Beasiswa Pelatihan Indonesian Youth Marine Debris Summit

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa Pelatihan Indonesian Youth Marine Debris Summit

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu pemuda-pemudi Indonesia, ada program pelatihan menarik yang bisa kamu ikuti. Skema Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) merupakan program pelatihan dan pengembangan yang mempertemukan para pemuda/i dari seluruh penjuru nusantara yang mempunyai ide dan gagasan kreatif, untuk bekerja pada isu sampah laut. Program pelatihan IYMDS akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan Agustus, tepatnya akhir Agustus. IYMDS akan mengajak para pemuda pemudi dari seluruh provinsi di Indonesia untuk berpartisipasi didalamnya. Agenda acara IYMDS sendiri akan diisi dengan workshop dan mentoring, field trip, dan pembuatan action plan yang akan didanai untuk direalisasikan di domisili asal peserta.

Indonesian Youth Marine Debris Summit merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Divers Clean Action Program IYMDS 2019 akan menghadirkan 80 pemuda dengan pemahaman lingkungan yang mendalam dari Indonesia. Peserta akan dilatih untuk dapat mengidentifikasi masalah secara efektif dan efisien, serta dapat menghadirkan solusi tepat guna dan berkelanjutan dalam upaya memerangi permasalahan sampah laut.

KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN:

  1. Workshop and Mentoring
    Workshop akan diadakan selama 4 hari di kawasan DKI Jakarta disertai dengan diskusi dan mentoring dari alumni IYMDS 2017 maupun ahli dengan berbagai latar belakang bidang.
  2. Field Trip
    Field trip akan dilaksanakan di sekitar pesisir Kepulauan Seribu, Jakarta untuk membantu menggambarkan pelajaran yang sudah didapatkan dan mendemonstrasikan bagaimana sampah laut dapat mempengaruhi kehidupan kita. Peserta yang tidak memiliki kemampuan berenang, tetap bisa mengikuti aktivitas field trip dan akan berpartisipasi di pinggir pantai.
  3. Action Plan Presentation
    Pada hari terakhir workshop akan diadakan presentasi action plan dari peserta yang berasal dari 34 provinsi berbeda yang akan membahas bagaimana mereka merespon isu sampah laut yang telah dipelajari.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah Diploma dari ALPENSI

Kelompok dengan action plan terbaik mempunyai kesempatan untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam Our Ocean Conference sebuah konferensi bergengsi tingkat internasional yang berfokus pada marine protected areas, climate change, sustainable fisheries, marine pollution, sustainable blue economy, dan maritime security yang akan diselenggarakan di Norwegia, Oktober 2019.

IYMDS memberikan kesempatan kepada pendaftar untuk mengikuti program secara fully-funded, dimana semua akomodasi dan transportasi pendaftar terpilih akan dibiayai secara penuh, (dari kediaman sampai ke Jakarta, sepanjang kegiatan IYMDS 2019, dan kepulangan peserta hingga kediaman kembali). Bagaimanapun IYMDS juga menawarkan aplikasi secara partially-funded, dimana seluruh kebutuhan pendaftar terpilih selama kegiatan di venue akan ditanggung oleh pihak sponsor, sedangkan akomodasi dan transportasi peserta selama kepergian dari daerah asal dan kepulangan menuju daerah asal ditanggung oleh pendaftar terpilih.

PERSYARATAN:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Merupakan pemuda/i Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun per tanggal 1 September 2019.
  3. Bertempat tinggal di Indonesia.
  4. Siap melaksanakan aksi nyata dan membuat perubahan bagi masyarakat.

CARA MENDAFTAR:

  1. Follow linimasa Instagram IYMDS di @iymds2019.
  2. Mendaftaftarkan diri secara online pada website berikut: https://www.diverscleanaction.org/iymds. Klik tulisan DAFTAR SEKARANG
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dengan mengunggah surat rekomendasi.
  4. Submit form. Form yang telah terkirim akan mendapatkan konfirmasi pengiriman melalui email.
  5. Pengisian formulir pendaftaran paling lambat sampai dengan 30 JUNI 2019.

Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran IYMDS 2019 tidak dikenakan biaya apapun. Pengumuman para peserta terpilih akan dilaksanakan pada 19 Juli 2019 melalui email masing-masing.

Baca Juga : Beasiswa PMDSU dari Kemenristekdikti

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Pelatihan Pemuda IYMDS, dapat menghubungi kontak berikut:
Divers Clean Action by Yayasan Penyelam Lestari Indonesia
Kios Taman Pondok Labu, Lt. 2 1B No. 18
Jl. RS Fatmawati No. 72, Pondok Labu
Jakarta Selatan – 12450
Kontak: Mikhael (WA 082214431766)
E-mail: contact.iymds@diverscleanaction.org
Sumber Website Resmi: https://www.diverscleanaction.org/iymds

Selamat mencoba dan Semoga berhasil!