Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri 2017-2018

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri 2017-2018

Beasiswa S2 dalam negeri kini semakin banyak pilihan. Satu per satu muncul program beasiswa baru dan semoga saja terus bertambah, sehingga peluang untuk memperoleh beasiswa tersebut semakin besar. Jika Anda sudah atau sedang menyelesaikan pendidikan S1 atau DIV dan berencana melanjutkan S2 di dalam negeri saja, beberapa beasiswa S2 ini mungkin patut untuk dipertimbangkan. Apalagi memang targetnya mengejar beasiswa S2 dalam negeri 2017 – 2018. Rasanya kalau bisa dapat biaya pendidikan gratis, pengeluaran yang bisa dihemat tentu tidak sedikit.

Dalam beberapa tahun terakhir, kami mencermati beberapa beasiswa S2 dalam negeri yang cukup rutin ditawarkan dan berpeluang besar kembali dibuka untuk periode yang baru atau di tahun akademik 2017 – 2018. Apa saja beasiswa itu? Berikut ulasannya:

beasiswaid-banner

Beasiswa LPDP
Sejak dimulai tahun 2013, beasiswa pemerintah satu ini kian memiliki magnet. Apalagi kalau bukan beasiswa LPDP. Jenis beasiswa yang ditawarkan juga beragam, seperti beasiswa LPDP reguler, beasiswa LPDP afirmasi, dan beasiswa dokter spesialis. Pilihan beasiswa LPDP tersebut semuanya menawarkan beasiswa S2 di dalam negeri, khususnya di tahun akademik 2017 – 2018. Yang menarik, semua biaya kuliah ditanggung.

Beasiswa Unggulan
Seperti halnya beasiswa LPDP, beasiswa unggulan juga memiliki sejumlah pilihan. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini menawarkan setidaknya dua jenis beasiswa S2 yang bisa dilamar untuk studi di dalam negeri, yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud. Beasiswa unggulan juga menawarkan beasiswa penuh untuk kuliah S2.

Beasiswa PMDSU
Beasiswa ini lebih tepatnya ditujukan bagi lulusan S1 fresh graduate yang ingin menjadi dosen. Namanya beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) dan ditawarkan khusus Kementerian Ristek Dikti melalui Ditjen Dikti. Nantinya para lulusan S1 akan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) dengan durasi empat tahun. Beasiswa ini juga menyediakan tanggungan penuh biaya kuliah.

Beasiswa Bidik Misi
Bagi Anda yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sebelumnya telah meraih beasiswa Bidik Misi S1, sekarang kesempatan beasiswa tersebut juga dibuka hingga S2. Kemenristek Dikti bersama LPDP menyediakan beasiswa Bidik Misi S2 untuk sejumlah studi di dalam maupun luar negeri. Bedanya pendaftaran online dilakukan di laman LPDP. Beasiswa ini juga menanggung biaya kuliah penuh.

Beasiswa SEARCA
Beasiswa SEARCA sebetulnya bukan beasiswa baru. Tiap tahun ditawarkan, termasuk bagi pelamar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di dalam negeri. Bedanya beasiswa SEARCA melibatkan beberapa universitas di Asia Tenggara. Di Indonesia, universitas yang cukup rutin menyediakan beasiswa SEARCA adalah Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Sasaran pelamarnya adalah PNS, peneliti, ataupun dosen. Program yang ditawarkan adalah pertanian dan bidang terkait seperti biologi, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dan ilmu-ilmu sosial.

Beasiswa BUDI
Jika kita sebelumnya mengenal beasiswa BPP-DN khusus dalam negeri atau BPP-LN untuk luar negeri. Nama itu sudah tidak ada. Kini berganti Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI). Seperti namanya beasiswa ini khusus ditujukan bagi dosen baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 atau S3. Khusus di S2 di dalam negeri, Anda bisa melamar beasiswa BUDI-DN. Beasiswa menanggung biaya studi penuh yang ditanggung Kemenristekdikti bekerjasama LPDP.

