Beasiswa D3, S1 dan S2 di Brunei Darussalam

Home / Info Beasiswa / Beasiswa D3 / Beasiswa D3, S1 dan S2 di Brunei Darussalam

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa di negara asia, mungkin beasiswa ini bisa menjadi pilihan kamu. Pemerintah Brunei Darussalam kembali menyediakan beasiswa kuliah terbaru bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia untuk tahun akademik 2021 – 2022. Beasiswa Brunei yang sedang dibuka tersebut meliputi beasiswa D3, S1, dan S2. Semua beasiswa ini diberikan penuh dan dapat dipergunakan untuk studi di beberapa universitas terbaik di Brunei. 

Programnya dinamai Government of Brunei Darussalam Scholarships for Foreign Students. Beasiswa ini disediakan melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, Brunei Darussalam. Ada empat universitas terbaik di Brunei yang menjadi tujuan studi, yakni Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB).

Beasiswa D3 disediakan untuk Diploma Ilmu Kesehatan, yakni keperawatan yang berlangsung di Politeknik Brunei (PB), beasiswa S1 dan S2 masing-masing berlangsung empat dan dua tahun yang bisa diambil di UBD, UNNISA, dan UTB. Sementara, beasiswa S3 untuk tahun tidak tersedia. Meski demikian evaluasi beasiswa dilakukan setiap semesternya dan kandidat harus mencapai batas minimum kredit yang ditetapkan untuk mempertahankan beasiswa. 

Baca Juga : Beasiswa S1 dan S2 di University of Adelaide, Australia

Ada sejumlah fasilitas yang disediakan bila berhasil memperoleh beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam 2021 – 2022 ini. Kandidat terpilih akan dibebaskan dari semua biaya kuliah selama studi, tiket pesawat PP ke Brunei Darussalam, tunjangan bulanan sebesar BND$ 500, tunjangan buku per tahun sebesar BND$ 600, tunjangan makan setiap bulan BND$ 150, setelah menyelesaikan kuliah juga akan diberikan tunjangan bagasi maksimum BND$ 250 untuk negara di wilayah ASEAN dan  BND$ 500 bagi yang menetap di luar ASEAN. Kemudian diberikan juga jaminan asuransi selama durasi beasiswa. Serta akomodasi tempat tinggal di universitas atau politeknik yang dituju.

Banyak sekali pilihan program yang disediakan. Secara umum misalnya seni, sains, bisnis, teknik, ekonomi, bahasa Inggris, bahasa Arab, sejarah, geografi, ilmu lingkungan, manajemen, sosiologi, ilmu komputer, matematika, biologi, kimia, keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, pendidikan, sosiologi, ilmu-ilmu keislaman, dan banyak lagi.
▪ Lihat daftar lengkap program studi yang ditawarkan universitas di link formulir aplikasi di bawah.

Persyaratan: 

1. Pendaftaran terbuka bagi semua warganegara, tidak terbatas hanya ASEAN, negara-negara anggota OIC maupun Commonwealth.
2. Pelamar harus berusia antara 18 – 25 tahun untuk program diploma dan sarjana, serta tidak lebih dari 35 tahun untuk program pascasarjana pada 31 Juli 2021
3. Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam 
* Persyaratan lebih teknis terutama menyangkut dengan program studi yang akan diambil bisa dilihat pada program offered yang ditawarkan masing-masing universitas (link di formulir aplikasi).

Dokumen aplikasi: 

1. Formulir aplikasi (Unduh
2. Pasfoto terbaru ukuran paspor
3. Salinan ijazah dan transkrip akademik dilegalisir 4. Statement of Purpose (tertera di formulir)
5. Salinan akte kelahiran dan paspor dilegalisir
6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang tidak berbahasa Inggris

*Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak kampus dan dicap

Pendaftaran:

 Lengkapi formulir aplikasi bersama dokumen aplikasi lainnya. Perlu dipahami pelamar harus dinominasikan secara resmi oleh pemerintah (Kementerian Luar Negeri). Penjelasan tertera di formulir. Dokumen yang diterima dalam format Word/PDF/Jpeg. Beberapa dokumen mungkin perlu di-scan, seperti ijazah dan transkrip, dll. Lalu buat dalam format PDF. Maksimum ukuran file 10 MB. Kemudian dokumen di-compress dalam folder (.zip)

Baca Juga : Beasiswa S1 Pertukaran Mahasiswa dari AMINEF

Selanjutnya kirim semua aplikasi tersebut ke email: applyBDGS2021@mfa.gov.bn

Bagi pelamar yang ingin studi di kampus UBD, selain mengirimkan aplikasi di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

Permohonan dan pengajuan aplikasi beasiswa diterima paling lambat 15 Februari 2021. Pemberitahuan pemenang biasanya disampaikan melalui email. Pelamar bisa saja diminta mengikuti wawancara oleh perguruan tinggi yang menawarkan program atau mengikuti ujian tertulis untuk menilai kemampuan bahasa Inggris/Melayu/Arab (jika ada).

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi kontak berikut :

Technical Assistance Unit
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam
 [t] +673 2261177 ext. 310 / 684
[f] + 673 2261250
[e] scholarship@mfa.gov.bn[w] http://www.mfa.gov.bn

Selamat mencoba dan semoga berhasil!