Beasiswa Bootcamp untuk Wirausaha Muda dari SociopreneurID

Hai Sobat Beasiswa.ID! Setelah program Bootcamp Arkademy, kali ini SociopreneurID juga akan mengadakan Beasiswa Bootcamp untuk kamu pelajar maupun mahasiswa yang tertarik dengan bidang entrepreneurship. BYTe (Bootcamp for Young Technopreneur), merupakan salah satu rangkaian program “Empathy Project” yang diselenggarakan oleh Sociopreneur Indonesia (SociopreneurID). Program ini diadakan untuk mempersiapkan entrepreneur muda dalam membantu pengembangan UMKM melalui transfer pengetahuan inovasi. Peserta berkesempatan mendapatkan beasiswa pelatihan intensif selama 4 hari 3 malam bertempat di Kota Tangerang Selatan (fully funded) untuk memecahkan masalah pada UMKM dengan mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekeliling serta mengoptimalkannya melalui inovasi.

TEMPAT: Kota Tangerang Selatan
WAKTU PELAKSANAAN BOOTCAMP: 14 s/d 17 Juli 2019

MANFAAT MENGIKUTI BYTE:

1. Program Beasiswa (Scholarship Program)
Peserta BYTe 2019 akan berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa pelatihan secara intensif selama 4 hari 3 malam dan menjadi bagian dalam rangkaian kegiatan Empathy Project. Pelatihan yang didapat bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta seperti:

  1. Mengasah kemampuan empati
  2. Mengasah kemampuan berpikir secara kreatif
  3. Meningkatkan kemampuan berpikir analitis (analytical thinking)
  4. Meningkatkan kemampuan mengidentifikasi masalah (problem identification) dan memecahkan masalah (problem solving)
  5. Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan
  6. Mengasah kemampuan kolaborasi
  7. Meningkatkan kemampuan dalam mengkomunikasikan ide

Seluruh biaya, akomodasi seperti penginapan dan konsumsi selama mengikuti BYTe akan ditanggung oleh pihak penyelenggara.

2. Konten Pembelajaran
Model pembelajaran pada BYTe menggunakan metode design ethnography dan design thinking. Peserta akan dipandu untuk menggunakan kedua metode tersebut selama mengikuti bootcamp.

3. Mentoring
Selama mengikuti BYTe, peserta akan mendapatkan pelatihan intensif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas dan inovasi dari SociopreneurID. Selain itu peserta juga akan mendapatkan bimbingan secara eksklusif dari SociopreneurID terkait dengan inisiasi atau inovasi yang ingin dilanjutkan setelah berakhirnya bootcamp

4. Networking
Jika peserta terpilih mendapatkan beasiswa BYTe, peserta akan berkesempatan bertemu langsung dengan 30 finalis lainnya dan para alumni BYTe yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk saling berkolaborasi.

5. Alumni BYTe
Peserta akan bergabung ke dalam jejaring alumni BYTe dan bekesempatan untuk mendapatkan akses eksklusif dalam mengikuti berbagai kegiatan/program yang dilaksanakan oleh SociopreneurID.

BYTe menerapkan pendekatan intensive experiential learning dengan model pembelajaran yang menggunakan metode design thinking dan design ethnography. Selain itu, Program BYTe menumbuhkembangkan PhISeS Skills (Physical Skill, Intellectual Skill, Social Emotional Skill, dan Spiritual Skill) pada individu agar mampu memecahkan masalah, membuat keputusan, mengidentifikasi peluang, menghasilkan dan mengembangkan ide-ide inovatif serta menumbuhkembangkan empati individu, empati kelompok dan empati sosial. Aktivitas BYTe juga melatih individu untuk memiliki entrepreneurial mindset (melihat cara dunia bekerja), mengembangkan skillset (cara menyikapi tantangan) dan toolset (menerapkan pendekatan khusus). Tentunya program pelatihan ini patut kamu coba!

PERSYARATAN & KETENTUAN:

  1. Mempunyai komitmen untuk mengikuti semua sesi bootcamp selama 4 hari 3 malam.
  2. Mempunyai ketertarikan terhadap entrepreneurship dan membantu menyelesaikan persoalan UMKM secara nyata di lapangan.
  3. Berkeinginan untuk mengeksplorasi pengalaman baru.
  4. Individu atau perorangan berusia 18 s/d 25 tahun yang merupakan Warga Negara Indonesia.
  5. Belum pernah mendapatkan beasiswa BYTe sebelumnya.
  6. Bersedia membayar application fee sebesar Rp 100.000,-.
  7. Bersedia menanggung biaya transportasi dari tempat asal peserta menuju Kota Tangerang Selatan (NOTE: Panitia penyelenggara juga menyediakan scholarship dengan jumlah yang terbatas bagi peserta yang membutuhkan dukungan finansial untuk transportasi menuju kota Tangerang Selatan).
  8. Dengan keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan.

ALUR PENDAFTARAN:

  • Langkah 1: Klik link pendaftaran berikut: empathyproject.id
  • Langkah 2: Isi formulir pendaftaran (pertanyaan utama meliputi pengalaman dan ide inovasi)
  • Langkah 3: Lakukan pembayaran application fee sebesar Rp 100.000 ke Bank Central Asia (BCA) No. Rekening 883034 1332 a/n Heru Wijayant
  • Langkah 4: Kirim bukti pembayaran ke WA 081246333453 (Amelia)
  • Langkah 5: Menunggu pengumuman finalis

TIMELINE PENDAFTARAN:

  1. 15 Mei s/d 15 Juni 2019: Pendaftaran
  2. 28 Juni 2019: Pengumuman Finalis
  3. 14 s/d 17 Juli 2019: Bootcamp Time

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut silahkan menghubungi kontak berikut :

Telp: +62 812-4633-2453
Email: info@sociopreneur.id
Website Resmi: sociopreneur.id
Instagram: @sociopreneurid
Twitter: @idsociopreneur
Facebook: @idsociopreneur

Selamat mencoba dan semoga berhasil!