Beasiswa STAR BPKP
Jika Anda seorang PNS khususnya yang bergelut di bidang pengelolaan keuangan dan berniat melanjutkan S2 di dalam negeri, program beasiswa yang ditawarkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mungkin bisa dicoba. Beasiswa STAR BPKP dapat dilamar untuk S2 di sejumah perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

Beasiswa Tanoto Foundation
Jika Anda saat ini tengah berstatus mahasiswa S2 atau sudah diterima S2, beasiswa Tanoto Foundation menyediakan beasiswanya. Memang tidak semua perguruan tinggi, khusus beberapa PTN yang sudah menjadi mitra Tanoto Foundation yang bisa melamar program beasiswa ini. Beasiswa ini mencakup bantuan biaya kuliah dan tunjangan bulanan dan diberikan hingga selesai kuliah.

Beasiswa AUN/SEED-Net
Ada persamaan dengan beasiswa SEARCA, beasiswa AUN/SEED-Net juga melibatkan sejumlah universitas yang tergabung dalam program beasiswa ini. Pelamar bisa mengambil studi S2 di sejumlah perguruan tinggi yang ada di program beasiswa. Misalnya kalau untuk di dalam negeri UGM, ITB, atau ITS. S2 yang diambil di dalam negeri menyediakan beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah dan biaya hidup.

Beasiswa Guru
Jika Anda berprofesi sebagai guru, ini adalah beasiswa yang cocok untuk Anda lamar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun menyediakan beasiswa S2 yang ditujukan bagi para guru di tanah air, mulai dari guru SD, guru SMP, hingga guru SMA/SMK. Beasiswa ini menyediakan bantuan biaya pendidikan selama menempuh pendidikan S2 di sejumlah perguruan tinggi penyelenggara di dalam negeri.

Beasiswa Unhan
Program beasiswa ini ditujukan bagi TNI, Polri, dan PNS yang ingin mengambil gelar magister sains bidang pertahanan. Beasiswa S2 ini berlangsung di Universitas Pertahanan Indonesia dan biasanya dibuka dua gelombang dalam setahun. Pelamar terpilih akan dibebaskan dari biaya pendidikan, dan disediakan beragam kebutuhan studi, termasuk uang saku dan asrama.

Beasiswa SPs UGM
UGM salah satu universitas di Tanah Air yang cukup rutin menawarkan beasiswa S2 dalam negeri. Ada sejumlah program studi yang disediakan beasiswa S2 untuk menanggung biaya SPP di UGM selama empat semester atau dua tahun. Nilainya sekitar Rp 30 juta bagi setiap penerima beasiswa ini. Biasanya pendaftaran beasiswa dibuka setiap pertengahan tahun.

Beasiswa Filkom UB
Bagi Anda yang meminati ilmu komputer, program beasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya ini bisa jadi pilihan. Beasiswa ini merupakan S2 riset di bidang komputer atau informatika. Nantinya, peserta terpilih akan memperoleh beasiswa berupa tanggungan SPP selama empat semester. Besaran beasiswa diberikan dalam beberapa kategori.

Beasiswa Kaltim Cemerlang
Bagi warga Kalimantan Timur tentunya sudah tak asing dengan program beasiswa ini. Ya, beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC). Program beasiswa ini disediakan setiap tahun dan dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan S2 di dalam negeri. Bagi Anda warga Kaltim, peluang beasiswa ini sayang untuk dilewatkan. Selain Kaltim, beberapa daerah lain juga memiliki beasiswa sendiri.

Itulah sebagian beasiswa S2 dalam negeri yang bisa Anda coba untuk tahun 2017 – 2018. Beberapa beasiswa lain mungkin belum tercantum dalam daftar ini. Namun, sudah bisa menjadi rujukan bila Anda berniat mengambil S2 di dalam negeri saja, sekaligus tersedia beasiswanya. Selamat mencoba!

Komentar