosiasi (atau yang lebh tinggi).
  • Memiliki kecakapan bahasa Inggris.

Berkas Persyaratan Beasiswa UNESCO – The Great Wall

Berkas persyaratan yang diperlukan sebagai berikut.

  1. Formulir Chinese Government Scholarship (dalam bahasa Cina atau Inggris), dengan 3 buah foto.
  2. Ijazah tertinggi yang dinotariskan. Bagi yang belum menerima ijazah cek ketentuannya di Dokumen disertai terjemahannya dalam bahasa Cina atau Inggris yang telah dinotariskan.
  3. Transkrip akademik disertai terjemahannya dalam bahasa Cina atau Inggris yang dinotariskan.
  4. Dua buah Surat Rekomendasi dalam bahasa Cina atau Inggris. Pelamar program senior fellowship mengirimkan Surat Rekomendasi dari profesor atau profesor asosiasi.
  5. CD karya pelamar (bagi jurusan seni).
  6. Study Plan atau proposal penelitian dalam bahasa Cina atau Inggris, minimal 500 kata.
  7. Fotokopi Foreigner Physical Examination Form (masa berlaku 6 bulan), dalam bahasa Inggris. Format unduh di http://www.csc.edu.cn/laihua atau  http://www.campuschina.org.
  8. Kopian Surat Pra-Penerimaan (Pre-admission Letter) dari universitas mitra di Cina, jika ada.
  9. Kopian Sertifikat HSK yang sah, jika ada.
Seluruh dokumen harus dirangkap bersama-sama pada sudut kiri atas, urut dari poin 1 sampai 9. Pelamar harus mengirim dua set (rangkap) dokumen.

Proses Pendaftaran

Pelamar beasiswa UNESCO – The Great Wall ini harus memenuhi langkah-langkah berikut.

  1. Melamar lewat Komisi Nasional UNESCO di negara asal masing-masing. Pelamar diharapkan mengecek deadline dari kantor UNESCO di negara asalnya.
  2. Melamar universitas yang Anda pilih untuk memperoleh Pre-admission Letter setelah direkomendasikan oleh UNESCO sebagai kandidat yang memenuhi syarat (Anda akan memperoleh Award Letter sebagai kandidat penerima Chinese Government Scholarship).
  3. Melengkapi prosedur pendaftaran online di Sistem Informasi Chinese Government Scholarship (http://www.csc.edu.cn/laihua atau  http://www.campuschina.org, klik “Application Online”, kemudian kirimkan Formulir Pendaftaran, lalu cetak.
  4. Kirimkan seluruh dokumen pendaftaran beasiswa ini ke Komisi Nasional UNESCO di negara asal, sebelum deadline.

Hard copy seluruh berkas, dilampiri dengan Surat Nominasi dari Komisi Nasional UNESCO di negara asal pelamar, duplikatnya harus dikirim ke:

Mr. Stoyan Bantchev

Chief of the Participation Programme and Fellowship Section

7 Place de Fontenoy

75352 Paris 07 SP, France

Dokumen harus sampai ke alamat tersebut dan ke UNESCO paling lambat tanggal 20 April 2017. Kopian berkas juga harus di-email ke s.bantchev@unesco.org, l.ndobo@unesco.org, dan b.qin@unesco.org.

Pelajari juga informasi selengkapnya di Chinese Government Scholarship – Great Wall Program dan UNESCO – The Great Wall Fellowship.